Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Ternyata Ini Perlengkapan Jualan Thai Tea yang Wajib Ada!

Thai tea memang minuman yang sedang happening saat ini. Memulai usaha Thai tea tentu peluang yang menarik. Namun, sebelumnya ketahui terlebih dahulu apa saja perlengkapan jualan Thai tea yang perlu disiapkan.

Lantas, apa saja yang harus sudah siap sebelum memulai usaha Thai tea? Berikut penjelasan lengkapnya:

peralatan jualan thai tea
Perlengkapan untuk jualan thai tea

1. Gerobak/Booth

Hal utama yang perlu dipikirkan dan dipersiapkan sebelum memulai usaha tentu saja tempat, baik berupa Booth ataupun gerobak. Meskipun saat ini berjualan jamak dilakukan secara online, namun booth masih memiliki peran penting. Pasalnya, booth bisa dimanfaatkan sebagai sarana pemasaran secara offline.

Baca juga: Rincian modal usaha alpukat kocok dan strategi penjual

Agar booth terlihat menarik, maka fokuskan pada desain yang eye catching. Tidak perlu terlalu mahal, asalkan booth tampak kekinian dan menarik. Dengan demikian, akan menjadi magnet bagi para pembeli.

Berikut gambaran spesifikasi harga booth:

1. Gerobak atau booth berbahan aalumunium berukuran 100 x 50 cm = Rp. 1.750.000
2. Gerobak atau booth berbahan kayu klasik berukuran 100 x 60 cm = Rp. 2500.000
3. Gerobak atau booth berbahan dari kontainer rendy berukuran 100 x 50 cm = Rp. 3.000.000

Itulah sedikit gambaran dari harga dan spesifikasi gerobak atau booth yang ada dipasaran. Untuk memulai usaha Thai Tea disarankan Anda memilih booth yang berukuran kecil, apa lagi jika Anda akan menyewa lokasi di depan minimarket.

2. Cup

Usaha minuman ringan pasti tidak terlepas dengan kebutuhan wadah produk itu sendiri. Pada umumnya, Thai tea dijual dalam cup kemasan. Sedangkan, untuk ukuran yang sering dipakai oleh pelaku usaha minuman kekinian adalah 14 hingga 16 oz.

Agar tampilannya semakin menarik, bisa juga menambahkan sablon berupa nama usaha atau stiker pada cup tersebut. Namun, perhatikan pula kualitas dan biaya untuk penyablonan cup. Apabila memang masih merintis dengan modal terbatas, maka sablon dan stiker pada cup bisa di skip.

3. Toples

Toples menjadi kebutuhan yang cukup penting yang perlu dilengkapi. Wadah ini berguna sebagai penyimpan bahan-bahan thai Tea, yang terdiri dari teh Thailand, varian rasa, gula, susu bubuk, dan lain-lainnya.

4. Teko Air

Dalam menjalankan usaha jualan Thai Tea Anda perlu menyiapkan air panah yang berguna untuk menyeduh teh. Nah di sinilah peran teko air.

Pilihlah teko air yang dikira-kira cocok untuk sesuai dengan kegunaanya atau mungkin ada teko kusus yang tersedia dipasaran.

5. Kompor Portable

Fungsi kompor portable di sini tentu untuk memasak air atau agar air tetap dalam kondisi hangat saat dibutuhkan. 

Gunakan kompor portable yang modelnya ringkas agar tidak terlalu memakan tempat.

6. Lid Sealer

Meskipun beberapa cup sudah satu paket dengan tutupnya, namun alangkah lebih baik jika menggantinya dengan Lid Sealer. Pasalnya, tutup cup cenderung tidak rapat, sehingga mengakibatkan minuman menjadi mudah tumpah.

Biasanya, ada cup yang sengaja dijual terpisah dengan tutupnya, dan harganya pun lebih terjangkau. Untuk itu, pilihlah cup tanpa tutup dan menggantinya dengan Lid Sealer untuk menjaga kualitas dan keamanan produk.

7. Cup Sealer

Jika menggunakan Lid Sealer, maka perlengkapan jualan Thai tea berikutnya yang wajib disediakan adalah Cup Sealer. Bagaimana tidak, tanpa cup Sealer, tentu Lid tidak bisa direkatkan pada gelas minuman.

Namun, sekali lagi alat ini juga opsional karena tergantung pada jenis tutup cup yang digunakan. Apabila menggunakan tutup asli dari cup tersebut, maka tidak perlu memakai alat ini, dan sebaliknya.

Untuk melengkapin usaha jualan Thai Tea bisa baca juga rekomendasi usaha kuliner yang menjadikan dengan modal kecil paling laris 

8. Blender atau Shaker

Pada dasarnya, minuman Thai tea merupakan campuran dari susu dan teh. Umumnya, kedua bahan tersebut dicampur menggunakan proses mixing. Oleh karena itu, dibutuhkan alat pencampur, baik itu blender ataupun shaker.

Untuk harga yang lebih ekonomis, maka bisa menggunakan shaker dalam pembuatan Thai tea. Namun, sebaliknya jika ingin menghemat tenaga, maka bisa memilih blender sebagai alat pencampurnya.

9. Timbangan dan Teko Takar

Untuk membuat minuman dengan rasa yang pas dan sesuai, tentu diperlukan takaran yang pas dalam pembuatannya. Untuk itu, diperlukan timbangan serta teko takar untuk menakar setiap bahan yang dipakai untuk meracik Thai tea.

Pilihlah jenis timbangan digital karena jauh lebih mudah dan akurat untuk dipakai menimbang berat. Apalagi Thai tea memerlukan proses yang detail, sehingga sangat cocok menggunakan timbangan digital yang bisa menghitung per gram takaran.

10. Serba-serbi

Terakhir, siapkan serba-serbi yang dipakai dalam berjualan Thai tea, seperti sedotan untuk memudahkan menikmati Thai tea. Kemudian ada plastik atau kresek sebagai alat pembungkusnya, saringan untuk menyaring racikan Thai tea yang telah dibuat, dan cool box untuk menyimpan es batu.

Itulah tujuh perlengkapan jualan Thai tea yang wajib disiapkan sebelum mulai terjun. Pasalnya, meskipun terlihat sepele, namun persiapan ini ternyata cukup rumit. Bagaimana tidak, perlengkapan yang dibutuhkan tergolong sangat bermacam-macam.

Untuk memperlancar jalannya usaha jualan Thai Tea simak juga kiat sukses usaha kuliner agar makin laris manis.

Kami ucapkan terimakasih sudah berkunjung ke blog kami Barangku.id. Semoga bermanfaat dan jumpa lagi di artikel lainnya.