Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

5 Pinjaman Bank BPR Jaminan BPKB Motor, Syarat Mudah Proses Cepat!

Barangku.id - Mengajukan pinjaman bank BPR jaminan BPKB motor cukup mudah. BPR merupakan bank perkreditan rakyat yang menjadi lembaga keuangan untuk menyimpan dana dalam bentuk tabungan, deposito berjangka, maupun bentuk lainnya.

Selain itu, BPR juga menyalurkan dana kepada pihak-pihak yang membutuhkan lewat bantuan kredit. BPR baru menjadi lembaga keuangan pada tahun 1992.

Tujuan utamanya adalah membantu penyaluran dana atau permodalan UMKM. Target utama dari bank ini adalah masyarakat kecil yang membutuhkan bantuan dana.

Baca juga: Perbedaan transfer BI Fast dan realtime online

Syarat Utama Pinjaman Bank BPR

Setiap bank tentu saja memiliki ketentuan masing-masing dalam hal pinjaman. Sebelum mengetahui apa saja pinjaman bank BPR jaminan BPKB motor yang ada, ketahui persyaratan untuk meminjam yang terlebih dahulu. Bank ini siap memberikan bantuan bagi pelaku UMKM di berbagai wilayah, termasuk pedesaan.

Yang terpenting dalam mengajukan pinjaman adalah harus memiliki pekerjaan tetap dengan gaji yang mencukupi persyaratan. Selain itu, pastikan memenuhi syarat utama, seperti:
  • Fotokopi KTP.
  • Kartu keluarga.
  • Fotokopi akta pernikahan bagi yang sudah berkeluarga.
  • Rekening koran atau buku tabungan selama 3 bulan terakhir.
  • Surat berharga atau jaminan berupa BPKB motor.
  • Fotokopi rekening air dan listrik.
  • Slip gaji.
BPR berkomitmen untuk menjadi layanan keuangan yang memberikan fasilitas lengkap bagi individu maupun perusahaan. Maka dari itu, produk pinjaman juga tersedia bagi badan usaha.

Baca juga: Tabel angsuran BCA finance terbaru

Meskipun begitu, syarat yang harus dipenuhi memang berbeda dan prosedurnya berjalan lebih rumit. Bagi badan usaha, syaratnya adalah sebagai berikut:
  • Fotokopi NPWP milik penanggung jawab perusahaan.
  • Surat izin usaha perdagangan.
  • Identitas diri dari pengurus usaha.
  • Akta pendirian usaha beserta perubahannya dari notaris.
  • Surat keterangan bahwa perusahaan telah terdaftar.
  • Buku tabungan perusahaan dalam kurun waktu 3 bulan terakhir.
  • Data keuangan perusahaan secara rinci, mulai dari laporan laba rugi, data penjualan, hingga catatan pembukuan.

Pinjaman Bank BPR Jaminan BPKB Motor

Pinjaman Bank BPR Jaminan BPKB Motor
Cara pinjaman bpr jaminan bpkb motor

Tidak semua bank menyediakan pinjaman dengan jaminan BPKB motor. BPR menjadi salah satu bank yang menawarkan pinjaman jenis ini. Apa saja daftar pinjaman bank BPR yang bisa memanfaatkan BPKB motor sebagai jaminan?

1. KAB

Pertama, ada fasilitas angsuran bernama KAB. Layanan ini menawarkan minimal pinjaman Rp15 juta dan maksimal Rp 500 juta. Untuk pinjaman dengan nominal kecil, jaminannya bisa berupa BPKB motor.

Sementara, pinjaman yang nominalnya besar membutuhkan jaminan BPKB mobil. BPR tidak membatasi penggunaan pinjaman, bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan konsumtif, investasi jangka pendek, pengembangan usaha, hingga biaya pendidikan.

Tenor pinjamannya juga beragam, serta menawarkan suku bunga flat dengan nominal kompetitif. Nasabah bisa mengembalikan uang pinjamannya dalam jangka waktu 1 sampai 4 tahun. Selain menyiapkan BPKB motor, nasabah harus melengkapi dokumen pengajuan pinjaman.

2. KABM

Produk pinjaman yang kedua adalah KABM. Nominal pinjaman ini tidak terlalu besar daripada yang pertama, hanya berkisar di angka Rp 1 sampai Rp25 juta. Untuk tenornya sendiri bervariasi, mulai dari 1 sampai 3 tahun.

BPR menawarkan bunga yang kompetitif, supaya nasabah tidak merasa keberatan. Selain itu, proses pengajuannya juga mudah dan persyaratannya sederhana.

Baca juga: Tips dalam mengatur keuangan dengan baik dan benar

3. KFL

Produk pinjaman bank BPR jaminan BPKB motor berikutnya adalah KFL. Angsuran ini sifatnya fleksibel dan nasabah bisa menarik atau menyerahnya kapan saja dalam kurun waktu 1 tahun. Platform pinjamannya mulai dari Rp1 juta sampai Rp1 miliar.

Nasabah bisa melakukan penarikan lewat ATM atau membuat slip. Tentu saja semakin tinggi nominal pinjamannya, maka akan semakin besar pula jaminan yang dibutuhkan. Jika hanya meminjam beberapa juta, nasabah bisa menjadikan BPKB motor sebagai jaminan.

4. KAG

Selain itu, ada juga kredit aneka guna. Sesuai namanya, BPR menyediakan pinjaman untuk berbagai kebutuhan sesuai selera. Nasabah bisa memanfaatkannya untuk biaya pendidikan, layanan kesehatan, maupun kebutuhan konsumtif lainnya.

Baca juga: Tabel angsuran Easycash

Jumlah pinjaman yang diberikan bisa mencapai Rp10 juta dengan tenor pengembalian mencapai 12 bulan. Untuk bunganya sendiri cukup rendah, yakni di bawah 2%. Nasabah bisa memberikan jaminan berupa BPKB motor maupun mobil, tergantung nominal pinjamannya.

5. KMK

Terakhir, ada KMK. Kredit ini diberikan kepada nasabah dalam kurun waktu tertentu hanya bermodalkan BPKB motor. Proses pengembalian dananya nantinya akan diangsur berdasarkan jadwal yang sudah ditetapkan.

Produk ini biasanya dimanfaatkan untuk kebutuhan konsumtif atau keperluan mendesak lainnya. Produk kredit ini menyediakan suku bunga flat, sehingga jumlah angsurannya sama setiap bulan. Plafon pinjaman yang diberikan cukup tinggi, lalu pilihan jangka waktu kreditnya juga cukup lama yakni 1 sampai 3 tahun.

Baca juga: Tabel angsuran BFI Finance

Produk pinjaman kredit BPR memang terbilang cukup banyak dan menguntungkan. Nasabah bisa memilih produk pinjaman yang paling sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial. Jika ingin menjadikan BPKB motor sebagai jaminan, maka sebaiknya pilih platform pinjaman yang tidak terlalu tinggi.

Proses pengajuan pinjaman bank BPR jaminan BPKB motor juga terbilang mudah tanda titik nasabah cukup memenuhi berbagai persyaratan dan melengkapi dokumen, kemudian datang langsung ke cabang BPR terdekat. Sampaikan pada petugas maksud dan tujuan kedatangannya, lalu ikuti alurnya sampai selesai.