Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Inilah Biaya Kursus Masak Bersertifikat yang Perlu Diketahui

Barangku.id - Kursus masak menjadi salah satu hal penting yang memang sebaiknya dilakukan oleh para pemula dalam bidang kuliner. Untuk biaya kursus masak bersertifikat sendiri cukup beragam, tergantung lembaga yang bertanggung jawab. Sertifikat sendiri juga sangat dibutuhkan.

Juru masak yang sudah bersertifikat, sering menjadi nilai plus suatu restoran. Maka dari itu, perlu mengikuti kursus agar bisa mendapatkan sertifikat kadang penting untuk dilakukan. Ulasan kali ini pun terkait dengan kursus masak bersertifikat yang ada di Indonesia.

1. NSCA Indonesia

Kursus Masak Bersertifikat
Kursus masak bersetifikat

Pertama adalah NSCA Indonesia dengan beberapa tempat beroperasi. Dimana, lembaga ini merupakan khusus untuk kursus memasak dan gratis berupa sertifikat kompetensi. Saat ini NSCA sudah bisa ditemukan di beberapa kota besar Indonesia.

Untuk biayanya sendiri mulai 650.000 saja dan ini bukan merupakan kelas online. Semua dilakukan secara offline dengan harga yang sudah disebutkan. Namun jika beruntung, maka bisa mendapatkan keringanan harga saat diskon sedang berlangsung.

Baca juga: Segini biaya kursus Make Up yang perlu dipersiapkan

Untuk pendaftaran sendiri bisa dilakukan secara online dengan metode pembayaran yang sudah ditentukan. Pihaknya juga memberikan kesempatan, bagi yang mengikuti kelas untuk berkarir di kapal pesiar. Apalagi biayanya yang cukup murah.

2. BBC – Bogasari Baking Center

Kemudian untuk biaya kursus masak bersertifikat yang kedua adalah dari BBC. Jika belajar di sana, maka nanti akan mendapatkan e-sertifikat secara gratis sesuai dengan keahlian yang dimiliki. BBC sendiri beroperasi dalam beberapa daerah yang ada di Indonesia.

Di sana ada beragam jenis masakan yang bisa dipelajari, mulai dari pasta, pembuatan roti dan lain sebagainya. Kalau soal membuat cake, mie apalagi martabak maka bisa dipelajari di BBC ini. Tentunya juga dengan beberapa jenis masakan lainnya.

Untuk pelatihannya sendiri dibuka setiap harus dengan kelas yang akan dimulai dari jam setengah sembilan. Untuk hari Senin hingga Jumat, kelas akan berakhir pada jam empat sore. Sedangkan jika harus sabtu dan Minggu, akan berakhir pada jam dua siang.

Biaya kelasnya sendiri mulai dari 450.000 tergantung dari tingkat kesulitan masakan yang dipelajari juga durasi. Harga ini susah termasuk dengan bahan, materi serta makan untuk setiap peserta khusus. Tentunya dengan sertifikat yang akan didapatkan.

3. Lezat Academy

Lalu untuk biaya kursus masak bersertifikat selanjutnya dari lezat Academy. Kelas ini dijalankan selama 3 harus termasuk strategi marketingnya. Sayangnya, kelas memasak lezat Academy hanya tersedia di Surabaya saja.

Untuk belajar di sana, maka setiap peserta kursus akan dikenakan biaya sebesar 4.300.000 rupiah. Biaya ini untuk masa belajar selama 3 hari yang telah didiskusikan. Dengan biaya inipun peserta sudah mendapatkan beberapa fasilitas.

Fasilitas yang akan didapatkan adalah modul resep dan juga materi. Tentu akan mendapatkan sertifikat dan goody bag, juga akan mendapatkan makan siang. Untuk hasil praktek yang dilakukan, maka akan dibawa pulang oleh peserta kursus.

4. NCC – Natural Cooking Club

Lalu pada urutan keempat adalah biaya kursus masak di NCC atau natural cooking club. Saat ini anggota NCC sudah mencapai lebih dari 150.000. Jika belajar di sana, maka akan diajar oleh orang yang berpengalaman dalam bidangnya.

Untuk kelas masak ini lebih khusus untuk jenis masakan seperti kue dan lain sebagainya. Patokan harga yang bisa diambil pun bisa berbeda-beda tergantung dari jenis masakan atau waktu belajar. Sehingga harus benar-benar menyiapkan dananya.

Harga untuk kursus yang ditawarkan pun mulai dari murah dan cenderung agak mahal. Untuk yang termurah sendiri kursusnya akan dikenakan biaya sekitar 350.000. sedangkan untuk harga yang mahal bisa mencapai 3.500.000 tergantung kesulitan dan bahannya.

5. Les’t Bake N Cook

Kelima ada harga kursus masak dari lest Bake n cook. Chef yang mengajar di sana sudah bersertifikat internasional, sehingga keahlian memasak sudah tidak diragukan lagi. Tentunya, nanti peserta juga akan mendapatkan sertifikat sesuai keahliannya.

Untuk kelas memasak ada banyak pilihan program yang bisa dipilih, mulai dari 3 bulan hingga 1 tahun. Biayanya sendiri mulai dari 19 juta hingga yang paling tinggi untuk kelas satu tahun sebanyak 69.000.000. Pihaknya memperbolehkan untuk mencicilnya.

6. Tristar Culinary Institute

Untuk lembaga terakhir yang akan dibahas biayanya kali ini adalah Tristar Culinary Institute. Dalam sekolah inipun menggunakan berbagai kurikulum yang diterapkan. Ini menjadi salah satu sekolah memasak yang berkualitas.

Untuk bisa belajar di sana, maka harus mengeluarkan biaya SPP sebesar 8 juta di tahun pertama. Tak hanya itu, akan tetapi masih ada biaya prasarana dan juga praktikum sebesar 17 juta. Jadi total yang harus dipersiapkan adalah sebesar 25 juta.

Baca juga: Kursus bahasa inggris yang masuk daftar rekomendasi  

Banyak alumni dari Tristar Culinary Institute yang mendapatkan pekerjaan bergengsi di luar negeri. Dimana memang sekolah ini akan membantu para peserta untuk menjadi chef handal, tentu karena masa belajarnya juga lama.

Demikian adalah uraian biaya kursus masak bersertifikat dari beberapa lembaga yang ada di Indonesia. Dari berbagai sekolah elite yang akan memberikan pengalaman memasak yang luar biasa, tentunya kursus ini dilakukan secara offline.