Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

10 Alat Masak Tradisional Orang-orang Zaman Dahulu, Sudah Tahu?

Barangku.id - Perkembangan teknologi membawa perubahan pada banyak hal, tak terkecuali pada alat masak yang semakin canggih. Meski begitu, tahukah Anda bahwa orang-orang zaman dahulu hanya menggunakan alat masak tradisional yang sangat sederhana.

Sejumlah alat masak tersebut pun masih digunakan sampai saat ini karena hasilnya dinilai jauh berbeda. Untuk menambah informasi Anda, simak sederet alat tradisional yang sering digunakan orang-orang zaman dahulu untuk mengolah masakan.

Baca juga: Cara jualan lauk matang agar laku keras

Inilah Alat Masak Tradisional Orang-orang Zaman Dahulu

Alat masak tradisional
Contoh alat masak tradisional

Berikut ini sejumlah 10 alat masak tradisional orang-orang zaman dahulu:

1. Alat Dapur Tradisional Periuk

Cek harga Periuk di:

Alat masak yang juga disebut dengan kastrol ini biasanya dimanfaatkan untuk membuat bubur hingga menanak nasi. Menariknya, masakan yang diolah menggunakan alat ini konon menghasilkan cita rasa yang jauh lebih enak.

Tak heran jika alat masak tradisional dari daerah Sunda ini masih cukup sering digunakan sampai saat ini. Apalagi periuk atau kastrol juga dapat menghantarkan panas sehingga masakan yang diolah bisa lebih cepat matang.

Baca juga: Rekomendasikan usaha kuliner yang menjanjikan

2. Peralatan Dapur Tradisional Tungku Api

Cek harga Tungku Api di:

Alat masak ini memiliki fungsi selayaknya kompor sehingga orang zaman dahulu sering memanfaatkannya untuk memasak berbagai jenis makanan. Untuk bisa menggunakan alat ini perlu kayu kering sebagai bahan bakarnya.

Alat masak yang juga disebut pawon ini terbuat dari tanah liat dengan bentuk kotak. Terdapat dua lubang pada alat masak tungku api yakni di bagian bawah untuk tempat kayu kering dan bagian atas untuk tempat menaruh panci.

3. Peralatan Masak Tradisional Anglo

Cek harga Anglo di:

Peralatan yang satu ini mirip seperti tungku api. Dari segi fungsi pun sama yakni sebagai alat masak sebelum adanya kompor. Untuk bisa memasak menggunakan alat ini perlu bahan bakar berupa kayu kering atau arang.

Pembuatan alat masak ini juga memakai tanah liat sebagai bahan bakunya. Hal yang membedakan dari tungku api adalah bentuknya terbilang lebih kecil sehingga sangat mudah untuk dipindah-pindahkan.

4. Alat alat Dapur Tradisional Dandang

Cek harga dandang di:

Alat masak tradisional ini masih sering digunakan sampai sekarang untuk memasak nasi. Meski begitu, dandang yang banyak dijual saat ini cukup berbeda dengan dandang tradisional pada zaman dulu.

Perbedaan itu terletak pada bahannya yang kini terbuat dari stainless atau aluminium sementara dulu dibuat dari tembaga. Untuk bisa menggunakan alat masak ini diperlukan kukusan anyaman bambu sebagai wadahnya.

5. Contoh Alat Masak Tradisional Kukusan

Cej harga kukusan di:

Alat masak untuk mengukus ini sangat penting keberadaannya saat memasak menggunakan dandang. Sebab, alat inilah yang dipakai sebagai wadah untuk menyimpan nasi.

Umumnya, alat kukusan ini dibuat dari anyaman bambu dengan bentuk kerucut. Oleh karena itu, alat ini sangat sering digunakan terutama saat ingin membuat tumpeng yang memang memiliki ciri khas berbentuk kerucut.

6. Alat Masak Parutan

Cek harga parutan di:

Parutan juga menjadi salah satu alat masak yang sudah digunakan sejak lama dan masih sering dipakai sampai saat ini. Alat ini berfungsi untuk menghaluskan berbagai bahan seperti umbi-umbian hingga kelapa.

Meski saat ini sudah ada blender, tapi peralatan masak yang satu ini seakan tidak terlupakan. Terlebih lagi, menghaluskan bahan menggunakan parutan dinilai menghasilkan tekstur dan cita rasa lebih baik dibandingkan memakai alat canggih.

7. Peralatan Masak Tampah

Cek harga tampah di: 

Peralatan masak ini tergolong salah satu alat tradisional yang masih eksis digunakan sampai sekarang. Alat masak ini umumnya digunakan untuk menampi dan memisahkan beras dari kotoran-kotoran.

Baca juga: Tips memulai usaha bisnis kerupuk seribuan yang menjanjikan  

Selain itu, tampah juga berfungsi sebagai tempat untuk menyiapkan bahan masakan. Kalau kamu sering melihat tumpeng, maka alat ini biasanya dipakai sebagai alas atau wadah untuk menyimpan tumpeng dan berbagai makanan pelengkapnya.

8. Alat Alat Dapur Tradisional Cobek

Cek harga Cobek di:

Hampir semua orang sepertinya sudah sangat familiar dengan alat masak tradisional yang satu ini. Alat masak ini biasanya digunakan untuk membuat sambal hingga menghaluskan bumbu.

Cobek atau ulekan umumnya terbuat dari bahan batu yang berbentuk cekung. Walau saat ini sudah ada alat halus yang lebih canggih, tapi cobek masih sering digunakan. Pasalnya, cita rasa yang dihasilkan konon lebih nikmat jika diulek memakai cobek.

9. Peralatan Masak Tradisional Talenan

Cek harga telenan di:

Alat masak satu ini biasanya selalu ada di dapur. Hal itu karena fungsinya sangat penting yakni untuk membantu mengiris atau merajang bahan-bahan sebelum dimasak.

Baca juga: Inilah biaya kursus masak bersertifikat

Talenan pun tidak hanya digunakan oleh orang zaman dahulu melainkan juga masih dipakai sampai sekarang. Satu hal yang membedakan hanya bahannya saja. Jika dulunya talenan terbuat dari kayu, maka saat ini sudah ada talenan berbahan plastik.

10. Peralatan Dapur Tradisional Serutan Keripik

Cek harga Serutan Kripik di:

Jika saat ini orang-orang membuat keripik menggunakan mesin canggih, maka orang zaman dahulu hanya memakai serutan. Alat masak serutan ini memiliki bentuk mirip seperti parutan, tapi dengan tambahan pisau kecil berbentuk menyerong.

Baca juga: Ingin buka usaha warung kopi tradisional? Ikuti tips ini

Pisau kecil itulah yang berfungsi untuk mengiris bahan-bahan seperti pisang, kentang, hingga singkong sebelum digoreng menjadi keripik. Hasil irisannya pun sangat tipis tak kalah dengan mesin canggih yang ada sekarang.

Itulah sejumlah alat masak tradisional yang digunakan orang-orang zaman dahulu. Ada yang masih Anda gunakan sampai sekarang?