Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

5 Pekerjaan Sampingan Online Untuk Mahasiswa Dan Langkah Untuk Mendapatkannya!

Pekerjaan sampingan online untuk mahasiswa - dapat menjadi solusi untuk Anda yang ingin menambah pemasukan. Selain itu, dengan pekerjaan sampingan ini lambat-laun akan membentuk sikap mandiri dan disiplin dalam diri Anda. Sehingga Anda tidak terlalu bergantung dengan orang tua.

Pekerjaan Sampingan Online Untuk Mahasiswa

Pekerjaan Sampingan Online Untuk Mahasiswa
Rekomendasi pekerjaan sampingan
online untuk mahasiswa
Pekerjaan sampingan online untuk mahasiswa ada beberapa macam. Dari mulai yang membutuhkan laptop hingga hanya membutuhkan Hp saja. Untuk lebih jelasnya, inilah beberapa pekerjaan sampingan online tersebut!

1. Kerja Part Time Menjadi Customer Service

Pekerjaan sampingan online untuk mahasiswa yang dapat Anda lamar adalah sebagai customer service online. Biasanya, banyak toko online yang membutuhkan pegawai part time. Selain itu, toko yang seperti ini biasanya buka hingga malam. Jadi nanti kemungkinan akan ada sekitar 2 atau 3 shift. Dimana terdiri dari shift pagi, siang, dan malam.

Sebaiknya, sebelum melamar Anda memastikan dulu, berapa lama waktu bekerja dan shif nya ada apa saja. Sehingga, Anda dapat menimbang dengan baik dan pekerjaan tersebut tidak mengganggu jam kuliahmu.

Baca juga: Kerja sampingan di rumah yang mendatangan cuan

2. Membagikan Brosur Online

Pekerjaan ini memang jarang diketahui oleh sebagian mahasiswa, pasalnya di beberapa tempat hal ini sangat jarang. Namun, jika Anda kuliah di kota-kota besar pasti akan sering menemukan orang-orang yang bekerja sebagai pembagi brosur online. Tempat-tempat yang biasa membagikan brosur diantaranya adalah tempat bimbel, salon, dan lain sebagainya.

Anda dapat mengunjungi beberapa lembaga atau usaha yang dirasa mereka akan membagikan brosur. Pasalnya, pekerjaan ini sangat jarang di publikasikan ke media. Meskipun ada beberapa yang mempublikasikannya.

Nantinya, Anda akan membagikan brosur kepada orang-orang yang sesuai dengan ketentuan pihak bersangkutan. Biasanya, untuk waktunya tidak terlalu dipatok harus berapa lama. Selama brosur dapat dikirimkan ke jumlah yang telah ditentukan.

3. Content Writer Freelance

Bagi Anda yang senang menulis artikel, sebaiknya mencoba pekerjaan ini. Hal ini karena Anda tidak akan keluar rumah dan dapat mengambil job sesuai dengan keinginan Anda. Jadi, jika Anda sedang sibuk, tidak perlu mengambil pekerjaan. Meskipun waktunya sangat fleksibel, tetapi pekerjaan ini memiliki deadline nya tersendiri.

Untuk waktu deadline nya pun beragam. Ada yang 24 jam, 9 jam, bahkan satu hari. Namun, jika ada proyek besar, misalnya ada yang order artikel 100 artikel biasanya deadline yang diberikan pun panjang. Bahkan bisa sampai satu bulan.

Namun, sebagai content writer, Anda perlu melakukan riset terlebih dahulu untuk membuat sebuah konten yang menarik dan padat akan makna. Pasalnya jika tidak riset dan membaca, Anda akan bingung akan menulis apa. Anda dapat menemukan lowongan pekerjaan ini di berbagai sosial media maupun website job portal.

4. Pengajar Online

Anda merasa ahli dalam satu bidang mata pelajaran? Baik itu matematika, kimia, fisika, bahasa Inggris, Geografi, maupun yang lainnya. Sepertinya Pekerjaan sampingan online untuk mahasiswa ini sangat cocok untukmu. Selain itu, kamu pun tidak perlu cape-cape keluar rumah. Pasalnya, semua pekerjaan dapat dilakukan di rumah.

Lalu siapa yang mengadakan lowongan pekerjaan ini? Biasanya yang mengadakan adalah lembaga-lembaga pendidikan online. Mereka pun sering memposting lowongan pekerjaan ini. Baik di akun sosial media resminya maupun di akun-akun lainnya.

Selain itu, setiap lembaga biasanya memiliki ketentuan tersendiri. Ada yang sudah menyiapkan sasaran materinya apa dan ada pula yang tidak. Dimana hal ini mengharuskan Anda untuk mencari bahan dan membuat targetan tersendiri.

5. Fotografer Dan Videografer

Foto produk dan video sekarang banyak dibutuhkan oleh pelaku usaha. Hal ini dikarenakan semua sektor usaha cenderung menggunakan teknologi. Sehingga para pelaku usaha memanfaatkan. Namun, hal tersebut tidak akan berjalan dengan baik tanpa sebuah foto maupun video untuk menunjang penjualan mereka.

Hal ini dikarenakan orang akan melihat produk dari foto yang dipasang. Tentu, foto maupun video ini tidak bisa dibuat begitu saja. Diperlukan keahlian yang mumpuni untuk menghasilkan suatu karya yang bagus.

Langkah Untuk Mendapatkan Pekerjaan Online Untuk Mahasiswa

Mendapatkan pekerjaan online untuk mahasiswa memang sama seperti mencari pekerjaan pada umumnya. Namun, ada beberapa tips untuk mendapatkan pekerjaan tersebut. Diantaranya adalah sebagai berikut!

Baca juga: Ide usaha sampingan di desa dengan modal kecil untung besar

1. Mengetahui Dengan Jelas Kemampuan Yang Dimiliki

Pastikan untuk mengetahui dengan jelas, kemampuan apa yang Anda miliki. Hal ini dapat terlihat dari kebiasaan maupun kesukaan. Bahkan ada beberapa orang yang sudah terlihat kemampuannya sejak dini.

Misalkan dia lebih cepat memahami pelajaran bahasa Inggris dibandingkan dengan yang lain. Hal ini pun dapat dijadikan salah satu bukti, bahwa orang tersebut memang memiliki basic untuk mempelajari bahasa asing.

2. Siapkan CV

Kemudian, siapkan CV dengan informasi yang padat dan menarik. Anda dapat menuliskan data diri. Seperti pengalaman bekerja yang sama (jika ada), tempat dan tanggal lahir, nama, alamat domisili, kuliah dimana, pengalaman organisasi, kontak yang dapat dihubungi, dan kemampuan apa yang Anda miliki.

3. Melamar Pekerjaan

Seperti yang telah disinggung di awal bahwa pekerjaan online untuk mahasiswa dapat Anda akses di berbagai sosial media maupun website yang bersangkutan. Bahkan ada beberapa akun lowongan kerja di facebook maupun Instagram. Bacalah dengan detail mengenai kualifikasi, jobdesk, maupun benefit yang akan Anda dapatkan. Setelah merasa cocok barulah melamar.