Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Tips Dalam Mengatur Keuangan Dengan Baik dan Akurat

Tips dalam mengatur keuangan merupakan hal yang cukup penting untuk disadari sedini mungkin. Ditambah lagi, dengan bertambahnya usia tuntutan untuk bisa mengatur keuangan tersebut pun akan semakin tinggi. Semakin besar penghasilan yang didapat bukan menjadi tolak ukur dari kondisi keuangan yang stabil.

Kita harus bijak dalam memilah antara mana yang menjadi suatu kebutuhan dan mana yang sekedar keingian saja. Sayangnya, dewasa saat ini masih saja ada yang belum mampu membedakan antara keduanya.

Kita faham bahwa cara mengatur keuangan dari setiap individu tentu tidak sama. Lebih disesuaikan dengan kondisi dan kemampuan  yang sedang dihadapi. Setidaknya, dengan Anda membaca artikel berikut ini Anda akan mendapatkan suatu gambaran yang nantinya Anda bisa mempersiapkan masa depan dengan cara pandangan yang jauh lebih baik lagi.

Cara Mengelola Uang Secara Efektif

Memiliki keuangan yang baik serta kondisi finansial yang independen merupakan impian setiap orang. Namun, sayangnya untuk mewujudkan impian tersebut tentu tidak cukup hanya dengan berniat saja. Sejak sekarang mulailah untuk mencari pola atau cara mengelola keungan yang lebih baik dan terarah. Oleh karenanya berikut kami hadirkan tips dalam mengatur keaungan dengan baik dan akurat. Silahkan simak tips berikut ini sampai tuntas agar pemahaman Anda terkait mengelola keuangan lebih sempurna:

Tips Dalam Mengatur Keuangan Dengan Baik dan Akurat
Mengelola uang secara efektif
1. Menabung

Tips dalam mengatur keuangan yang pertama adalah menabung. Sebuah pribahasa mengatakan "Rajin Pangkal Pandai, Hemat Pangkal Kaya" ternyata hal demikian memang benar adanya. Hikmah yang bisa kita ambil dari pribahasa tersebut ialah sebisa mungkin untuk membiasakan hidup hemat dan menabung. 

Kita tidak akan tahu kejadian apa yang akan menimpa kita dikemudian hari. Denganya sangat baik sekali jika kita terus membudayakan untuk disiplin dalam menabung dari sebagian penghasilan kita. 

Salah satu metode yang bagus dalam menabung ialah dengan menggunakan metode "Kakeibo" yaitu seni menabung ala Jepang. Bisa juga dengan menyisihkan sebesar 20% dari penghasilan yang Anda dapatkan di tiap bulannya untuk mengisi rekening tabungan Anda.

2. Investasi

Selain menabung, tips dalam mengatur keuangan yang baik juga bisa dengan cara berinvestasi. Saat ini untuk mulai berinvestasi pun sudah sangat mudah. Hanya dengan Rp. 100.000 saja Anda sudah bisa berinvestasi diberbagai instrumen investasi pilihan Anda. Kemudian Anda bisa memantau perkembangan investasi Anda melalui Aplikasi yang disediakan oleh pihak yang terkait secara real time.

Beda ketika di zaman orang tua kita dulu, untuk bisa investasi dibutuhkan limit syarat nominal yang cukup besar dan itu pun kita harus bersusah payah mendatangi Bank Sekuritas yang jauh dari tempat tinggal kita. 

Terdapat banyak pilihan dari instrumen investasi yang bisa Anda pilih yaitu diantaranya saham, emas, obligasi, reksadana, dan banyak lagi lainya. Silahkan disesuaikan dengan tingkat resiko dari masing-masing instrumen investasi yang Anda pilih.

Biasanya semakin bertambahnya usia kita, maka dari hasil investasi yang kita tanam tersebut nantinya akan sangat bermanfaat dikemudian hari.

3. Perincian Pengeluaran

Buatlah rincian pengeluaran yang disesuaikan dengan pendapatan Anda disetiap bulannya. Contohnya bisa dengan membuat pos-pos pengeluaraan agar dapat memudahkan Anda mengontrol arus keungan ditiap bulanya. Sebut saja pos-pos tersebut seperti pos pengeluaran makan sehari-hari, belanja kebutuhan wajib, cicilan jika ada, kebutuhan online (pulsa, paket internet, dll) dan kebutuhan-kebutuhan lainnya.

Untuk memudahkan, Anda bisa memanfaatkan aplikasi pengatur keuangan yang sudah banyak tersedia saat ini. Atau jika Anda terbiasa dengan membuat catatan maka bisa dengan mencatat semua itu di notebook.

4. Hindari Hutang (Kredit)

Hutang menjadi salah satu aspek yang membuat kita terasa susah mengatur keuangan. Pasalnya, kita harus menganggarkan pelunasan secara utuh dikemudian hari atau kita diharuskan untuk menyiapkan dana khusus berupa cicilan yang harus dibayarkan dalam setiap bulannya.

Jika terlanjur memiliki hutang atau kredit, ada baiknya sesegera mungkin untuk dilunasi. Menyelesaikan hutang bisa dikatakan langkah awal yang baik dalam mengelola keungan yang baik di masa depan.

Jika masalah hutang tidak ada atau sudah selesai maka Anda bisa mengalokasikan dana yang sebelumnya untuk membayar hutang atau tagihan untuk kepentingan yang lebih bermanfaat lainnya seperti menabung atau berinvestasi.

5. Sesuaikan dengan Perioritas 

Bijak dalam menentukan atau memisahkan antara kebutuhan dan keinginan pun tips dalam mengatur keuangan yang harus didasari sejak dini. Kebutuhan dan keinginan terkadang sulit dibedakan jika tidak diatur sejak awal. Setiap bulanya harus sudah ada perincian pengeluaran yang sudah ditetapkan agar tidak terbuai dengan keingian tersebut.

Silahkan atur dan sesuaikan dengan perioritas kebutuhan jangka pendek dan perioritas jangka panjang, seperti impian membeli rumah atau kendaraan. Manfaat dari mempersiapkan periortitas jangka panjang dalam mengelola keungan, tentu Anda akan memiliki rasa aman dan kebebasan dari segi keuangan untuk masa depan yang lebih baik.

6. Dana Darurat Harus Ada

Maksud dari mempersiapkan dana darurat untuk mempersiapkan dan mengatisipasi segala bentuk hal yang tidak terduga oleh kita. Pun kita terkadang mengalami masa-masa terdesak oleh kondisi atau sesuatu lain hal yang membuat kita harus merogo kocek lebih dalam. Seperti terjadi kecelakaan, sakit, dan masa-masa dimana terputusnya sumber penghasilan. Semoga kita terhindar dari hal-hal tidak inginankan. Dengannya dana darurat berperan penting pada saat-saat tersebut.

Besar nominal dari dana darurat tentu tidak sama di setiap orang. Akan tetapi umumnya nominal tersebut berada pada angka 10 kali lipat dari penghasilan seseorang di setiap bulannya. Khususkan dana darurat ini dengan cara membuka rekening yang nantinya akan diisi oleh dana darurat tersebut.

7. Miliki Gambaran Masa Depan

Terakhir dari tips dalam mengatur keuangan yang baik ialah mempunyai gambaran masa depan. Akan seperti apa masa depan kita bisa Anda setting dari sekarang. Meski pun segala keputusan dan takdir sudah ditetapkan oleh sang pencipta, setidaknya kita sebagai hamba-Nya wajib untuk terus berusaha sebaik mungkin guna menggapai masa depan yang lebih baik. Tak terlepas peran penting doa di sini cukup ambil andil. Perbanyak doa karena doa bisa merubah takdir atas kehendak sang maha kuasa.

Dengan impian besar kehidupan dimasa depan akan bisa membantu untuk perencanaan yang lebih baik. Dengan impian besar biasanya akan mempengaruhi kebiasaan sehari-hari seseorang dalam mengelola keuangan dan biasanya seseorang akan terpompa lebih semangat dalam berkerja guna tercapainya impian besar tersebut.

Kurang lebih seperti itulah tips dalam mengatur keuang dengan baik dan akurat yang bisa Anda terapkan dalam kehidupan sehat-hari. Tentu pada prakteknya proses tersebut tidaklah mudah, teruslah berusaha dan berproses karena usaha tidak akan menghianati hasil. 

Camkan dalam diri Anda bahwa ada tujuan atau impian besar yang perlu direalisasikan di masa depan. Yuk terus bersemangat guna menggapai impian kita di masa yang indah! Salam sukses.

Kami ucapkan terimakasih sudah mampir di blog kami Barangku.id. Semoga ulasan terkait Cara mengelola uang secara efektif ini bisa bermanfaat untuk pembaca dan kita semua. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.