Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

10 Aplikasi Investasi Syariah Cocok untuk Pemula

Barangku.id - Banyak para pemuda yang ingin memulai berinvestasi, namun bingung bagaimana caranya. Untuk mengatasi hal tersebut, di bawah ini terdapat 10 aplikasi investasi syariah yang cocok digunakan untuk investor pemula. Penasaran apa saja aplikasinya? Langsung saja baca ulasannya berikut ini.

aplikasi saham syariah
Aplikasi investasi syariah terbaik

1. IPOT

Aplikasi yang pertama ialah IPOT. Ini merupakan aplikasi trading saham yang terkenal di Indonesia. Di dalam aplikasi ini tersedia akun syariah untuk Anda yang ingin berinvestasi syariah. Aplikasi IPOT ini telah dikembangkan oleh Indo Premier Sekuritas dan sudah diunduh oleh lebih dari 1 juta pengguna android.

Anda bisa menemukan aplikasi ini di Google Playstore dan menginstalnya secara gratis. Jadi, Anda hanya perlu melakukan instalasi dan mulai membuat akun. Terdapat fitur-fitur yang lengkap untuk jual beli saham seperti grafik real time, platform edukasi, dan sebagainya.

Apabila Anda ingin berinvestasi syariah, maka Anda harus memilih untuk membuat akun syariah. Ketika sudah memiliki akun syariah, otomatis Anda juga mempunyai akun reguler. Namun, berbeda untuk pengguna akun reguler, pengguna akun reguler tidak bisa mempunyai akun syariah.

2. MOST

Aplikasi investasi syariah selanjutnya adalah MOST. Ini merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh Mandiri Online Sekuritas Trading. Anda dapat menemukan aplikasi ini di Google Playstore dan mulai mengunduhnya secara gratis. Aplikasi MOST ini juga telah diunduh oleh lebih dari 100 ribu pengguna android.

Aplikasi MOST memiliki peringkat 3.5 bintang dari 5 bintang di Google Playstore, sehingga aplikasi ini cukup dipercaya untuk melakukan investasi. Desain tampilannya user friendly dan sangat sederhana, sehingga akan memudahkan pengguna untuk menggunakannya.

Jika ingin membuat akun syariah, Anda perlu mendaftarkannya secara online melalui situs resmi aplikasi MOST. Setelah itu, Anda akan melakukan verifikasi akun dan mulai berinvestasi saham. Fitur yang tersedia pun cukup lengkap untuk membaca progres data saham, fitur edukasi, ataupun fitur jual beli saham.

3. POEMS

POEMS merupakan aplikasi investasi syariah terbaik juga yang rekomended untuk Anda gunakan. Aplikasi ini sudah mempunyai peringkat 4,2 bintang dari 5 bintang di Google Playstore. Anda dapat mengunduhnya secara gratis, lalu aplikasi ini juga telah digunakan oleh lebih dari 100 ribu pengguna dan mempunyai banyak review positif.

Anda dapat menggunakan aplikasi POEMS ini untuk berinvestasi syariah dan trading saham. Terdapat fitur-fitur utama dan pendukung yang lengkap serta canggih yang dapat membantu Anda untuk mengatur proses investasi Anda. Bahkan, tampilannya juga sangat keren dan terkesan profesional.

Walaupun begitu, aplikasi ini memiliki kekurangan yaitu Anda tidak dapat membuka akun secara online apabila Anda bukan pengguna Bank BCA dan mempunyai reksa dana di bank tersebut. Jadi, intinya aplikasi ini dapat digunakan untk membuka akun POEMS Anda harus mengirim dokumen secara fisik.

4. RHB TradeSmart Syariah ID

Aplikasi investasi syariah berikutnya adalah RHB TradeSmart Syariah ID. Aplikasi ini dikembangkan oleh PT RHB Sekuritas, yang sebelumnya meluncurkan 2 aplikasi trading bernama RHB TradeSmart ID dan RHB TradeSmart Syariah. Kedua aplikasi tersebut telah dilengkapi dengan Assited Robo Optimization.

Assisted Robo Optimization merupakan suatu robot yang memiliki peran untuk memandu pengguna dengan cara memberikan komentar mengenai saham-saham yang terkait. Kelebihan dari aplikasi ini Anda hanya perlu mendaftar secara online langsung melalui aplikasi, selain itu aplikasi ini juga sudah cukup dipercaya di Google Playstore.

Anda dapat menemukan aplikasi ini di Google Playstore dengan mudah dan gratis tentunya. Aplikasi ini telah digunakan oleh lebih dari 5 ribu pengguna Playstore di android dan memberikan cukup banyak review positif.

5. Maybank Trade

Maybank Trade menjadi salah satu aplikasi investasi syariah yang tak kalah hebat. Aplikasi yang satu ini dikembangkan oleh Maybank Kim Eng Sekuritas Indonesia, yang mana merupakan salah satu perusahaan sekuritas yang telah berafiliasi dengan Maybank.

Sebelumnya, aplikasi ini bernama KE Trade Syariah, namun mengalami perubahan nama perusahaan pada tahun 2021 dan nama aplikasi pun turut berubah. Di dalam aplikasi ini tersedia mekanisme masuk akun yaitu akun reguler dan akun syariah. Jika ingin berinvestasi syariah, pilihlah akun syariah.

Sampai saat ini aplikasi Maybank Trade sudah diunduh oleh para pengguna android lebih dari 10 ribu orang. Selain itu juga aplikasi ini telah mendapatkan rating atau peringkat hingga 4,0 bintang di Google Playstore. Hal ini yang menjadikan aplikasi ini sudah cukup dipercaya.

6. D’One Syariah

Berikutnya ada D’One Syariah, yang merupakan aplikasi trading secara online dari PT Danareksa Sekuritas yang telah diakuisisi oleh Bank BRI. Aplikasi ini dapat digunakan untuk melakukan aktivitas jual beli saham, selain itu juga digunakan untuk jual beli obligasi dan reksa dana.

Aplikasi ini memang aplikasi baru yang rilis pada tahun 2019, walaupun begitu, aplikasi D’One Syariah ini telah digunakan oleh lebih dari 50 ribu pengguna android di Google Playstore. D’One Syariah juga sudah mempunyai peringkat 3,3 bintang dari 5 bintang.

7. MNC Motion Trade

Aplikasi investasi syariah selanjutnya adalah MNC Motion Trade. MNC Motion Trade adalah aplikasi milik PT MNC Sekuritas yang merupakan aplikasi trading secara online. Aplikasi ini telah rilis pada tahun 2016. Uniknya, aplikasi ini bisa dioperasikan tidak hanya melalui handphone saja, tetapi juga melalui laptop atau bahkan smartwatch.

Aplikasi MNC Motion Trade ini mempunyai kelebihan menggunakan suara untuk memberikan suatu perintah jual, beli, atau bahkan membuka menu secara langsung. Bisa dibilang aplikasi ini sudah cukup canggih dibanding aplikasi lain yang sejenis.

Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda dapat melakukan investasi seperti jual beli saham atau reksa dana secara syariah. Kelebihan lain yang bisa Anda dapatkan adalah Anda tidak perlu pergi ke kantor pemasaran untuk mendaftar akun, karena dapat dilakukan secara online di dalam aplikasi tersebut.

8. Reksa Dana Syariah Tokopedia

Berikutnya ada Reksa Dana Syariah Tokopedia. Anda dapat melakukan investasi syariah di aplikasi Reksa Dana Syariah Tokopedia dengan mudah. Anda bisa membeli reksa dana di aplikasi Tokopedia dengan berbagai pilihan dana investasi mulai dari 10 ribu rupiah saja.

DI aplikasi ini tersedia beragam macam fitur menarik dan cukup lengkap untuk menunjang Anda melakukan aktivitas jual beli saham atau reksa dana. Selain itu, Anda juga dapat memantau perkembangan investasi Anda di dalamnya dengan melihat grafiknya secara real time.

Itu dia informasi mengenai aplikasi investasi syariah yang rekomended untuk investor pemula. Cobalah salah satu dari aplikasi di atas untuk memulai berinvestasi syariah. Dnegan menggunakan aplikasi-aplikasi tersebut, Anda akan lebih mudah dalam melakukan investasi seperti jual beli saham dan juga memantau progres perkembangan investasi yang Anda miliki.