Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Pelajari Analisa Bisnis Susu Kurma Serta Ide Menarik Lainnya!

Barangku.id - Bisnis susu kurma saat ini berpeluang menjadi bisnis dengan untung yang menjanjikan, mengapa? Tingginya minat yang ditunjukkan oleh konsumen, membuat para pebisnis pun mulai tertarik. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya pemula yang mencoba memulai bisnis tersebut.

Namun perlu diketahui juga, untuk dapat membuat bisnis tersebut besar dan sukses tentu ada cara yang dilakukan tiap orang. Mengingat bisnis minuman yang banyak dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti selera dan gaya hidup. Berikut ulasan lebih lengkapnya yaitu:

Bisnis Minuman Susu Kurma

Termasuk ke dalam salah satu buah yang paling difavoritkan banyak orang, pengolahan kurma pun sudah banyak dilakukan. Jika biasanya buah kurma dimakan secara langsung, kini kurma bisa dijadikan olahan susu.

Bisnis olahan dari kurma juga sangat beragam tidak hanya minuman tetapi makanan lainnya. Saat ini banyak pelaku usaha yang mulai mencoba peruntungan dari bisnis susu kurma karena banyak pecinta dari minuman tersebut.

Baca juga: Ide usaha makanan kekinian modal kecil

Hal ini membuat peluang untung yang diperoleh pun besar. Pasalnya selain enak, minuman yang satu ini juga sangat banyak manfaat kesehatannya.

Analisa Bisnis Susu Kurma

susu kurma untuk jualan
Bisnis minuman susu kurma

Dalam sebuah bisnis yang namanya analisa diperlukan untuk menghitung untung rugi serta strategi yang akan diambil nantinya. Mengingat setiap bisnis harus disesuaikan dengan target konsumen. Berikut analisa yang bisa dilakukan pada bisnis susu yang satu ini, di antaranya yaitu:

1. Modal

Hal yang pertama kali perlu dianalisa adalah modal awal yang dibutuhkan oleh seorang dalam membangun bisnis. Terlebih lagi bisnis susu kurma yang bahan dasarnya tidak berasal dari Indonesia. Kurma sendiri mempunyai harga yang beragam.

Hal ini tentu disesuaikan dengan jenis kurma yang akan dibuat sebagai susu. Untuk kurma dengan jenis yang paling murah saja dibanderol dengan harga sekitar 30 ribu per kilogramnya. Jenis kurma yang paling murah di pasaran tersebut biasanya adalah kurma Madinah.

Jika anda membutuhkan supplier kurma yang berkuliatas dengan harga murah bisa langsung hubungi kami di nomer WA berikut 081311385908. Kita siap mensuplai dari berbagai jenis kurma yang anda butuhkan. 

Baca juga: Cara memulai usaha minuman susu varian rasa

Modal dari bahan dasar saja sudah terbilang cukup mahal, belum lagi bahan bahan pencampur susu. Tentu ada beberapa bahan dasar tambahan lainnya yang dimasukkan ke dalam susu selain kurma. Jika berdasarkan modal awal saja diperkirakan lebih dari 500 ribu.

2. Biaya Peralatan

Selanjutnya setelah bahan dasar yang sudah diperkirakan, tentu dalam proses pembuatan susu kurma ada peralatan yang dibutuhkan. Bisnis susu kurma tidak akan berjalan tanpa adanya peralatan yang memadai. Berikut beberapa analisa peralatan yang dibutuhkan di antaranya yaitu:
  • Gelas.
  • Wadah.
  • Meja dan kursi.
  • Blender.
  • Sendok.
  • Peralatan tambahan lainnya.
Berdasarkan analisa peralatan yang terdapat didalamnya bisnis tersebut diperkirakan menghabiskan biaya kurang dari 2 juta rupiah. Peralatan tersebut tentu bukan salah satu pengeluaran tetap. Mengingat peralatan adalah komponen utama yang paling dasar dari sebuah bisnis.

Biaya peralatan yang dikeluarkan oleh setiap pelaku bisnis tentu berbeda beda. Terlebih lagi di beberapa wilayah harga atau peralatan yang dijual tidaklah sama, sehingga perbedaan tingkat harga sudah pasti ada. Namun biasanya peralatan yang dipakai untuk produksi tidak jauh berbeda.

Baca juga: Perlengkapan usahaa Thai Tea yang wajib ada

3. Biaya Variabel

Selanjutnya analisa bisnis susu kurma adalah biaya variabel yang harus dikeluarkan oleh para pemula. Biaya variabel ini terdiri dari bahan tambahan yang menjadi pelengkap dalam menghasilkan susu kurma. Untuk variabel tambahan ini terkadang disesuaikan dengan selera dan juga varian yang dihasilkan.

Pada umumnya analisa untuk biaya variabel berkisar antara 3 hingga 4 juta rupiah. Mengingat bahan tambahan yang termasuk ke dalamnya ada seperti es batu, yoghurt, madu, gula, susu dan lainnya. Belum lagi ditambah biaya ongkos yang perlu dikeluarkan.

Namun untuk biaya variabel ini, pada umumnya akan mengikuti dengan trend minuman atau makanan terkini. Hal ini tentu akan berpengaruh terhadap bisnis susu. Pasalnya saat ini, banyak dari sebagian besar konsumen ingin update dalam segala hal termasuk pilihan minuman.

4. Keuntungan Bulanan

Berdasarkan jumlah keseluruhan beserta analisa yang dilakukan, susu kurma sangat menguntungkan. Pasalnya dalam per bulan, untung yang dapat diperoleh bisa mencapai 700 ribu rupiah. Keuntungan tersebut merupakan keuntungan bersih yang telah dikeluarkan dari hitungan modal.

Setelah mengetahui keuntungan bulanan yang diperoleh, setiap penghasilan yang dihasilkan tentu beragam. Terlebih lagi, lokasi yang dipilih sebagai tempat berjualan. Jika letaknya strategis maka, akan mempengaruhi keuntungan bulanan.

Baca juga: Tips jualan jeruk peras

5. Masa Balik Modal

Terakhir, analisa yang penting untuk diketahui oleh para pemula yaitu modal kembali. Dalam menjalankan bisnis susu, berdasarkan untung bulanan yang diperoleh, modal bisa kembali dengan cepat. Tidak cukup sampai 4 bulan modal awal yang dikeluarkan bisa kembali tentunya.

Balik modal ini menjadi analisa yang dipakai oleh setiap orang dalam menentukan keberhasilannya. Jika modal yang dikeluarkan dalam membangun bisnis tidak kembali dalam jangka waktu yang diharapkan maka, merugi. Oleh sebab itu, masa balik modal harus benar benar diperhitungkan.

Begitulah kira kira analisa yang harus dipahami oleh setiap pebisnis susu kurma saat ini. Jangan sampai karena ingin mengikuti trend bisnis terbaru, perhitungan yang dilakukan salah. Pastikan untuk menganalisa setiap hal secara terperinci sebelumnya.

Ide Bisnis Susu Kurma yang Perlu Diterapkan

Dalam menjalankan sebuah bisnis terlebih lagi olahan kurma tentu harus ada ide kreatif yang dikeluarkan. Pasalnya persaingan dalam menjajakan minuman kini sudah sangat banyak. Berikut beberapa ide yang dapat dicoba dalam menjalankan bisnis susu agar laku, di antaranya yaitu:

1. Membuat Toping Tambahan

Ide bisnis susu kurma bisa berjalan dengan baik jika menciptakan atau pun menghadirkan toping tambahan. Layaknya minuman yang saat ini tengah naik daun. Para pelaku usaha juga harus kreatif dalam mengembangkan ide.

Baca juga: Tips jualan jus unik dan kekinian

Toping yang dapat digunakan sebagai pelengkap dari susu kurma sangat banyak. Pemberian toping tersebut bisa menggunakan bahan dasar buah buahan ataupun snack. Contohnya seperti pemberian ceres, choco chip atau pun boba.

2. Memberikan Kemasan

Kekinian Selanjutnya ide bisnis dari minuman yang satu ini dapat dikembangkan dari kemasan atau tampilannya. Hal tersebut dapat memberikan pengaruh besar pada penjualan produk. Pasalnya, banyak saat ini calon konsumen yang melakukan pembelian lewat kemasan yang menarik.

Berbeda halnya dengan minuman yang dibungkus ala kadarnya. Minat serta antusias dari konsumen terhadap produk pun tidak akan tinggi. Mengingat saat ini banyak konsumen yang peduli terhadap tampilan luar ketimbang rasa dari minuman tersebut.

3. Mengiklankan

Pada Berbagai Sosial Media Terakhir, setiap pelaku usaha yang baru memulai sebuah bisnis dapat mulai melakukan promosi. Berkembangnya zaman saat ini, media promosi yang bisa dipakai pun sudah sangat berkembang. Berbagai ide untuk mengembangkan promosi produk pun bisa dilakukan.

Baca juga: Inilah usaha dagang yang laku setiap hari

Begitulah ide bisnis susu kurma yang dapat coba diterapkan pada usaha yang akan atau sedang dirintis. Dalam mengembangkan berbagai ide tersebut, pelaku bisnis hanya perlu menjadi kreatif. Pasalnya kini kualitas saja tidak akan menjamin keberhasilan produk.

Itulah penjelasan tentang bisnis susu kurma yang bisa dipelajari lebih mendalam. Bukan hanya sekedar untuk mempelajarinya saja, jika tertarik analisa seperti yang telah dijelaskan pun harus dipertimbangkan. Memungkinkan keberhasilan dalam bisnis pun bisa didapatkan.