Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Kisaran Modal Usaha Sablon Beserta Strategi Pemasarannya

Sejumlah orang yang tertarik membuka usaha sablon maka perlu mengetahui modal usaha sablon itu sendiri. Dimana nantinya modal tersebut bakal dipakai untuk melakukan sejumlah pembelian alat serta bahan yang diperlukan. Istilah sablon sendiri bisa diartikan sebagai teknik mencetak.

Untuk mencetak tersebut diperlukan tinta, kain dan alat lainnya. Bahan yang bisa dipakai untuk sablon pun cukup beragam. Mulai dari bahan plastik sampai dengan bahan kertas. Untuk pembahasan modal dari jenis usaha sablon ini bisa disimak sebagaimana uraian berikut:

Modal Usaha Sablon

tips membuka usaha sablon
Bisnis sablon digital

Tentunya dalam suatu usaha dibutuhkan yang namanya modal. Nantinya modal tersebut dipakai untuk memenuhi serta menunjang kebutuhan dari usaha yang dijalankan. Berikut daftar modal usaha sablon yang perlu diketahui oleh para calon pengusaha:

1. Modal Usaha Sablon DTG

Untuk jenis usaha sablon DTG perkiraan modal yang dibutuhkan adalah sekitar lebih kurang 15 jutaan rupiah. Bisa dikatakan bahwa jenis sablon ini mempunyai sejumlah kemiripan dengan jenis usaha sablon digital.

Baca juga: Strategi menambah keuntungan bisnis melalui program loyalitas pelanggan  

Akan tetapi pada jenis sablon satu ini perlu alat printer secara khusus guna mencetak produk. Jenis sablon DTG ini hadir dengan sejumlah kelebihan yang dimiliki.

Misalnya saja seperti hasil sablonan yang cenderung lebih tajam serta merata yang dilengkapi dengan warna memuaskan. Di samping itu juga terdapat kelebihan lain seperti hasil yang lebih awet hingga mampu dicuci berulang kali.

2. Modal Usaha Sablon Manual

Selain jenis DTG saat ini masih terdapat sejumlah sablon yang diproses dengan cara manual. Untuk modal yang dibutuhkan sebagai usaha sablon manual cenderung lebih murah ketimbang jenis sablon DTG. Perkiraan modal sablon manual hanya 300 - 1 juta rupiah.

Dalam jumlah modal tersebut pengusaha sudah memperoleh alat sablon. Pengusaha perlu mengetahui bahwa proses pencetakan dengan memakai jenis sablon manual ini tergolong cukup lama. Umumnya jenis sablon semacam ini dipakai untuk jenis kaos distro, kemudian karyawan dan lainnya.

Baca juga: Ini dia tips usaha jahit rumahan agar sukses

Strategi Usaha Sablon Supaya Laris

Tidak dapat dipungkiri bahwa dalam menjalankan suatu usaha dibutuhkan strategi yang tepat. Mengingat dalam dunia bisnis persaingan yang ada terbilang cukup ketat. Agar usaha sablon yang di Jalan bisa laris di pasaran, maka tidak salah jika pengusaha mencoba sejumlah strategi berikut:

1. Menjadi Kerja Sama dengan Toko Baju

Datar strategi pertama yang bisa dipakai supaya jualan sablon yang dimiliki laris adalah dengan menjalin kerjasama dengan toko baju tertentu. Mengingat dalam dunia bisnis kerjasama semacam ini penting dilakukan.

Hingga ketika pengusaha melakukan pembukuan usaha sablon ini tidak ada salahnya untuk melakukan pencarian suatu toko baju ataupun buruk untuk menjalin kerjasama. Dengan begitu pengusaha bisa turut memasarkan karya sablon yang telah dibuat sebelum pada toko atau butik tersebut.

2. Menjalin Kerjasama Dengan Distributor

Di samping adanya toko baju ataupun butik, pengusaha juga masih bisa melakukan kerjasama dengan pihak lain yaitu distributor. Dengan begitu pasar yang bakal dijangkau oleh pengusaha untuk memasarkan produk sablon yang dimiliki juga lebih luas lagi.

Mengingat secara umum ketika menjalankan suatu usaha maka penting yang namanya menjalin kerjasama. Tujuannya juga cukup beragam, seperti saling membantu, saling menguntungkan dan lainnya.

Baca juga: Pilihan usaha sampingan pulang kerja untuk menambah pemasukan

3. Berikan Servis Terbaik

Mendapatkan pelanggan baru merupakan tantangan tersendiri bagi pengusaha jasa atau pengusaha lainnya. Akan tetapi jika pelanggan baru tersebut sudah didapat dan merasa nyaman ketika menggunakan jasa anda maka besar kemungkinan akan melakukan pembelian ulang di toko atau jasa yang anda berikan. Bahkan bukan tidak mungkin pelanggan baru tersebut akan berlangganan tetap.

Membuat pelanggan merasa puas dan nyaman merupakan hal terpenting yang perlu diterapkan. Ini yang biasa banyak orang bilang bilang bahwa kepercayaan itu mahal harganya. Maka diantara banyak cara terbaik yang perlu diterapkan untuk mendapatkan banyak keuntungan dari bisnis anda ialah dengan cara berikan servis terbaik anda kepada pelanggan.

Strateginya adalah memastikan bahwa uang yang sudah dikeluarkan dari pelanggan anda benar-benar bisa berbanding lurus atas jasa atau produk yang sudah mereka gunakan dan harapkan. Bisa dengan anda berikan jaminan atas jasa atau produk anda berupa garansi, pengembalian uang, tukar barang, dan sejenisnya.

Alat Sablon yang Perlu Dipersiapkan

Guna menunjang usaha sablon kaos yang akan anda jalani maka terdapat beberapa alat sablon yang dirasa perlu untuk dimiliki. Berikut beberapa alat sablon penting yang wajib dimiliki:
  • Alat pemotong
  • Laptop atau komputer dengan spesifikasi baik
  • Softwere
  • Kertas transfer
  • Mesin pemanas
  • Mesir printer untuk sablon kaos
  • Dan alat-alat sablon penunjang lainnya.
Alat-alat sablon di atas menjadi kebutuhan yang tidak bisa ditawar saat anda ingin membuka usaha sablon guna meningkatkan produktifitas usaha sablon anda.


Demikian beberapa penjabaran terkait modal usaha sablon beserta strategi pemasaran yang bisa dipakai. Dimana diantara strategi tersebut bisa melakukan kerjasama dengan pihak pemilik toko baju sampai dengan pihak dari distributor untuk melebarkan sayap. Terimakasih sudah membaca di Barangku.id.