Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Strategi Usaha Konter Hp yang Wajib Diterapkan Sejak Dini

Barangku.id - Ketatnya persaingan bisnis konter hp membuat para pelaku usaha harus mengasah kreativitasnya. Untuk itu diperlukan strategi usaha konter hp yang tepat sehingga tetap mampu bersaing dan bertahan. Pemilik usaha perlu pandai-pandai dalam mengamati situasi sehingga konter ramai pengunjung.

Konter hp termasuk tempat yang banyak dicari masyarakat. Pasalnya, hp keluaran baru terus bermunculan setiap tahunnya. Banyak konter juga menjual perlengkapan yang berhubungan dengan hp misalnya kartu, pulsa, hingga aksesori hp. Tertarik mencoba usaha ini? Sebelumnya mari simak strategi berikut:

Strategi Usaha Konter Hp yang Wajib Diketahui

Strategi Usaha Konter Hp yang Wajib Diterapkan Sejak Dini
Strategi membangun usaha konter Hp

1. Mulai Dari Berjualan Pulsa

Bagi pelaku usaha yang masih pemula, disarankan untuk mulai berjualan pulsa sebelum membuka konter hp. Tujuannya adalah mengumpulkan pelanggan tetap sehingga saat membuka konter akan lebih banyak yang berkunjung. Tentunya dengan memilih distributor pulsa yang terpercaya agar usaha berjalan lancar.

Baca juga: Keuntungan bisnis konter Hp yang menjanjikan

2. Memilih Lokasi yang Strategis

Setelah memiliki beberapa pelanggan tetap dari berjualan pulsa, strategi usaha konter hp berikutnya adalah memilih lokasi. Ini merupakan faktor penting sehingga tempat usaha mudah dijangkau oleh pelanggan. Pilihlah daerah yang dapat dikunjungi banyak orang. Contohnya area perumahan, sekolah, pabrik, dan sebagainya.

3. Menawarkan Harga yang Kompetitif

Harga merupakan faktor yang menjadi alasan seseorang memilih sebuah konter hp. Untuk itu, menawarkan harga yang lebih murah termasuk strategi usaha konter hp yang sangat penting. Pelaku usaha bisa menarik banyak pembeli, sehingga penjualan bisa lebih banyak dan meningkatkan keuntungan.

Strategi ini dinilai lebih bijaksana dibandingkan mematok harga tinggi, tapi ujung-ujungnya pelanggan tidak ingin repeat order. Dengan menetapkan harga yang bersahabat, meski peningkatan profit tidak langsung besar namun berpotensi meningkatkan minat konsumen. Bahkan membuat nama konter lebih dikenal.

Baca juga: Perhitungan modal bisnis konter pulsa dan kartu seluler

4. Menjaga Sikap dan Memberikan Promo

Sikap merupakan hal yang lekat dengan hubungan antar manusia, tak terkecuali pembeli dan penjual. Sebagai pemberi, tentu akan lebih tertarik berbelanja di tempat yang penjualnya ramah dan informatif. Agar konter tetap didatangi pembeli, berikan pelayanan terbaik yang ramah disertai penjelasan informatif.

Pembeli yang merasa terbantu untuk memilih hp sesuai kebutuhannya akan merasa senang dan tertarik untuk datang kembali saat membutuhkan perangkat baru. Jangan ragu juga untuk memberikan promo tertentu. Cara ini sangat ampuh untuk membuat orang tertarik dan setidaknya masuk menuju konter.

5. Menawarkan Pulsa dan Variasi Kartu yang Beragam

Tidak hanya menjual hp, konter juga bisa menjual produk lainnya yang masih berkaitan dengan usaha utamanya. Biasanya banyak pelanggan hendak mencoba variasi lain dari kuota internet hingga kartu. Hal ini merupakan kesempatan bagi konter untuk menawarkan berbagai pilihan yang tersedia.

Tidak jarang juga, pelanggan mencari barang-barang untuk kebutuhan ponselnya. Dengan menyediakan pilihan yang beragam, pelanggan bisa mempertimbangkan berbagai hal. Penjual juga berkesempatan mengenalkan produk hp-nya.

6. Gencar Promosi Baik Online Maupun Offline

Semua strategi yang telah disebutkan belumlah lengkap tanpa adanya promosi. Cukup banyak tempat dengan kualitas bagus yang tidak diketahui banyak orang karena minimnya promosi. Untuk konter hp, biasakan memasang banner dengan tulisan yang jelas dan menggunakan kalimat menarik.

Sehingga orang melirik dan tertarik memasukinya untuk membeli pulsa atau mungkin hanya melihat hp. Hindari tulisan terlalu banyak yang justru membuat orang malas membacanya. Selain itu, penting untuk memanfaatkan platform online, contohnya media sosial.

Baca juga: Tips membuka konter pulsa modal minim bagi pebisnis pemula  

Dengan cara online, akan lebih mudah untuk menjaring calon pembeli. Apalagi dengan postingan yang dikemas secara menarik dan memiliki nilai tambah.

7. Tidak Menerima Hutang

Jika di konter Hp Anda juga melayani pembelian pulsa maka pantangan pertama yang harus betul-betul dihindari adalah melayani pelanggan yang hendak berhutang. Hal ini terjadi biasanya pelanggan tersebut tetangga Anda, kawan dekat, dan sebagainya. Sehingga Anda merasa tidak enak untuk menolaknya.

Hutang perlu diwaspadai terhadapat keberlangsungan usaha konter Hp Anda. Pasalnya jika hal ini terus menerus didiamkan maka lambat laun akan menimbulkan resiko usaha konter pulsa yang bisa memici terjadinya bom waktu. 

Kesampingkan terlebih dahulu rasa tidak enak pada rekan Anda, tetangga, atau bahkan keluarga Anda. Beri pemahaman bahwa jika usaha Anda melayani hutang makan modal pokok Anda akan macet.

8. Hadirkan Produk Baru yang Sedang Trand

Salah satu strategi usaha konter Hp yang jituh adalah dengan menghadirkan merek atau seri terbaru yang lagi trand saat ini. Sehingga produk baru dan sedang trand tersebut menjadi magnet mendatangkan pelanggan ke warung konter Hp Anda.

Selain itu Anda juga sudah harus tahu spesifikasi dari produk baru tersebut. Agar pelanggan Anda merasa puas dengan pelayanan yang Anda berikan.

Penutup

Demikianlah pembahasan seputar strategi usaha konter hp yang dapat dipahami dan diterapkan. Pada mulanya menjalankan usaha ini tentu banyak tantangannya, namun seiring berjalannya waktu berbagai kesulitan akan bisa diatasi. Tentunya dengan terus mengembangkan ilmu dan kreatifitas agar tetap bertahan.