Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Daftar Saham Syariah 2022 Terbaik

Saham merupakan surat bukti seseorang mempunyai bagian modal dalam suatu perusahaan. Artinya, orang mempunyai saham juga punya hak atas sebagian dari aset perusahaan tersebut. Bagi Anda yang ingin saham, inilah daftar saham syariah 2022 yang patut dicoba.

Keuntungan Investasi Saham Syariah 2022

Daftar Saham Syariah 2022 Terbaik
Daftar Saham Syariah 2022 Terbaik

Sebenarnya saham syariah transaksinya sama dengan saham konvensional. Letak perbedaan mereka hanya pad kriteria masing-masing. Bagi Anda yang ingin tertarik dengan daftar saham syariah 2022. Lebih baik ketahui dulu keuntungannya :

1. Memperoleh pengawasan menyeluruh dalam transaksi saham syariah oleh Otoritas Bursa Efek Indonesia, sehingga proses lancar dan aman.

2. Investor berhak menerima keuntungan sesuai persentase yang sudah disepakati bersama emiten pada awal sebelum melakukan investasi.

3. Seluruh hal dalam saham syariah selalu dijalankan menggunakan prinsip halal. Sehingga transaksi haram tidak masuk didalamnya, misalnya penipuan, pemalsuan, hingga perjudian.

4. Semua alokasi dari aset, pendapatan, juga praktik investasi juga dijalankan tidak keluar dari aspek-aspek syariah.

Baca juga: Ingin mulai investasi saham? Yuk kenali jenis-jenis saham yang wajib Anda ketahui

7 Daftar Saham Syariah 2022

Indonesia terkenal sebagai salah satu negara dengan penduduk muslim terbanyak di dunia. Maka tidaklah heran investasi saham syariah banyak diminati investor. Terdapat beberapa emiten atau orang/perusahaan yang menjual efek dan menawarkannya ke pasar modal.

Emiten yang terdaftar dalam indeks saham syariah Indonesia, seperti pada Jakarta Islamic Index 70 (JII70 Index). JII70 Index adalah indeks saham yang diluncurkan oleh BEI di 17 Mei 2018.

Konstituennya hanya terdiri atas 70 daftar saham syariah 2022 dan paling likuid yang sudah tercatat pada BEI. Likuiditas yang diambil dalam pemilihan 70 saham syariah adalah :

1. Saham syariah yang terdaftar dalam konstituen Indeks Saham Syariah Indonesia atau ISSI sudah tercatat selama 6 bulan terakhir.

2. Dipilih dari 150 saham sesuai urutan rata-rata kapitalisasi dari pasar tertinggi dalam kurun waktu 1 tahun terakhir.

3. Dari 150 saham itu, hanya dipilih 70 saham berdasarkan rata-rata nilai transaksi harian dalam pasar reguler tertinggi.

4. 70 saham yang tersisa adalah saham yang terpilih.

Inilah beberapa saham yang potensial yang bisa Anda beli sebagai investasi yang mempunyai kinerja cemerlang sepanjang tahun :

1. PT Bank Syariah Indonesia Tbk atau BRIS

BRIS atau PT Bank Syariah Indonesia Tbk adalah salah satu emiten yang terdaftar dalam saham syariah terbaik 2022 ini. Emiten ini telah berhasil mencatat laba bersih dengan jumlah Rp3,02 triliun sepanjang tahun 2021.

Jumlah mengalami kenaikan mencapai 38,45% secara tahunan. Artinya, juga ada kenaikan performa pengelolaan dana bank dari 5,1% tahun 2020 dengan jumlah Rp16,9 triliun menjadi Rp17,8 triliun di tahun 2021.

2. PT Bank BTPN Syariah Tbk atau BTPS

BTPS atau Bank Syariah Tbk adalah bank yang masuk dalam daftar saham syariah 2022 saham syariah 2022 yang potensial. Emiten BTPS berhasil mencatat kinerja kondangan yang bagus sepanjang tahun 2021.

Laba bersih yang berhasil dikantongi oleh emiten ini mengalami kenaikan hingga 116% secara tahunan pada kuartal III-2021. Sekarang, BTPS mempunyai 6 juta nasabah dan 4 juta diantaranya adalah nasabah yang aktif.

3. PT Adaro Energy atau ADRO

ADRO atau PT Adaro Energy juga mencatat pertumbuhan bagus sepanjang tahun 2021. Emiten yang bergerak dalam bidang pertambangan ini sempat merugi sampai USD88 ribu di tahun 2020.

Namun, emiten dengan kode ADRO berhasil kembali meraih lama yang sangat fantastis di bulan September 2021, laba yang diperoleh senilai USD51 ribu atau kurang lebih Rp745 miliar.

Hal ini senada dengan kenaikan harga batu bara yang melejit. Bahkan, tren ini terus berlanjut diperkirakan sepanjang tahun 2022.

4. PT Japfa Comfeed Indonesia atau JPFA

JPFA atau PT Japfa Comfeed Indonesia juga salah satu daftar saham syariah 2022 emiten yang cukup potensial di tahun 2022 ini. Emiten ini masuk sektor peternakan dan sukses mencatat hasil positif di kuartal III tahun 2021.

Meski tahun sebelumnya laba hanya menyentuh di angka Rp190 miliar. Hebatnya bisa bangkit di akhir September 2021 kemarin, dengan keberhasilan rebound memperoleh lama mencapai Rp1,6 triliun.

Per 6 Januari 2022 ini, harga saham JPFA resmi dijual dengan harga Rp1.740 per saham. Sepanjang 2021 harga saham emiten ini diperkirakan cukup stabil dan potensial.

5. PT Indofood CBP Sukses Makmur atau ICBP

ICBP atau PT Indofood CBP Sukses Makmur salah satu daftar saham syariah 2022 fast moving consumer goods/FMCG.

Berhasil memperoleh pendapatan tinggi dengan jumlah Rp42,6 triliun, Laba yang didapatkan senilai Rp6,2 triliun di kuartal III 2021.

6. PT Telkom Indonesia Tbk atau TLKM

TLKM atau PT Telkom Tbk adalah emiten telekomunikasi publik dan berhasil memperoleh pendapatan serta keuntungannya mencapai masing-masing Rp106 triliun dan Rp25,7 triliun di kuartal III 2021.

Pendapatan serta laba lebih tinggi dibanding pada periode sama tahun 2020. Maka emiten ini berhasil masuk daftar LQ45 juga Jakarta Islamic Index (JII), daftar saham syariah 2022 ini diperkirakan potensial sepanjang tahun 2022.

7. PT Elang Mahkota Teknologi Tbk atau EMTK

EMTK atau PT Elang Mahkota Teknologi Tbk yang disebut juga EMTEK adalah salah satu emiten dalam daftar saham syariah 2022 yang cukup potensial.

Adanya mitra yang strategis EMPEK yaitu Singtel dan Grab dalam saham bank digital perseroan membuat emiten ini sukses mencatat kinerja bagus di tahun ini.

Tips Investasi Pada Daftar Saham Syariah 2022

Bagi Anda para investor yang ingin mencoba keberuntungan di dunia salah, lebih baik harus memperhatikan beberapa hal berikut ini.

Apalagi bagi Anda yang termasuk investor pemula. Tips ini diberikan oleh Lo Kheng Hong dan dijuluki sebagai Warren Buffett Indonesia.

Beliau adalah salah satu sosok yang menginspirasi anak muda untuk melakukan investasi di pasar modal. Atas dasar pengalaman mencapai 32 tahun melewati asam garam dalam dunia investasi pasar modal.

Tips yang beliau sampaikan dan bisa diterapkan dalam proses investasi Anda, yaitu :

1. Baca laporan keuangan perusahaan yang sahamnya ingin Anda beli

Membaca laporan keuangan adalah tips yang paling ampuh sebelum melakukan investasi saham.

Menurut Lo Kheng Hong, investor atau trader sebaiknya membaca laporan keuangan, untuk kucing memilih emiten yang pas.

Calon investor harus melihat dari laba, penjualan, modal, juga utang macet dan lancar yang dimiliki perusahaan.

2. Sabar menanti hasil terbaik

Menjadi investor haruslah sabar, melakukan investasi tidak hasil instan yang diperoleh. Anda harus melakukan satu per satu cara dengan teliti, sehingga memperoleh hasil yang memuaskan.

3. Belilah saham perusahaan yang bergerak dalam bidang usaha yang baik

Investor harus bisa memilih emiten yang mempunyai data kekuatan tinggi dalam seluruh kondisi ekonomi. Hal ini untuk melihat baik tidaknya bidang perusahan tersebut.

4. Memilih perusahaan yang untung

Belilah saham perusahaan yang selalu memperoleh keuntungan dan sebaiknya jangan membeli saham pada perusahaan yang merugi. Tujuan investasi adalah mencari perusahaan yang mampu menjadikan mesin uang buat Anda.

Itulah rekomendasi daftar saham syariah 2022 hingga tips melakukan investasi. Semoga bermanfaat.

Terikasih sudah berkunjung di blog kami Barangku.id. Jumpa di artikel lainnya ya.