Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memulai Bisnis Online Bagi Pemula di Platform Shopee dan Rekomendasinya

Beragam cara untuk mendapatkan uang di era pandemi sekarang. Saran yang paling sering digaungkan adalah membuka usaha sendiri. Untuk melakukan hal ini, langkah pertamanya adalah kamu harus memahami bagaimana cara memulai bisnis online bagi pemula di Shopee.

Kenapa hal tersebut mesti kamu pahami? Soalnya menjadi landasan utama sebelum membangun usaha dunia daring sendiri. Agar nantinya bisnis yang ada bisa berkembang ke ranah-ranah lain sesuai harapan.

Pada sisi lain, memberikanmu gambaran harus seperti apa bisnis dibentuk untuk nantinya. Tujuannya supaya usaha tersebut tidak kehilangan arah ketika menghadapi suatu masalah yang sifatnya berat dan cenderung susah diselesaikan.

Dengan dua pertimbangan di atas, kamu harus benar-benar paham bagaimana cara memulai bisnis online bagi pemula. Pembahasan lengkapnya ada pada pembahasan di bawah ini!

Cara Memulai Bisnis Online Bagi Pemula

cara memulai bisnis online bagi pemula
Yuk kita pahami langkah-langkah berikut
agar bisnismu sukses meraup keuntungan.
Banyak yang mengira bahwa langkah pertama cara memulai bisnis online bagi pemula adalah menyiapkan modal cukup. Sumber dana dan besarannya sendiri disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing orang.

Hal tersebut tidaklah salah. Pasalnya dalam setiap bisnis, pasti ada modal yang harus dikeluarkan sang pengusaha. Modal bisa berbentuk tenaga, waktu atau uang dengan jumlah tidak sedikit.

Selain itu, masih ada langkah lain yang mesti kamu lakukan. Berikut ini adalah pembahasan lengkap untukmu!

1. Menyiapkan Rancangan Usaha

Sebagai rekomendasi, kamu lebih baik menyusun terlebih dulu rancangan usaha online. Untuk menghindari kelupaan, kamu sebaiknya mencatatnya di dalam buku, kertas, dan aplikasi tertentu di ponsel atau laptop.

Usahakan semua rencana tersebut dibentuk secara terstruktur. Tujuannya adalah agar ketika membacanya, kamu tidak mengalami kebingungan. Rekan bisnis pun dapat mengetahui rencana besar terkait usaha tersebut dan strategi agar bisnis berkembang. Setelah semua rencana siap, kamu bisa pindah ke langkah berikutnya

2. Pilih Mau Usaha Apa

Ketika rencana cara memulai bisnis online bagi pemula telah siap, kamu harus menentukan usaha apa yang akan dilakukan. Banyak rekomendasinya di internet, masing-masingnya bisa kamu pilih sesuai cita-cita sendiri. Sebagai saran, kamu bisa memulai usaha bisnis baju thrift. Pasalnya model bisnis baju thrift ini cukup ramai diperbincangankan akhir-akhir ini. Untuk mendapatkan baju thirft yang tepat kamu perlu pahami dulu cara mendapatkan supplier shop branded. Ini penting karena akan menyangkut keberlangsungan bisnis kamu.

Kamu bisa membuka usaha di bidang jasa. Kalau memilih ini, disarankan untuk menyediakan jasa pencetakan foto zaman dahulu. Dikarenakan, foto jenis ini terlihat unik dan menarik. Oleh karenanya, anak muda sangat meminati hal tersebut.

Kamu juga bisa membuka usaha penjualan makanan. Dengan syarat, semua alat pendukung harus tersedia dan berfungsi sebagaimana mestinya. Hal paling utama adalah penyimpanan agar produk tidak busuk dan nilai jualnya rendah.

3. Buat Akun Shopee Sendiri

Cara memulai bisnis online bagi pemula adalah buat akun Shopee sendiri. Usahakan yang baru dan belum pernah dipakai bertransaksi sebelumnya.

Kenapa? Soalnya memperbesar kesempatan akunmu untuk terdeteksi dalam sistem Shopee. Dengan demikian, penjualan produkmu semakin meningkat dan kamu menjadi seseorang yang kaya, berpenghasilan puluhan juta rupiah setiap bulan.

Bagaimana cara membuat akun Shopee yang baru? Kamu dapat menemukan tutorialnya di internet. Sebab, hampir seluruh situs yang ada di Google menyediakan informasi berbentuk artikel terkait hal tersebut. Tinggal ikuti saja semua langkah-langkahnya supaya berhasil.

4. Unggah Foto Produk dan Informasinya

Sesaat akunmu terbentuk, cara memulai bisnis online bagi pemula selanjutnya adalah kamu harus mengunggah foto produk sendiri. Jangan lupa sertakan pula informasi lengkap terkait barang yang sedang kamu jual ke konsumen sendiri.

Sebagai rekomendasi, buat informasi produk yang menarik konsumen. Usahakan informasi tersebut sesuai dengan keunggulan dan kekurangan produk. Kemas dalam bahasa sepadat mungkin agar orang lain paham.

Pasang pula harga untuk produkmu. Untuk menentukannya, kamu bisa melakukan survei kecil-kecilan di internet. Apabila barang berkaitan dengan kebutuhan pokok, silakan lakukan pengecekan di pasar tradisional.

5. Iklan

Ketika kamu selesai mengunggah produk di aplikasi Shopee, kamu harus mengiklankannya sesegera mungkin. Memang, ada biaya yang mesti dikeluarkan untuk melakukan hal ini. Dengan demikian, kamu wajib menyesuaikannya sebaik mungkin.

Dalam pengiklanan, kamu wajib memperhatikan jangkauan iklan. Mengingat semakin luas jangkauannya, produk yang kamu jual pun semakin dikenal oleh orang banyak. Berdasarkan hal tersebut, penjualan pun melimpah pula dan sesuai harapan.

Ada banyak platform pengiklanan di internet sana. Bila kamu memiliki modal besar, silakan promosikan barangmu di mesin pencari google. Niscaya, penjualan bakal meningkat sesuai yang diharapkan.

Sosial media pun menyediakan fitur pengiklan bagi pelaku usaha digital. Kamu bisa memanfaatkannya sebaik mungkin sebagai salah satu cara memulai bisnis online bagi pemula yang paling ampuh mendatangkan penghasilan melimpah.

6. Buat Diskon

Untuk meningkatkan penjualan barang, kamu sebaiknya membuat diskon. Jumlahnya sendiri disesuaikan dengan kondisi keuangan dan target penjualan masing-masing toko.

Buat salah satu cara memulai bisnis online bagi pemula ini, seharusnya kamu melakukannya di momen-momen tertentu. Sebut saja liburan tahun baru, hari raya natal, atau idul fitri. Dengan alasan, hari-hari itu penjualan bakal meningkat drastis.

7. Catat Pemasukan dan Pengeluaran

Langkah terakhir cara memulai bisnis online bagi pemula adalah kamu diharuskan mencatat semua pemasukan yang ada.

Dengan tujuan untuk mengetahui barang mana yang sedang laris di pasaran sehingga wajib kamu jual dalam keadaan tertentu. Apalagi pada perayaan keagamaan seperti natal, idul fitri maupun idul adha. 

Selain itu, pencatatan tersebut berguna untuk mengukur seberapa sehat bisnis yang sedang kamu bangun ini. Jika terindikasi ada masalah, kamu bisa menemukannya secepat mungkin.

Kesimpulan

Memulai suatu bisnis harus memiliki perhitungan yang matang. Merancang dengan baik, mau seperti apa bisnis yang akan di tekuni. Kemudian tentukan ingin menjual produk apa saja. Lakukan riset produk yang sedang banyak dicari. Selanjutnya ikuti langkah demi langkah seperti yang sudah dijelaskan di atas insya Allah akan berjalan lancar.

Iringi setiap lancah dan usaha dengan senantiasa berdoa kepada Allah SWT. agar Allah memudahkan segala urusannya.