Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

3+ Peluang Kerja Online Tanpa Modal Untuk Pelajar

Peluang kerja online tanpa modal untuk pelajar - Melakukan bisnis sejak masih pelajar merupakan suatu hal yang cukup jarang untuk dilakukan. Alasannya karena rintangan yang harus dihadapi ada banyak seperti pembagian waktu harus seimbang antara belajar dan bisnis, dan yang paling besar rintangannya adalah di modal. 

Sebagai seorang pelajar yang masih dinafkahi oleh orangtuanya, tentu modal materi adalah hal yang paling menghalangi dalam memulai usaha.

Tapi jangan sampai keterbatasan modal ini justru membuat kamu sekalian para pelajar yang ingin membuka bisnis menjadi menyerah dan pupus harapan. 

Sebab ada beberapa bisnis yang bisa dimulai oleh para pelajar dengan modal yang sangat minim bahkan ada yang tanpa membutuhkan modal sekalipun! Apa saja kira-kira peluang kerja online tanpa modal untuk pelajar? Mari disimak.

Peluang Kerja Online Tanpa Modal Untuk Pelajar

Peluang Kerja Online Tanpa Modal Untuk Pelajar
Peluang Kerja Online Tanpa Modal Untuk Pelajar

1. Jasa Ketik Online/Blogger

Peluang kerja online tanpa modal yang pertama dalah menjadi seorang jasa ketik online. Untuk kamu yang punya kegemaran mengetik, tidak ada salahnya untuk menawarkan hobimu itu sebagai jasa. Kini, dikarenakan tugas anak sekolah yang acap kali mengharuskan mereka untuk membuat suatu dokumen, hobimu dalam mengetik bisa menjadi peluang usaha. 

Kamu bisa mulai mengenalkan jasamu ke teman-temanmu yang kemudian nantinya juga bisa kamu iklankan di sosial media. Jika dokumen sudah selesai kamu ketik, kamu bisa langsung mengirim filenya pada orang yang bersangkutan atau kamu bisa juga sekalian mencetaknya. Tentu tarifnya akan berbeda, ya.

Baca juga Ide Bisnis Untuk Pelajar SMK

Sementara, kalau kamu lebih senang membuat artikel atau cerita, kamu bisa menjadi seorang blogger. Memulainya pun juga cukup mudah dan bisa dilakukan melalui telepon genggam kepunyaanmu. Nantinya, kamu bisa menyematkan iklan pada blog buatanmu agar kamu mendapat penghasilan.

2. Affiliate Marketing

Peluang kerja online tanpa modal untuk pelajar yang kedua adalah menjadi seorang affiliate marketing. Kalau yang satu ini cocok untuk kamu yang 'bermulut manis'. Affiliate Marketing adalah salah satu metode pemasaran yang konsepnya mirip dengan MLM, dimana kamu hanya akan diminta untuk menawarkan produk milik orang lain dan mendapat komisi apabila terjadi transaksi. 

Baca juga Rekomendasi Supplier Alat Rumah Tangga di Shopee

Modal yang dibutuhkan untuk melakukan Affiliate Marketing pun nyaris tak ada karena kamu tidak perlu membeli barang-barang yang akan kamu tawarkan nantinya.

3. Admin Media Sosial

Apakah kamu suka menghabiskan waktu dengan menjelajahi media sosial? Jika iya, kamu bisa lho memanfaatkan kegemaranmu itu sambil mencari uang. Pekerjaan menjadi admin media sosial biasanya dibutuhkan oleh para akun bisnis atau UMKM yang sedang mencari angka. 

Mereka akan mencari orang yang bersedia mengawasi akun mereka sembari menjawab pertanyaan para konsumen. Biasanya tak ada kualifikasi umur khusus untuk bisa mendapat pekerjaan ini, sehingga kamu bisa bekerja meskipun masih seorang pelajar.

4. Jasa Edit Foto dan Video

Peluang usaha juga ada nih untuk kamu yang hobi dengan dunia fotografi dan videografi terutama di bagian pengeditan. Eits, tapi yang dicari bukan editor berkelas jedag jedug, kawan. Mereka yang menyewa jasa edit foto dan video kebanyakan mencari orang yang bisa mengatur komposisi yang ada di foto atau video mereka seperti color grading dan trimming. 

Baca juga Tips Memulai Bisnis Online Untuk Anak Sekolah

Kemampuan audio-visual yang baik serta imajinasi yang tinggi tentunya akan menjadi bekal utama kamu dalam usaha edit foto dan video ini.

5. Content Creator

Content Creator sepertinya bukan hal yang aneh lagi sekarang, sebab seorang yang belia pun bisa menjadi pembuat konten yang sukses. Menjadi seorang Content Creator tentunya memerlukan konsistensi untuk mencapai angka audiens yang tinggi. Selain itu, mempunyai ciri khas tersendiri juga menjadi nilai plus bagi seorang Content Creator. 

Kamu bisa mulai membuat konten-konten seperti skin, review hal-hal yang sedang viral, atau merekam dirimu yang sedang bermain game.

Peluang usaha untuk pelajar ternyata ada dan prospeknya bagus, ya. Modal yang dibutuhkan juga tidak sampai menguras tabungan. Bukan tak mungkin setelah keluar sekolah nanti, kamu bisa sukses menjalankan bisnis-bisnis tersebut.