Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rekomendasi Investasi Halal untuk Pemula dan Alasan Mengapa Harus Memilih Investasi Syariah

Barangku.id - Perkembangan dunia investasi saat ini sudah semakin meningkat dan canggih. Sekarang banyak ditemukan aplikasi dan teknologi canggih yang membantu seseorang untuk berinvestasi baik itu konvensional maupun syariah. Investasi halal untuk pemula adalah cocok untuk Anda yang baru ingin memulai investasi tanpa riba.

Pada pembahasan kali ini akan dijelaskan secara lengkap mengenai investasi syariah yang halal untuk para investor pemula. Selain itu, Anda juga wajib mengetahui mengapa harus memilih investasi syariah. Berikut merupakan pemaparannya.

Investasi Halal untuk Pemula

investasi halal dalam islam
Investasi yang halal untuk pemula

Investasi syariah adalah suatu investasi yang bersifat halal karena memiliki prinsip-prinsip syariah dalam ajaran agama Islam. Ini merupakan pilihan yang tepat untuk investor pemula yang ingin berinvestasi tanpa adanya riba. Berikut ini merupakan rekomendasi instrumen investasi halal untuk pemula.

1. Deposito Syariah

Investasi halal untuk pemula yang pertama adalah deposito syariah. Deposito syariah adalah suatu produk perbankan yang digunakan untuk investasi berjangka dengan menerapkan prinsip-prinsip syariah yang sesuai dalam ajaran agama Islam. Ini merupakan salah satu produk investasi yang cocok untuk Anda yang masih mau belajar di tahap awal mengenai investasi.

Jenis investasi yang satu ini ditujukan kepada nasabah perorangan ataupun perusahaan denagn akad mudharabah. Dengan adanya akad mudharabah ini maka cara perhitungan keuntungan yang akan didapat investor dilakukan dengan cara bagi hasil.

Ketika Anda membuka deposito syariah, maka pihak bank akan meminta Anda untuk mengisi akad. Akad disini ialah perjanjian antara nasabah dan bank mengenai dana yang akan Anda simpan di bank tersebut.

Di dalam akad deposito syariah ini akan diatur tentang bagi hasil keuntungan dan pemilihan instrumen investasi yang akan bank lakukan untuk Anda. Untuk perbandingan nisbah yang ditawarkan yaitu 60:40 untuk nasabah dan bank.

2. Reksa Dana Syariah

Reksa dana syariah merupakan salah satu contoh investasi halal untuk pemula yang rekomended. Reksa dana syariah akan mengelola dana investor oleh manajer investasi, agar kemudian diinvestasikan ke dalam surat berharga seperti saham, obligasi, atau instrumen pasar uang.

Perbedaan reksa dana syariah dan konvensional ialah adanya proses Pembersihan Kekayaan Reksa Dana Syariah dari unsur-unsur non halal. Proses ini merupakan proses pembersihan yang wajib dilakukan oleh manajer investasi.

Maksuda dari proses pembersihan ini ialah pembersihan dari unsur non halal, penyesuaian portofolio reksa dana syariah saham saat Daftar Efek Syariah telah berlaku efektif. Investasi ini harus sudah mendapat fatwa dari DSN-MUI dan juga aspek kesyariahannya diawasi oleh Dewan Pengawas Syariah.

3. Saham Syariah

Investasi halal untuk pemula lainnya adalah saham syariah. Saham adalah salah satu jenis produk investasi yang sedang diminati banyak orang sebab menawarkan keuntungan yang lebih besar. Walaupun menawarkan keuntungan yang lebih besar, saham juga memberikan potensi risiko kerugian yang besar pula.

Saat ini terdapat 2 jenis investasi saham yang bisa dipilih oleh Anda, yaitu investasi saham konvensional dan syariah. Investasi saham syariah merupakan efek atau saham yang menerapkan prinsip-prinsip syariah dalam agama Islam. Saham syariah tercatat di dalam Daftar Efek Syariah yang telah diterbitkan oleh Otoritas Jasa Keunagan (OJK).

Terdapat banyak screening yang akan dilakukan untuk menentukan suatu jenis saham termasuk ke dalam kategori saham syariah atau konvensional. Saham syariah sudah pasti halal karena telah berada dalam pengawasan Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI).

4. Obligasi Syariah

Obligasi syariah adalah salah satu investasi halal untuk pemula juga. Menurut Fatwa Dewan Syariah Nasional (DSN), obligasi syariah ini adalah surat berharga jangka panjang yang memegang prinsip syariah di dalamnya. Surat ini telah dikeluarkan oleh emiten kepada pemegang surat obligasi sebagai bentuk dari bagi hasil dalam tempo waktu tertentu.

Terdapat beberapa jenis obligasi syariah yang bisa dipilih oleh Anda sebagai pemula. Berikut merupakan beberapa contohnya.
  • Sukuk negara yang diterbitkan pemerintah

  • Sukuk ritel yang diterbitkan pemerintah khusus untuk investor ritel

  • Sukuk korporasi yaitu sukuk yang diterbitkan perusahaan swasta atau BUMN.

  • Sukuk musyarakah yaitu sukuk yang menggunakan akad musyarakah

  • Sukuk mudharabah yaitu sukuk yang menggunakan akada mudharabah

  • Sukuk ijarah yaitu sukuk yang menggunakan akad ijarah

  • Sukuk istishna yaitu sukuk yang diterbitkan berdasarkan perjanjian istishna

5. Emas

Emas adalah salah satu benda mulia yang dapat dijadikan sebagai barang investasi. Ini merupakan pilihan yang tepat untuk investasi terbaik, karena emas dapat mengalami perputaran harga yang bervariasi dan pada umumnya cenderung stabil. Dengan begitu, investasi emas sangat cocok untuk pemula.

Saat ini status syariah emas masih menuai pro dan kontra karena adanya pihak yang setuju dan tidak setuju mengenai jual beli emas secara non tunai, sebab dapat dianggap sebagai praktir riba.

Walaupun begitu, emas bukan merupakan alat pembayaran tetapi berupa komoditi, memilih emas sebagai alat investasi dianggap tidak melanggar aturan ajaran agama Islam.

Saat ini harga 1 gram emas mencapai 1 juta rupiah. Anda bisa mulai mencicil emas dengan cara menabung terlebih dahulu. Investasi emas sedari muda dapat memberikan keuntungan di masa mendatang karena emas tersebut bisa dijual kembali dengan harga yang tinggi.

Alasan Mengapa Harus Memilih Investasi Syariah

Mungkin Anda yang masih pemula masih bingung ingin memilih investasi yang seperti apa. Pilihlah investasi syariah sebagai investasi Anda, karena di dalam investasi syariah, segala proses aktivitas jual beli produk investasinya sudah sesuai dengan prinsip-prinsip syariah agama Islam.

Selain itu, investasi syariah juga sudah pasti halal karena telah diawasi oleh DSN-MUI dan OJK tentunya. Investasi syariah tidak hanya mendatangkan keuntungan bagi para investor, namun juga mengandung keberkahan di dalamnya.

Untuk investasi yang berkaitan dengan mengatur keuangan agar hidup lebih sejahtera, sudah sepantasnya dilakukan secara halal tanpa melanggar perintah agama. Dalam hal ini segala proses kegiatan keuangan tetap mendapat ganjaran atau imbalannya di akhirat.

Investasi syariah adalah investasi halal untuk pemula karena di dalamnya tidak mengandung riba. Riba merupakan salah satu larangan terbesar dalam agama Islam yang sangat merugikan. Tentunya riba disini sangat berhubungan dengan urusan keuangan termasuk hal investasi.

Investasi syariah juga dinilai bebas ghahar dan maysir. Ghahar merupakan ketidakjelasan, smeentara maysir merupakan judi. Hal ini karena saat investor akan menanamkan modalnya, tidak akan ada yang namanya spekulasi karena semua informasi akan diberitahukan dengan sangat jelas.

Investasi syariah tentu sudah pasti halal. Ini yang menjadi keunggulan utama yang ditawarkan investasi syariah. Semua proses dilakukan dan dikelola sesuai hukum-hukum Islam.

Itu dia informasi mengani investasi halal untuk pemula dan alasan mengapa Anda harus memilih investasi syariah. Investasi syariah akan tetap memberikan Anda keuntungan dan juga keberkahan.