Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

11 Aplikasi Pendukung Bisnis Online Terbaik Yang Wajib Pebisnis Tahu

Aplikasi pendukung bisnis online - Saat ini bisnis online mulai ramai digandrungi oleh para pelaku bisnis masa kini. Dampak dari dunia yang sudah semakin modern dan teknologi semakin canggih. Maka kita pun selaku pelaku bisnis harus bisa mengikuti trand perkembang zaman yang semakin hari semakin maju. Kabar baiknya, perkembangan teknologi saat ini banyak membantu dan menghadirkan berbagai kemudahann bagi para pebisnis. Seperti terciptanya aplikasi pendukung bisnis online yang sangat membantu bagi para pelaku bisnis online. 

Buat Anda yang mempunyai keinginan memulai bisnis online akan sangat terbantu dengan hadirnya beberapa fitur aplikasi online ini. Oleh karenanya Anda perlu tahu aplikasi pendukung bisnis online apa saja yang cocok buat Anda yang baru atau sudah memulai bisnis online. Yuk simak lebih lanjut aplikasi pendukung bisnis online seperti apa yang wajib Anda ketahui untuk mempermudah urusan bisnis online Anda. 

Bagi Anda yang masih pemula dalam dunia bisnis online bisa simak Cara memulai bisnis online bagi pemula. Agar usaha bisnis Anda nantinya lebih terukur dengan baik.

11 Aplikasi Pendukung Bisnis Online Terpercaya

Aplikasi pendukung bisnis online
Lejitkan usaha Anda dengan Aplikasi
pendukung bisnis online terbaik berikut ini.
Berikut adalah beberapa rekomendasi aplikasi pendukung bisnis online terpercaya yang wajib Anda ketahui untuk menopang usaha bisnis online Anda:

1. Whatsapp For Business

Aplikasi pendukung bisnis online yang pertama yang perlu Anda ketahui adalah aplikasi whatsapp for business. Selain memiliki fitur aplikasi chatting yang  mumpuni, aplikasi whatsapp Bisnis bisa membantu usaha Anda dengan fitur katalognya. Dengan fitur katalog Anda bisa memajang produk atau jasa layanan Anda di sana. Selain dari fitur katalog juga tersedia fitur bisnis lainnya yang sangat membantu bisnis Anda.

Yang terpeting adalah dengan menggunakan Whatsapp Bisnis, Anda lebih mudah berkomunikasi dengan patner bisnis tanpa dibatasi oleh jarak dan waktu. Penggunaan Whatsapp Bisnis juga sangat mudah dan simpel sekalipun untuk pemula. Dengan fitur yang sangat baik ini, penggunanya tetap tidak dipungut biaya alias gratis.

2. Google My Business

Google My Business merupakan Aplikasi pendukung bisnis online gratis bagi setiap penggunanya. Aplikasi berbasis online ini perlu Anda miliki dan manfaatkan untuk mendukung bisnis Anda. Dengan aplikasi dari produk google ini Anda bisa menampilkan berbagai informasi terkait bisnis yang Anda kelola, agar bisa semakin diketahui oleh banyak orang di mesin pencarian google.

Informasi yang bisa ditampilankan di google my business ini antara lain adalah jam operasional, katalog produk usaha Anda, termasuk alamat detail dari usaha Anda. Dengan mengaktifkann google my business untuk bisnis Anda, pengunjung atau pelanggan bisa memberikan review atau testimoni terkait produk dan layanan jasa usaha Anda. Sehingga dengan review yang diberikan oleh pelanggan Anda bisa dijadikan sebagai penilaian dan bahan evaluasi untuk kemajuan bisnis Anda selanjutnya.

3. Aplikasi Mobile Banking

Mobile Banking satu diantara aplikasi yang wajib pebisnis miliki. Fungsi terpenting dari aplikasi mobile banking ini Anda tidak lagi direpotkan dengan rutin bolak-balik ke Bank atau mesin ATM hanya untuk mentransfer uang atau mengecek transferan yang masuk ke rekening Anda. Dengan adanya aplikasi mobile banking yang terinstal di smartphone, Anda tinggal duduk manis di rumah bisa melakukan berbagai transaksi seperti mengecek saldo, transfer, atau mengecek transferan dari pelanggan. 

Selain dari pada itu, aplikasi mobile Banking yang bisa juga dimanfaatkan adalah fitur rekapan keluar masuknya dana. Pengeluaran dan pemasukan bisa di cek dalam kurun waktu harian, mingguan, dan bulanan. Semua sudah tercatat dengan rapi. Dengan fitur mutasi tersebut Anda tidak lagi bingung ketika ingin merekap aliran dana yang ada di rekining Anda. 

Untuk mengaktifkan aplikasi mobile banking ini silahkan kunjungi bank dimana Anda membuka rekening atau bisa juga dengan mengunjungi Bank terdekat milik Anda. Minta ke petugas customer servise untuk mengaktifkan mobile banking. Biasannya syarat-syarat yang dibutuhkan untuk mengaktifkan mobile banking adalah buku tabungan, kartu ATM,  KTP, nomer hp yang aktif, dan email. 

4. Aplikasi Flip

Semakin maju dan berkembang usaha yang Anda miliki tidak menutup kemungkinan untuk semakin banyak pula jumlah transaksi transfer antar Bank. Seperti yang kita ketahui bahwa setiap kali transfer antar Bank yang berbeda akan dikenakan biaya sebesar Rp.6.500 per sekali transfer. Memang kecil sih, tapi jika dilakukan dalam jumlah banyak maka angkat tersebut pun akan semakin besar. Jika sehari Anda melakukan transfer antar Bank 20 kali saja maka biaya yang harus Anda keluarkan hanya untuk fee transfer beda Bank adalah sebesar Rp. 130.000 kemudian jika itu rutin dilakukan setiap hari maka dalam sebulan Anda harus menyisihkan uang untuk biaya transfer beda Bank sebesar Rp. 3.900.000 (Rp. 130.000 x 30) maka nominalnya sudah tidak kecil lagi bukan?

Kabar baiknya, sekarang telah ada aplikasi yang bisa membantu Anda untuk tidak lagi mengeluarkan biaya saat transfer beda Bank salah satunya adalah Aplikasi Flip. Flip merupakan aplikasi transfer uang gratis biaya admin antar Bank. Selain itu juga, Flip menyediakan layanan pembelian pulsa, paket data, top up dompet digital, top up token listrik, dan lain-lain. 

Dengan menggunakan aplikasi Flip berarti Anda telah berhemat dari biaya admin yang dikenakan saat kita transfer beda Bank. Proses penggunaanya pun mudah. Anda bisa mengunduh secara gratis di Google Playstore atau Appstore kemudian instal aplikasi Flip di smartphone Anda. Lakukan registrasi dengan mengisi data yang diperlukan maka Anda langsung bisa transfer uang ke berbagai bank tanpa harus dikenakan biaya admin. Keren sekali bukan?

Bagi Anda yang ingin mnggunakan aplikasi Flip bisa daftar dengan menggunakan kode referral: CRKI1466 atau klik di sini untuk mengunduh Aplikasi Flip. Dengan menggunakan Aplikasi Flip berarti Anda sudah berhemat ratusan ribu bahkan jutaan ribu loh.

5. Aplikasi Marketplace

Aplikasi marketplace merupakan aplikasi wajib dimiliki bagi pebisnis jual beli online. Dengan aplikasi marketpalce ini Anda akan banyak terbantu dan dimudahkan dalam penjualan sekaligus pengiriman produk dan barang ke luar propinsi, luar kota, sampai ke luar negeri sekali pun.

Dengan Anda memiliki akun aplikasi marketplace, pelanggan akan meresa lebih aman dan nyaman dalam bertransaksi sehingga bisa mendongkrak trafik penjualan menjadi lebih besar. Di Indonesia sendiri sudah banyak marketpalce besar yang tersedia sebut saja seperti Shopee, Lazada, Tokopedia, Blibli, Bukalapak, dan lain-lain.

6. Google Drive

Google drive merupakan salah satu aplikasi pendukung  bisnis online gratis yang perlu dimiliki oleh pebisnis seperti Anda. Untuk mendapatkan google drive bisa diunduh secara gratis di Palystore atau Appstore. Aplikasi berbasis online ini berperan membantu Anda berbagi file, dokumen, persentasi, PDF, foto atau gambar, video, dan lain -lain. Dengan menggunakan aplikasi Google Drive Anda bisa berbagi file dalam jumlah besar sekali pun.

Google Drive memungkinkan Anda menyimpan file-file penting secara online dan bisa diakses melalui Smartphone kapan pun dan dimana pun Anda berada selama Anda masih terhubung dengan internet. 

7. Shareit

Fungsi penting dari Aplikasi Shareit adalah memudahkan penggunanya untuk berbagi file, dokumen, foto, dan video, dan lain-lain. Dalam menjalankan sebuah bisnis tentu aktifitas bertukar file merupakan hal yang sering dilakukan. Oleh karenanya aplikasi berbasis online ini cukup dibutuhkan oleh pebisnis sekarang ini. 

Keunggulan yang dimiliki oleh aplikasi pendukung bisnis online satu ini adalah kecepatan dalam pengriman file 200 kali lebih cepat jika dibandingkan dengan bluetooth. Maka tidak aneh jika saat ini terdapat banyak pengguna dari aplikasi Shareit dari kalangan pengusaha.

8. Buku Warung

Buku Warung menjadi salah satu aplikasi pendukung bisnis online yang cukup mumpuni dalam urusan catat mencatat. Pasalnya di zaman sekarang ini yang serba digital, buku warung hadir dengan fitur-fitur yang dapat membantu dan mempermudah penggunanya dalam hal catatan keluar masuknya keuangan usaha Anda.

Mencatat keuangan bagi pengusaha menjadi penting untuk dilakukan karena dengan catatan keuangan yang rapi akan memudahkan pengusaha itu sendiri untuk mengontrol bisnisnya terkusus dari segi kesehatan keuangan. 

Kelebihan dari Buku Warung bisa mengelola lebih dari satu toko online. Dengannnya Anda bisa memanfaatkan Buku Warung ini dengan membuka peluang usaha lainnya. Buat Anda yang berminat membuka usaha di desa bisa simak ulasan 25 peluang usaha di desa yang potensial.

9. Evernote

Lupa adalah sesuatu hal yang tidak bisa luput dari manusia. Namun jika keseringan lupa bisa membuat Anda kesusahan dalam berinsteraksi dengan rekan bisnis Anda. Dengan ini Evernote bisa Anda andalalkan. Silahkan unduh aplikasi ini di smartphone Anda, kemudian catatlah kebutuhan dan hal-hal penting seputar bisnis atau kebutuhan sehari-hari Anda di Evernote. 

Evernote ini layaknya asisten Anda yang bisa diandalkan dalam urusan catatan. Tak hanya itu, Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk menyertakan gambar, audio, video ke dalam catatan yang nantinya bisa diakses secara online maupun offline. Menarik sekali ya.

10. Aplikasi Zoom

Di zaman serba digital sekarang ini jarak dan waktu sudah tidak menjadi soal. Terkusus di masa pandemi yang mengharuskan kita semua untuk tetap menjaga kesehatan dengan mengurangi aktifitas berkumpul dan berkerumunan. Hal ini tentu sangat berdampak pada pebisnis seperti Anda yang mengharuskan jumpa dengan partner kerja atau pun meeting dengan klien. Solusi terbaik untuk itu semua adalah dengan menggunakan aplikasi Zoom.

Aplikasi zoom bisa memudahkan Anda untuk tetap terhubung dengan patner atau klien Anda dengan fitur zoom meeting (video call). Kualitas video yang sangat baik bisa membantu pebisnis untuk mengadakan meeting atau rapat secara online.

Zoom tidak hanya banyak digunakan oleh pebisnis tapi juga banyak dimanfaatkan oleh banyak pelajar dan guru. Pasalnya aplikasi zoom ini sangat bisa diandalkan untuk belajar mengajar jarak jauh atau biasa kita sebut dengan istilah daring. Maka Aplikasi pendukung bisnis online satu ini menjadi wajib untuk Anda miliki.

11. Google Meet

Selain aplikasi zoom, juga ada aplikasi yang layak Anda andalkan dalam urusan video call yaitu aplikasi Google Meet. Kualiatas yang diberikan Google Meet pun tidak kalah baik. Cocok untuk Anda yang banyak memiliki karyawan yang harus Anda kontrol atau pun ingin rapat bersama klien.

Jika Anda sudah memiliki akun Google maka secara langsung bisa mengunakan aplikasi google meet ini karena masih satu produk dari google. Dengan menggunakan google meet keterbatasan jarak kini sudah tidak menjadi persoalaan penting.

Nah, itulah tadi beberapa rekomendasi aplikasi pendukung bisnis online yang layak untuk Anda miliki. Keutamaan dan manfaat dari aplikasi yang sudah disebutkan diatas sangat membantu dalam mengelola bisnis dan usaha Anda. Semoga bermanfaat dan terimakasih.