Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perhitungan Modal Bisnis Konter Pulsa dan Kartu Seluler

Usaha konter sering kali dianggap remeh oleh sebagian kalangan karena keuntungannya kecil. Padahal jika ditekuni sebagai sampingan, bisa menjadi ladang pendapatan baru. Yuk, cek perhitungan modal bisnis konter pulsa dan kartu seluler, di sini.

Melalui perhitungan yang tepat dan bijak, Anda dapat membuka peluang meraih omzet besar. Kasus penjual pulsa mengalami kerugian, paling sering disebabkan oleh perhitungan modal dan pencatatan pemasukkan. Mengapa demikian?

Perhitungan Modal Bisnis Konter Pulsa dan Kartu Seluler Modal Minim

Perhitungan Modal Bisnis Konter Pulsa dan Kartu Seluler
Modal usaha konter pulsa dan kuota.
Foto: Canva.com
Salah satu trik meraih keuntungan dari penjualan pulsa adalah menghitung modal awal. Hal ini berguna untuk menentukan harga jual per nominal dan jenis operator.

Misalnya customer membeli pulsa dari operator Telkomsel Rp10.000, kira-kira berapa harga jualnya? Jika asal memberi harga pada pembeli, maka Anda bisa merugi. Pasalnya, keuntungan penjualan akan didapat dari dari selisih harga beli dengan jual.

Tujuan lain mengakumulasikan modal untuk melihat kisaran pendapatan yang dihasilkan per bulan. Sekaligus, sebagai bahan evaluasi apabila mengalami kerugian.

Umumnya, menentukan harga jual barang menggunakan dua jenis biaya yakni tetap dan variabel. Simak informasi berikut modal usaha konter pulsa dan kuota agar lebih paham.

Tentukan Biaya Tetap

Dalam kewirausahaan pemilik usaha perlu menentukan harga jual produk atau jasa, sebelum mulai berbisnis. Salah satu cara mendapatkan harga tersebut, melalui perhitungan biaya tetap.

Melansir dari Tokopedia, pengertian biaya tetap adalah pengeluaran yang nominalnya tidak berubah. Misalnya, harga sewa tempat, gaji karyawan dan sebagainya.

Meskipun terbilang usaha kecil, tetapi ada sejumlah biaya tetap yang harus Anda keluarkan, yaitu sebagai berikut.

1. Sewa Ruko untuk Konter

Apabila ingin serius berbisnis, maka diperlukan tempat untuk menjalankan usaha. Anda dapat menyewa di lokasi strategi dengan ukuran luas tertentu.

Sewa ruko juga berperan sebagai alat promosi ke masyarakat sekitar. Selain menggunakan banner atau pemasaran mulut ke mulut.

Biaya yang diperlukan tentu beragam, tetapi ditaksir mulai dari Rp2,5 jutaan. Pastikan luasnya cukup untuk menaruh etalase dan kursi.

Namun, jika Anda ingin menghemat modal dapat dilakukan secara mobile. Jadi tanpa ruko pun, bisa menghasilkan pendapatan.

2. Furniture Penunjang Bisnis

Kartu perdana yang sudah dibeli harus ditata sebaik mungkin. Tujuannya agar pembeli bisa memilih sesuai kebutuhan dan terlihat menarik.

Oleh karena itu, Anda membutuhkan etalase berukuran sedang untuk menyimpan semua produk dan peralatan penunjang. Misalnya, buku catatan dan handphone.

Harga etalase bervariasi sekitar Rp 500 ribuan. Sedangkan kursi sekitar Rp40-Rp100 ribuan saja. Usahakan pilih kualitas bagus harga terjangkau.

3. Handphone

Anda membutuhkan handphone untuk mengirimkan pulsa ke pelanggan. Walaupun smartphone memang bisa digunakan, tetapi lebih nyaman menggunakan seluler lama.

Tak perlu membeli baru, di loka pasar tersedia beragam handphone merk ternama dengan harga terjangkau. Satu unit dijual Rp150-Rp400 ribuan.

4. Listrik

Konter yang buka di malam pasti perlu listrik. Tanpa adanya penerangan, toko Anda bisa dianggap tutup oleh pelanggan. Akibatnya, peluang mendapatkan untung lebih besar jadi tertutup.

Biaya listrik juga patut dipertimbangkan. Buatlah estimasi berapa minimal dana yang harus keluar untuk membayar listrik, misalnya Rp150 sebulan. Apabila Anda tinggal di konter, kemungkinan biaya ikut bertambah

Hitung Biaya Variabel

Satu istilah populer untuk menentukan harga jual yaitu biaya variabel. Pengeluaran apa saja yang termasuk?

Menurut Otoritas Jasa Keuangan melansir dari Kompas, biaya variabel adalah pengeluaran yang nilainya selalu berubah. Biasanya dipengaruhi oleh harga produksi barang atau jasa.

Jadi, jika harga beli pulsa dari operator sedang tinggi, artinya biaya variabel Anda juga ikut naik daripada bulan kemarin. Lebih jelasnya, simak pembahasan di bawah ini.

1. Deposit Kuota

Setiap pemilik konter selalu memiliki deposit kuota di dalam handphone. Ketika ada yang membeli, Anda hanya perlu mengirimkan kuota sesuai permintaan.

Misalnya, pelanggan membeli kuota internet Rp20 ribu. Maka jumlah deposit kuota otomatis langsung terpotong setelah transaksi berhasil. Besaran harga disesuaikan dengan kebutuhan, tarif untuk konter pulsa isi kuota mulai dari Rp100 ribu.

2. Biaya Deposit Pulsa

Sama halnya dengan kuota, Anda harus membeli deposit pulsa di agen utama. Handphone akan dikirimkan deposit untuk dijual kembali.

Jadi, saat pembeli ingin mengisi Rp10 ribu, saldo deposit langsung berkurang. Anda wajib mengisi ulang agar setiap transaksi berjalan lancar. Biaya pengisian tergantung kebutuhan, biaya paling kecil Rp100 ribuan.

3. Biaya Kartu Perdana All Operator dan Kuota

Sebelum menyimpan persediaan kartu perdana, pertimbangkan dulu dengan matang. Kartu dari semua operator memiliki kadaluarsa sehingga jangan terlalu banyak membeli.

Sebaiknya pilih operator yang populer agar cepat laku. Biaya untuk membeli kartu seluler sekitar Rp 500 ribuan.

4. Tentukan Budget Promosi

Promosi yang baik dan tertarget mampu menyumbang pendapatan. Oleh karena itu, demi meningkatkan penjualan tentukan biaya promosi.

Mulailah dari budget kecil dan cobalah maksimalkan. Hindari modal promosi lebih besar daripada pendapatan nantinya.

Secara konvensional gunakan banner atau spanduk. Sementara cara daring, buatlah konten atau poster untuk promosikan usaha.

Pemasaran via online tak membutuhkan biaya besar hanya perlu kuota internet. Sedangkan, pembuatan banner umumnya sekitar Rp150 ribuan.

Berapa Estimasi Modal yang Wajib Ada?

Setelah menuliskan kebutuhan dan estimasi biaya, yuk akumulasikan modal sesuai harga di atas. Siapkan buku dan pulpen untuk mencatat pengeluaran.
  • Biaya sewa Rp2.500.000
  • Etalase dan kursi Rp600.000
  • Handphone Rp200.000

  • Listrik Rp150.000

  • Deposit kuota Rp100.000

  • Deposit pulsa Rp100.000

  • Kartu perdana Rp500.000

  • Promosi Rp150.000
Total pengeluaran mencapai Rp3.850.000. Biaya di samping hanya sebatas estimasi saja. Banyaknya deposit yang dibeli dan perlengkapan, memengaruhi total modal Anda.

Gambaran tersebut juga bisa Anda contoh, jika ingin melakukan perhitungan keuntungan bisnis konter hp dan aksesori.

Cara Bisnis Konter Pulsa Hemat

Jika perhitungan modal bisnis konter pulsa dan kartu seluler di atas masih tergolong banyak. Sesuaikan dengan tujuan dan keinginan Anda berbisnis. Sebagai pertimbangan, cek tips membuka konter pulsa modal minim, berikut.
  1. Sesuaikan dengan target pasar, jika sasaran pelanggan teman kampus maka tidak perlu menyewa konter lebih dulu

  2. Minimalkan pengeluaran listrik. Di siang hari usahakan mematikan saklar agar irit

  3. Gunakan pendingin udara alami atau irit listrik

  4. Hindari membeli furniture berlebihan untuk memperindah tampilan konter

  5. Perbanyak variasi produk seperti aksesori ponsel

Mengapa Bisnis Konter Pulsa Menguntungkan?

Bayangkan ada 10 pelanggan Axis membeli pulsa sebesar Rp20 ribu. Harga sekali pengisian dari operator tersebut hanya Rp 19 ribu. Setelah transaksi berhasil, Anda memberikan harga jual Rp22 ribu. Jika dilihat masih ada Rp3 ribu.

Selisih Rp3 ribu itu adalah keuntungan Anda. Selanjutnya, kalikan dengan banyaknya transaksi. Total Rp 30 ribu sehari dari satu operator. Makin banyak pelanggan yang datang, keuntungan pun bertambah.

Kesimpulannya, walaupun omzetnya sedikit, bisnis konter pulsa di desa tetapi jika ditekuni, bisa memberikan penghasilan tambahan.

Itulah informasi seputar perhitungan modal bisnis konter pulsa dan kartu seluler wajib Anda tahu. Kini tak perlu menunggu lagi menambah penghasilan sampingan. Dari rumah saja bisa!