Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Usaha Pendamping Konter Pulsa yang Prospek untuk Dijalankan

Barangku.id - Membuka konter pulsa tergolong sangat menguntungkan. Hal ini dikarenakan pulsa sudah menjadi golongan kebutuhan masyarakat sebagai alat pembayaran komunikasi berupa telepon dan SMS. Jika ingin membuka usaha ini, maka harus tahu juga tentang usaha pendamping konter pulsa yang bisa dijalankan.

Dengan menjalankan usaha pendampingnya, maka jumlah keuntungan yang didapat akan jauh lebih banyak. rincian barang yang harus dijual di konter pulsa juga harus diketahui. Untuk semua detailnya, simak uraian berikut ini:

Barang yang Harus Ada di Konter Pulsa

Sebelum melangkah pada informasi tentang usaha pendamping konter pulsa, maka harus tahu barang yang harus ada di konter pulsa secara lengkap. Dengan mengetahui rincian ini, maka bisa ditentukan usaha pendamping apa yang menjanjikan dan bisa dipilih.

Sebenarnya barang-barang yang bisa dijual di konter pulsa juga masih ada kaitannya dengan barang elektronik. Jika dirinci, setidaknya ada lima barang lain yang harus ada dan harus dijual di konter pulsa sebagai barang pelengkap. Berikut barang selain pulsa yang bisa dijual:
  • Paket kuota internet yang paling lengkap dari berbagai provider.

  • Kabel data dan charger HP segala tipe.

  • Power bank dengan berbagai daya.

  • Anti gores HP dengan berbagai ukuran.

  • Casing HP dengan berbagai tipe dan motif.

Rincian barang tersebut tentunya bisa dipilih dan bisa dijadikan barang utama yang dijual di konter pulsa. Biasanya, masyarakat akan mencari barang-barang tersebut di konter pulsa untuk dibeli. Oleh sebab itu, pastikan untuk menyediakannya.

Usaha Pelengkap Konter

Usaha Pendamping Konter Pulsa
Berikut daftar usaha pendamping konter pulsa 

Setelah mengetahui rincian barang tersebut, maka bisa diketahui juga golongan usaha pendamping konter pulsa apa yang cocok untuk dijalankan. Pastinya usaha yang dipilih tidak akan sama dengan barang-barang yang sudah dirincikan tersebut.

Setidaknya ada delapan usaha pelengkap konter yang bisa dijalankan. Penasaran apa saja usahanya dan rincian penjelasannya? Untuk mengetahui daftar dan penjelasannya, simak pembahasan yang ada di bawah ini secara menyeluruh:

1. Servis HP

Usaha pertama yang direkomendasikan adalah usaha servis HP. Dengan menjalankan usaha ini, maka pemilik konter pulsa akan mendapat keuntungan yang besar. Hal ini dikarenakan jasa servis HP dengan skill mumpuni tidak mudah ditemukan.

Baca juga: Cara jualan voucher kuota internet

Jadi jika menjalankan usaha ini, keuntungannya akan besar dan bisa menambah omset. Namun untuk menjalankannya, pastikan skill yang dimiliki sudah baik dan mumpuni. Jangan sampai membuka jasa servis tanpa tahu mengenai proses pembetulannya.

Hal ini tentunya akan sangat disayangkan karena bukan kepuasan konsumen yang didapat namun justru kerugian. Kalau memang tidak bisa melakukannya sendiri, cari tenaga kerja yang kompeten dan yang bisa menyelesaikan perbaikan dengan baik.

2. Jual Bensin

Jika membuka usaha konter pulsa di rumah, maka usaha yang disarankan adalah berjualan bensin. Usaha pendamping konter pulsa rumahan ini akan sangat menguntungkan karena akan selalu dibutuhkan oleh masyarakat.

Berjualan pulsa dengan bensin juga sudah sering dilakukan dan sudah menjadi suatu hal umum. Jadi masyarakat yang membutuhkan bensin bisa langsung datang ke konter pulsa untuk membeli bensinnya. Jika dilakukan secara konsisten, usaha jual bensin ini akan memberi keuntungan besar.

3. Rental PS

Pilihan lain yang bisa dibuka adalah usaha rental PS. Meski game mobile sudah berkembang, namun PS masih menjadi pilihan banyak pihak. Jika memiliki modal yang besar, maka usaha ini bisa dipilih untuk meraih lebih banyak keuntungan.

Baca juga: Keuntungan bisnis konter Hp yang menjanjikan

Usaha ini akan sangat pas dengan usaha konter pulsa. Jadi selain menjual pulsa di konter, pemilik usaha juga bisa menunggu rental PS yang dimilikinya. Konsep ini tentunya akan memudahkan dan menguntungkan di saat yang bersamaan.

4. Usaha Fotocopy

Membuka usaha fotocopy juga bisa dijadikan alternatif lainnya selain berjualan pulsa. Usaha ini juga masuk dalam golongan usaha yang sangat dibutuhkan di berbagai wilayah. Oleh karenanya, usaha ini jangan sampai disepelekan begitu saja.

Selain itu, usaha fotocopy juga tidak membutuhkan ruang yang terlalu banyak. Jadi usaha konter pulsa tidak akan terganggu dan masih bisa dijalankan secara bersamaan. Perlengkapannya juga tergolong sedikit, karena aspek yang dibutuhkan paling utama adalah mesin fotocopynya.

5. Jual Peralatan Elektronik

Selain jual pulsa jual apalagi? Jika masih menanyakan hal ini, maka jawabannya adalah menjual peralatan elektronik. Jika pemilik usaha sudah memiliki cukup modal, maka usaha ini akan sangat menjanjikan dan pas untuk dijalankan.

Barang yang bisa dijual tentunya banyak. Misalnya speaker, CCTV, Hp, tablet, atau bahkan barang-barang yang lainnya. Jika menjual barang-barang ini, maka akan sangat pas dan masih ada kaitannya dengan pulsa yang dimanfaatkan dalam barang elektronik.

Baca juga: Perhitungan modal bisnis konter pulsa dan seluler

Selain menjual barang yang baru, pemilik usaha juga bisa menjual barang yang sudah bekas. Saat ini HP bekas juga masih sering dicari karena berbagai alasan. Namun tidak hanya HP, barang yang lainnya juga sama dan sering dicari meski sudah bekas.

6. Jual Makanan dan Minuman Ringan

Usaha pendamping konter pulsa lainnya adalah usaha jualan makanan dan minuman ringan. Produk-produk semacam ini tidak pernah sepi peminat dan selalu dibutuhkan oleh berbagai kalangan. Oleh karenanya, tidak heran jika berjualan makanan dan minuman juga sangat menguntungkan.

Selain itu, produk-produk ini juga sering dibeli dalam berbagai kondisi. Misal ada pembeli pulsa yang membawa anak kecil, maka biasanya juga akan terpengaruh dengan makanan dan minuman yang dijual. Akhirnya, pembeli juga akan membeli produk-produk tersebut.

Semakin banyak jenis makanan dan minuman yang dijual, maka pembeli pulsa juga akan tertarik. Meski hanya usaha pendamping, namun menjual produk-produk ini tetap harus fokus. Dengan demikian, keuntungan yang didapat juga semakin besar.

7. Jual Token Listrik

Pilihan lainnya adalah dengan menjual token listrik. Usaha yang satu ini tergolong sangat fleksibel dan tidak membutuhkan banyak biaya, tenaga, atau bahkan tempat. Aspek yang dibutuhkan oleh pemilik konter hanya perangkat dan saldo token listrik untuk dijual.

Jadi meskipun konter yang dimiliki masih kecil dan rumahan, namun usaha ini akan sangat pas untuk dipilih. Kebutuhan token listrik yang terus meningkat juga menjadi alasan lain kenapa usaha ini menjadi satu golongan yang sangat direkomendasikan untuk dijalankan.

Baca juga: Tips membuka bisnis konter pulsa modal minim

8. PPOB dan Top Up Game

Golongan usaha lain yang direkomendasikan adalah usaha payment point online bank atau yang biasa dinamai dengan PPOB. Bagi yang memiliki konter pulsa di desa, usaha pendamping yang satu ini akan sangat pas untuk dipilih.

Hal ini dikarenakan di desa akan sulit untuk melakukan pembayaran kebutuhan yang berkaitan dengan bank. Alasannya karena lokasi yang jauh dan masyarakat yang belum terlalu paham dengan teknologi. Oleh sebab itu, PPOB akan sangat pas untuk dijalankan.

Selain membuka usaha PPOB, akan sangat pas jika ditambah dengan membuka jasa top up game. Usaha ini akan menjadi menguntungkan karena saat ini semakin banyak kalangan yang memainkan game dengan sistem pembelian diamond.

Daftar usaha pendamping konter pulsa yang sudah dijabarkan di atas tentunya bisa dijadikan pertimbangan untuk dipilih. Karena semua usaha memiliki perhitungan modal masing-masing, maka pastikan untuk menghitungnya dahulu sejak awal.