Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Wajib Diketahui! Peluang Usaha Rumahan di Desa yang Menguntungkan

Peluang usaha rumahan di desa memang cukup menguntungkan. Pasalnya, di desa masih belum terlalu banyak orang yang berbisnis, sehingga jumlah kompetitor cenderung lebih sedikit dibanding dengan berbisnis di kota.

Bisnis yang paling cocok dilakukan di desa yaitu, jenis usaha rumahan. Jenis usaha ini cenderung tidak terlalu sulit untuk dilakukan dan segala sesuatu yang dibutuhkannya cukup mudah untuk ditemukan di desa.

Macam-Macam Peluang Usaha Rumahan Di Desa

Peluang Usaha Rumahan di Desa yang menguntungkan
Di desa banyak peluang usaha
yang menguntungkan
Salah satu kendala yang kerap kali dialami oleh seseorang yang ingin memulai bisnis di desa yaitu, masalah permodalan. Namun, untuk Anda yang ingin mulai berbisnis di desa tidak perlu khawatir karena dibawah ini merupakan macam-macam peluang usaha rumahan di desa yang tidak terlalu membutuhkan modal besar, tetapi menguntungkan.

1. Usaha di Bidang Pertanian

Peluang usaha rumahan pertama yang cocok untuk dilakukan di desa yaitu, usaha di bidang pertanian. Bagi Anda yang memiliki lahan pertanian di desa, hal tersebut dapat dimanfaatkan untuk memulai bisnis pertanian seperti, menanam berbagai macam tanaman bahan pokok rumah tangga yang kerap kali harganya melonjak dan memberikan keuntungan yang menjanjikan.

Sebelum memulai usaha di bidang pertanian, sebaiknya Anda mencari tahu terlebih dahulu terkait karakteristik cuaca dan tanah di desa Anda. Hal tersebut penting dilakukan untuk dapat memilih jenis tanaman yang sesuai untuk ditanam.

2. Distributor Hasil Pertanian

Peluang usaha berikut ini, bisa Anda pilih jika Anda tidak cocok menjadi petani yaitu, menjadi distributor hasil pertanian. Peluang usaha rumahan ini memiliki peluang yang cukup baik dan memberikan keuntungan yang lumayan menjanjikan. Hal tersebut karena, distribusi menjadi jantung perekonomian di bidang pertanian.

Untuk Anda yang hendak berbisnis di bidang ini, Anda hanya perlu menjadi perantara antara petani dengan konsumen. Modal utama yang diperlukan saat hendak memulai bisnis ini yaitu networking yang luas.

3. Ternak Hewan

Peluang usaha rumahan di desa berikutnya yang bisa Anda pilih yaitu, usaha di bidang peternakan hewan. Usaha di bidang peternakan memiliki peluang yang tidak kalah besarnya dibandingkan dengan usaha di bidang pertanian.

Adapun, hewan yang bisa Anda ternakan lumayan beragam. Dimulai dari hewan-hewan kecil seperti ayam, bebek, angsa hingga hewan-hewan besar seperti kambing, domba, hingga sapi. Selain itu, jika Anda hendak beternak ayam, Anda bisa memilih antara ayam petelur atau ayam daging.

4. Produksi Hasil Kerajinan Tangan

Berikutnya, Anda bisa juga memulai usaha di bidang produksi hasil kerajinan tangan. Bisnis ini memiliki peluang yang cukup baik, pasalnya Indonesia dikenal sebagai salah satu Negara penghasil kerajinan tangan terbaik. Namun, hal tersebut masih kurang disadari oleh banyak masyarakat. Sehingga, hal tersebut bisa dijadikan peluang untuk memulai usaha di bidang kerajinan tangan.

5. Produk Makanan Olahan

Peluang usaha rumahan di desa berikutnya yaitu, usaha di bidang makanan olahan. Usaha ini memiliki peluang yang cukup baik, terlebih saat ini makanan olahan banyak digemari oleh masyarakat Indonesia karena cenderung praktis.

Membuat produk olahan makanan di desa cukup mudah untuk dilakukan. Hal tersebut karena di desa bahan baku untuk membuat olahan makanan lebih mudah didapatkan dan dengan harga yang jauh lebih murah.

6. Tempat Sewa Wi-Fi

Selanjutnya, Anda juga bisa membuka usaha tempat penyewaan Wi-Fi sebagai peluang usaha rumahan di desa. Usaha tersebut lumayan menjanjikan, karena di masa pandemi seperti saat ini internet sangatlah dibutuhkan. Di desa, masih jarang orang yang membuka usaha sewa Wi-Fi, sehingga jumlah kompetitor masih cenderung sedikit.

Baca juga: Usaha rumahan modal 50 ribu yang patut dicoba

7. Counter Pulsa

Selain membuka tempat sewa Wi-Fi, Anda juga bisa membuka usaha counter pulsa. Usaha ini memiliki peluang yang cukup bagus untuk daerah pedesaan. Pasalnya, di desa counter pulsa lumayan cukup sulit ditemukan. Sehingga, usaha ini cenderung memiliki kompetitor yang tidak banyak.

Keterbatasan infrastruktur yang ada di desa, serta masyarakat yang belum terlalu melek teknologi menjadikan usaha ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat desa. Selain itu, modal membuka counter pulsa juga tidak terlalu besar dan keuntungan yang akan didapatkan lumayan menjanjikan.

8. Warung Kopi

Peluang usaha berikutnya yang dapat Anda pilih yaitu, usaha warung kopi. Usaha ini relative mudah untuk dilakukan. Anda hanya perlu menyediakan berbagai macam kopi, dan makanan pelengkap lainnya seperti aneka gorengan atau makanan ringan lainnya.

Membuka warung kopi, dapat menjadi peluang usaha yang cukup menjanjikan. Hal tersebut karena, masyarakat di desa cenderung senang bersosialisasi antar tetangga dan warung kopi dapat menjadi tempat yang tepat untuk dijadikan tempat berkumpul.

9. Les Privat

Peluang usaha rumahan di desa berikutnya yaitu, membuka les privat yang dapat dinikmati oleh anak-anak sekolah. Hal tersebut akan sangat dibutuhkan oleh anak-anak di desa, pasalnya kualitas pendidikan yang ada di kota dan di desa lumayan cukup tertinggal.

Sehingga, Anda bisa memanfaatkan ilmu yang Anda miliki untuk dibagikan kepada anak-anak desa. Anda bisa membuka berbagai macam kelas privat yang dapat diikuti oleh anak-anak desa seperti kelas privat berbagai mata pelajaran di sekolah.

10. Fotocopy

Usaha rumahan berikutnya yang bisa Anda lakukan di desa yaitu, usaha fotocopy. Usaha ini, cukup menjanjikan karena di desa tempat fotocopy masih belum banyak jumlahnya. Anda bisa memanfaatkan lahan yang kecil saat membuka usaha ini.