Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Ketahui Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Word, Kelebihan Hingga Tipsnya

Barangku.id - Kemajuan teknologi yang pesat, membuat semuanya terasa lebih mudah. Kini segala sesuatu bisa dengan mudah dilakukan dengan memanfaatkan teknologi tersebut. Salah satunya yaitu pembuatan surat lamaran kerja word untuk memberikan tampilan profesional.

Ketika melamar pekerjaan, maka Anda diwajibkan untuk menulis surat lamaran pada perusahaan yang dituju. Jika dahulu penulisan surat lamaran masih didominasi dengan tulis tangan, kini justru semakin banyak yang membuat surat lamaran dengan mengetik di komputer.
cara membuat surat lamaran kerja di word
Cara membuat lamaran kerja di word

Fungsi Surat Lamaran Kerja

Sebelum membahas surat lamaran kerja word secara mendalam, mungkin banyak yang bertanya-tanya mengenai fungsi sebenarnya dari surat lamaran kerja itu sendiri. Seperti diketahui, surat lamaran tentu dibuat dengan maksud tertentu. Berikut beberapa fungsi surat lamaran kerja, antara lain:
  • Media perkenalan secara tertulis yang dilakukan calon pekerja kepada pihak HRD dan perusahaan.

  • Membuat pihak HRD mengetahui identitas dan posisi yang dilamar.

  • Perusahaan bisa melakukan evaluasi platform yang dinilai efektif untuk menarik calon pekerja.

  • Memastikan bahwa calon pekerja telah melengkapi semua lampiran yang dibutuhkan, sehingga tidak ada yang tercecer.

Cara Mudah Membuat Surat Lamaran dengan Ms Word

Ketika Anda memutuskan membuat surat lamaran kerja word, tentu akan lebih praktis dan simple karena tidak harus repot menulis dengan tangan. Agar hasilnya maksimal, maka berikut langkah membuat surat lamaran dengan ms word yang harus diketahui:
  • Silahkan buka aplikasi “Ms word” yang ada di perangkat komputer maupun PC Anda.

  • Setelah itu silahkan pilih pada opsi “New document” kemudian klik “Blank document”.

  • Anda bisa memilih format font dalam penulisan di ms word sesuai dengan kebutuhan.

  • Untuk memilih font tersebut silahkan pilih tab “Home” lalu pilih jenis huruf yang dibutuhkan berikut ukurannya.

  • Kemudian Anda bisa mengatur spasi antara jarak tulisan dengan jarak spasi yang digunakan dengan klik ikon “Line Spacing” pada tab “Home”.

  • Silahkan pilih opsi “1,5” untuk jarak spasi yang umum digunakan.

  • Jika sudah silahkan pilih menu “Page layout” kemudian klik “Orientation”.

  • Nantinya akan muncul 2 pilihan yaitu portrait dan landscape.

  • Silahkan pilih tampilan layout yang diinginkan.

  • Jangan lupa untuk memilih ukuran kertas surat lamaran kerja yang akan dibuat yaitu A4. Anda bisa mengklik menu “Page layout” lalu klik ikon “Size”.

  • Langkah selanjutnya untuk membuat surat lamaran kerja word adalah mengatur jarak kertas.

  • Silahkan pilih pada menu “Page layout” lalu klik ikon “Margins” dan klik pada opsi “Custom margins”.
  • Jika sudah silahkan tentukan margin halaman yang sesuai dengan panduan.

  • Anda kemudian bisa memulai untuk mengetik surat lamaran dengan baik dan benar.

  • Jika sudah selesai Anda harus merapikan tulisan agar lebih profesional yaitu dengan blok seluruh teks untuk perataan kanan kiri.

  • Anda bisa klik ikon “Justify” untuk meratakan teks kanan kiri.

  • Simpan dokumen tersebut dengan klik tombol “Office” kemudian pilih opsi “Save”.

  • Beri nama dokumen agar mudah dicari ketika dibutuhkan.

Kelebihan Menulis Surat Lamaran dengan Word

Setelah mengetahui cara mudah membuat surat lamaran kerja word, banyak kelebihan yang diperoleh dari penulisan surat lamaran menggunakan aplikasi word. Berikut beberapa kelebihan menulis surat lamaran dengan word yang perlu diketahui, antara lain:

1. Hemat Waktu dan Tenaga

Jika dibandingkan dengan menulis menggunakan tangan, Anda tentu akan jauh lebih menghemat waktu dan tenaga ketika menulis menggunakan komputer atau laptop. Anda hanya perlu mengetik pada lembar ms word dalam waktu yang singkat untuk menghasilkan surat lamaran yang baik tentunya.

Menulis menggunakan tangan tentu membutuhkan waktu jika dibandingkan mengetik dengan komputer. Dengan demikian waktu untuk bersantai akan lebih banyak dimiliki.

2. Hemat Peralatan

Untuk membuat surat lamaran kerja word, maka hanya memerlukan komputer maupun laptop. Sedangkan jika menulis dengan tangan, Anda membutuhkan peralatan yang lebih kompleks seperti kertas, pulpen, bahkan tipe-X untuk menghapus jika terdapat kesalahan penulisan.

Membuat surat lamaran dengan word lebih hemat kertas terutama jika terdapat kesalahan karena bisa dihapus, sehingga tidak perlu mengganti kertas. Selain itu, ketika dirasa belum sesuai juga bisa dengan mudah diperbaiki menggunakan tools yang tersedia di aplikasi tersebut.

3. Lebih Profesional

Karena ditulis menggunakan aplikasi maka hasil yang diperoleh juga lebih rapi dan enak dilihat. Ini secara tidak langsung memberikan kesan profesional kepada calon pelamar kerja. Perusahaan akan menilai bahwa pelamar kerja sangat profesional dari surat lamaran yang dibuat.

Seperti diketahui bahwa dalam aplikasi word sendiri, memiliki tools dan fitur yang bisa digunakan untuk membuat tampilan surat lebih rapi dan bagus untuk dibaca. Selain itu, penggunaan word untuk menulis lamaran juga mampu menghindarkan dari kesalahan penulisan.

4. Mudah Diedit

Surat lamaran kerja word memungkinkan Anda untuk lebih mudah mengeditnya, apabila terdapat hal yang kurang sesuai. Selain itu, banyaknya template yang tersedia juga bisa dimanfaatkan untuk memberikan tampilan yang lebih menarik dan profesional tentunya.

Ini berbeda dengan surat lamaran tulis tangan, ketika ada kesalahan maka Anda harus menghapus menggunakan tipe-X atau bahkan mengganti kertas. Aplikasi word memberikan banyak kemudahan dan keunggulan untuk menghasilkan surat lamaran yang sesuai dengan panduan.

Baca juga: 

Tips Agar Surat Lamaran Dilirik Pihak HRD

Menulis surat lamaran kerja word tentu tidak bisa sembarangan. Terdapat beberapa tips yang harus diperhatikan terutama bagi fresh graduated yang belum memiliki pengalaman di bidang tersebut. Berikut beberapa tips agar surat lamaran dilirik pihak HRD, antara lain:
  • Baca dan perhatikan dengan baik persyaratan yang dibutuhkan pada lowongan kerja tersebut sehingga isi surat lamaran yang dibuat tidak keluar dari konteks yang sudah ditentukan.

  • Gunakan bahasa Indonesia yang baku.

  • Pastikan untuk memilih kata yang jelas, sopan, mudah dipahami, singkat, padat, , dan menarik tentunya.

  • Pastikan tujuan pembuatan surat jelas.

  • Nama yang dituju harus dipastikan dengan benar sesuai jabatan, ejaan, gelar maupun nama alamat perusahaan tersebut.

  • Jika sudah selesai membuat surat lamaran kerja word, silahkan pastikan bahwa surat lamaran sudah sesuai baik dari segi bahasa maupun ejaan dengan membacanya sekali lagi.

  • Anda perlu memastikan bahwa tata bahasa yang digunakan sudah sesuai dengan kaidah serta tidak ada kata yang sering diulang.

  • Pastikan bahwa kertas yang digunakan dalam keadaan bersih dan tidak terlipat agar tetap rapi.

  • Jika menulis menggunakan tangan, maka pastikan tulisan bisa dibaca dengan jelas. Sebaiknya hindari untuk menulis dengan huruf tegak bersambung. Namun jika Anda menulis dengan komputer, maka pastikan semua formatnya sudah sesuai dengan standar aturan penulisan yang benar.

Itulah ulasan mengenai fungsi, cara membuat surat lamaran kerja word, kelebihan hingga tips agar dilirik oleh HRD. Dari segi kepraktisan, menulis surat lamaran dengan word dinilai lebih mudah dan memberikan kesan profesional dibandingkan tulis tangan sehingga semakin banyak diminati.