Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Ingin Memulai Investasi Saham? Yuk Kenali Jenis- Jenis Saham yang Wajib Anda Ketahui

Tidak bisa dipungkiri saat ini investasi menjadi sebuah tren tersendiri saat ini. Ada berbagai jenis investasi yang ramai diperbincangkan oleh masyarakat Indonesia seperti investasi saham. Investasi saham adalah salah satu jenis instrumen investasi dimana seorang investor melakukan penanaman modal dalam bentuk dana kepada suatu badan usaha atau perusahaan. Sederhanannya, investor tersebut memiliki hak kepemilikan tanpa harus ikut mendirikan perusahaan tersebut. Selain itu seorang investor juga berhak menghadiri Rapat Umum Pemegang Saham.

Dalam pasar uang, saham dibagi menjadi beberapa jenis. Tentunya sebelum Anda memutuskan untuk melakukan investasi saham juga perlu tahu terlebih dahulu apa saja jenis saham tersebut, agar ada dapat memilih jenis yang tepat sesuai dengan tujuan anda. Mengingat investasi saham juga merupakan kegiatan yang berisiko, seperti sebuah istilah menyebutkan “high risk dan high return”. Berikut adalah beberapa jenis saham yang wajib diketahui oleh seorang investor agar tidak salah langkah dalam memilih saham terbaik. Ada apa saja? Yuk simak ulasannya dibawah ini.

Ingin Memulai Investasi Saham? Yuk Kenali Jenis- Jenis Saham yang Wajib Anda Ketahui

Saham biasa

Saham biasa merupakan salah satu jenis investasi saham yang memiliki frekuensi terbanyak dalam transaksinya, anda yang memiliki saham jenis ini nantinya bisa melakukan sebuah klaim kepemilikan berdasarkan keuntungan maupun kerugian yang didapatkan oleh perusahaan tersebut. Namun pemegang saham biasa umumnya akan memiliki kewajiban yang terbatas.

Saham preferen

Berikutnya ada saham preferen yang merupakan sebuah saham gabungan antara saham biasa dan obligasi. Meski secara umum jenis investasi saham ini hampir mirip dengan saham biasa. Namun keuntungan yang didapatkan oleh seorang investor dalam investasi saham preferen umumnya akan lebih tinggi jika dibandingkan dengan saham biasa. Selain itu, saham ini juga memiliki keistimewaan dimana pemilik saham akan tetap mendapatkan hasil yang sesuai dengan nilai saham walaupun perusahaan mengalami kebangkrutan.

Ingin Mencoba Investasi dengan Modal Minim? Yuk Kenalan dengan Investasi Reksadana, Cek https://www.most.co.id/reksa-dana

Saham atas unjuk

Saham atas unjuk merupakan salah satu saham yang sistem kepemilikannya tidak akan tertulis dalam sebuah lembar kertas agar kepemilikan atas saham tersebut bisa dipindah tangan. Tujuan dari saham ini adalah agar lebih mudah dipindah tangankan ketika proses jual beli dilakukan.

Ingin Mencoba Investasi dengan Modal Minim? Yuk Kenalan dengan Investasi Reksadana

Saham atas nama

Saham atas nama atau bisa juga disebut dengan registered stock adalah jenis saham yang nama kepemilikan saham tersebut akan tertulis di dalam sebuah surat berharga. Proses pemindahtanganan kepemilikan saham ini harus melalui beberapa prosedur terlebih dahulu.

Saham blue chip stocks

Saham jenis ini merupakan saham yang hanya bisa dikeluarkan oleh perusahaan dengan reputasi tinggi. Saham jenis blue chip ini cocok untuk investor saham pemula karena pergerakan nilai saham yang cukup stabil.

Saham income stocks

Saham jenis ini merupakan saham yang akan membayar dividen yang lebih besar dari periode sebelumnya. Namun risiko dari saham ini pun juga cukup besar.

Saham growth stocks

Saham growth stocks adalah jenis saham perusahaan yang memiliki nilai lebih tinggi dari perusahaan tersebut. Sederhananya, saham jenis ini dinilai akan mengalami pertumbuhan yang signifikan dalam jangka panjang.

Nah itulah jenis beberapa jenis saham yang hadir di Indonesia. Menarik bukan? Akan tetapi, jangan lupa untuk mempelajari lebih dalam mengenai berbagai jenis saham diatas agar anda dapat membuat keputusan yang tepat. Yuk mulai rencanakan masa depan yang indah dengan investasi saham, kunjungi https://www.most.co.id/saham, solusi investasi untuk masa depan Anda. Semoga bermanfaat!