Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Inilah Cara Menghitung Keuntungan Jualan Pulsa Tanpa Waktu Lama

Barangku.id - Menjalankan sebuah bisnis seperti jualan pulsa tentu tidak lepas dengan mempertimbangkan berapa keuntungan yang akan didapatkan nantinya. Dimana cara menghitung keuntungan jualan pulsa tidak terlalu rumit dilakukan. Seseorang hanya perlu melihat dari modal awal yang digunakan dengan biaya transaksi.

Sebelum menghitung keuntungan yang akan diperoleh, seseorang harus menentukan berapa biaya transfer ke konsumen. Dengan menentukan biaya ini tentu akan memudahkan untuk menghitung keuntungan tersebut. Karena keuntungan tersebut nantinya akan dijadikan modal kembali atau hal lainnya.

Baca juga: Begini cara jualan coucher kuota internet dengan mudah

Cara Menghitung Keuntungan Jualan Pulsa

cara menghitung keuntungan jualan pulsa
Cara menghitung keuntungan usaha pulsa

Meskipun keuntungan yang bisa didapatkan dari jualan pulsa ini tidak terlalu besar, namun seseorang tetap harus menghitungnya. Dimana cara menghitung keuntungan cukup mudah dilakukan. Penjual bisa menghitungnya berdasarkan harga penjualan pulsa dengan harga aslinya.

Misalnya saja, distributor membeli pulsa Rp5.000 sebesar Rp4.900 sehingga bisa menjual pulsa Rp5.000 ke konsumen seharga Rp6.000. Cara menghitung keuntungan yang didapatkan setiap kali transaksi ke konsumen dalam jumlah kecil sebagai berikut:

Harga penjualan – Harga Asli = Laba

Rp 6.000 – Rp 5.000 = Rp 1.000

Baca juga: Cara jualan pulsa lewat SMS dan cara transaksinya

Jadi, dapat dikatakan jika keuntungan yang didapatkan setiap kali melakukan transaksi ke konsumen sebesar Rp1.000. Keuntungan yang didapatkan ini bisa dikali dengan jumlah transaksi pulsa Rp5.000 ke konsumen. Olehnya itu, distributor harus mengetahui penghitungan keuntungan tersebut.

Kelebihan Menjual Pulsa

Setelah mengetahui cara menghitung keuntungan jualan pulsa tentu ada alasan lain distributor ingin menjual pulsa. Dimana alasan lain yang dimiliki ini tentu dilihat dari segi kelebihan bisnis tersebut. Untuk itu, berikut penjelasan terkait dengan kelebihan menjual pulsa:

1. Modal Relatif Kecil

Masalah modal yang dibutuhkan apabila seseorang ingin melakukan penjualan pulsa tentu tidak terlalu banyak. Dimana seseorang bisa memulai bisnis ini dengan modal Rp200.000 saja. Nantinya keuntungan yang diperoleh berdasarkan dengan transaksi pembelian dari konsumen.

Baca juga: Strategi usaha konter Hp yang wajib diterapkan sejak dini

2. Sistem Promosi yang Cukup Mudah

Setiap bisnis yang dijalankan tentu membutuhkan sistem promosi agar bisnis tersebut dapat berkembang dan diketahui orang banyak. Begitupun dengan bisnis jual pulsa ini yang membutuhkan sistem promosi namun tidak terlalu sulit. Dimana sistem promosinya bisa melalui brosur di sosial media.

3. Produknya Selalu Dicari

Memang menguntungkan dan menjanjikan apabila seseorang menekuni penjualan pulsa ini. Bagaimana tidak, produk pulsa tentu selalu dicari dan dibutuhkan setiap saat. Dengan begitu, bisnis ini akan tetap laku meskipun saat ini kebanyakan masyarakat menggunakan kuota internet.

4. Penjualan Dapat Dilakukan Dimana Saja

Hal menarik dari bisnis ini karena seseorang bisa melakukannya dimana saja dan kapan pun. Namun yang paling penting, seorang distributor harus mempunyai akses internet yang stabil agar proses penjualan dapat dijalankan. Karena kebanyakan distributor menjual pulsa melalui aplikasi khusus.

Baca juga: Resiko usaha konter pulsa yang perlu diketahui sebelum memulai

5. Kerugian yang Minim

Masalah kerugian dalam menjalankan setiap bisnis tentu berpotensi. Namun jika memilih menjalankan usaha untuk penjualan pulsa tentunya kerugian yang diperoleh dapat dikatakan sangatlah minim. Memang keuntungannya tidak banyak namun masih tetap seimbang dengan kerugian yang bisa diperoleh.

6. Target Pasar Luas

Jika ingin memulai untuk menjalankan sebuah bisnis, seseorang tentu harus mengetahui bagaimana target pasarnya. Memilih bisnis ini tentu mempunyai target pasar yang begitu luas. Bagaimana tidak, seseorang menggunakan pulsa tidak memandang dari segi usia, selama orang tersebut mempunyai HP.

Baca juga: Ide bisnis usaha modal 1 juta di kampung

Itulah penjelasan terkait dengan cara menghitung keuntungan jualan pulsa yang dapat dilakukan seorang distributor. Memang menghitung keuntungan yang diperoleh ini sangat wajib sehingga bisa memisahkan keuntungan dengan modal. Cara penghitungannya pun cukup mudah dan tidak butuh waktu lama.