Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Aplikasi Membuat Curriculum Vitae Gratis yang Perlu Diketahui!

Barangku.id - Saat ini sudah ada banyak aplikasi membuat curriculum vitae gratis yang bisa digunakan untuk mempersiapkan lamaran kerja. Karena tentu untuk mendapatkan sebuah pekerjaan saat ini dibutuhkan yang namanya curriculum vitae. Sehingga kali ini pun akan disebutkan aplikasinya.

Jadi memang terdapat berbagai jenis aplikasi sebagai pembuat curriculum vitae secara gratis. Hal ini tentu menjadi angin segar bagi yang sering terbebani dengan biaya langganan jika hanya sekedar untuk membuat CV. Untuk mengetahui lebih lanjut, simak ulasannya, berikut:

Apa Itu Kurikulum Vitae?

Aplikasi Membuat Curriculum Vitae Gratis
Tips membuat curriculum vitae

Sebelum membahas tentang aplikasinya, maka kali ini pun akan dibahas terlebih dahulu mengenai apa itu curriculum vitae. Jadi curriculum vitae ini biasa juga dikenal sebagai CV. Dimana CV ini berisi tentang riwayat hidup seseorang.

Baca juga: 10 Website penghasil uang yang populer  

Jadi pada CV ini biasanya berisi tentang data pribadi sebagai profil yang perlu ditunjukkan saat akan Melamar sebuah pekerjaan. Misalnya adalah latar belakang pendidikan, pengalaman kerja atau bagian profil lainnya. Ini agar perusahaan atau pihak yang dituju tahu.

Sebab itu CV yang dibuat haruslah menarik agar pihak yang dituju tertarik dengan riwayat hidup yang dituliskan. Sekarang pun sudah berbagai jenis aplikasi tersedia, yang akan mempermudah dalam proses pembuatan. Bahkan dengan berbagai template pilihan.

Aplikasi yang bisa digunakan untuk membantu membuat CV atau curriculum vitae ini ada berbagai macam developer. Ada yang bisa digunakan secara gratis, namun ada juga yang mengharuskan untuk berlangganan. Sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Baca juga: Apa itu purchasing?

Aplikasi Untuk Membuat CV Secara Gratis

Setelah mengetahui apa itu curriculum vitae, maka kali ini akan dibahas mengenai hal yang paling penting. Jadi pada pembahasan kali ini akan disebutkan mengenai beberapa aplikasi Aplikasi membuat curriculum vitae gratis yang bisa digunakan. Berikut uraiannya:

1. Canva

Aplikasi pertama dan juga sudah sangat umum diketahui adalah aplikasi canva. Jadi Canva adalah aplikasi yang bisa didownload di perangkat smartphone. Sedang jika ingin menggunakannya di laptop atau PC, hanya bisa mengakses situsnya.

Canva sendiri merupakan sebuah aplikasi yang menyediakan berbagai kebutuhan edit foto juga membuat CV bahkan resume. Di sana ada dua opsi yang dapat dilakukan, yakni membuat sendiri secara manual atau menggunakan template yang tersedia.

Sebenarnya aplikasi ini bukan aplikasi yang menggratiskan semua fitur yang ada di dalamnya. Sebab ada juga fitur yang harus membelinya terlebih dahulu baru bisa digunakan, namun banyak pula fitur gratis.

Baca juga: Pengertian Internet menurut para ahli

2. CV Maker Resume Builder PDF

Kemudian aplikasi kedua yang bisa coba untuk digunakan adalah aplikasi bernama CV Maker Resume Builder PDF. Di mana di dalamnya, juga tersedia banyak sekali template yang dapat digunakan. Sehingga tidak perlu membuatnya secara manual.

Aplikasi ini juga tentunya bisa digunakan di smartphone sehingga tidak akan masalah bagi yang tidak memiliki PC. Selain itu, penggunaannya yang gratis akan semakin mempermudah pembuatan CV. Jadi bisa membuat CV sepuasnya.

3. Resume Start

Lalu untuk Aplikasi membuat curriculum vitae gratis adalah aplikasi bernama resume Start. Aplikasi ini juga bisa dimanfaatkan untuk membuat CV menggunakan smartphone. Di dalamnya juga sudah dilengkapi dengan berbagai jenis fitur keren.

Soal penggunaan maka sama seperti judul yang digunakan, bahwa aplikasi ini bisa dipakai secara gratis. Kemudian file CV juga bisa dibentuk dalam format PDF. Kerennya lagi, bahwa Anda bisa membagikan secara langsung lewat email.

4. MyPerfectCV

Lalu untuk aplikasi yang keempat adalah aplikasi bernama MyPerfectCV, bagi Anda yang tidak memiliki keahlian grafis maka sangat direkomendasikan. Hal ini dikarenakan aplikasi menawarkan fitur yang mudah dijalankan. Tentunya oleh pemula sekalipun.

Sama halnya seperti beberapa aplikasi lain, bahwa MyPerfectCV ini juga menyediakan berbagai template yang dapat digunakan. Sehingga Anda pun tinggal mengedit sesuai dengan. Kebutuhan. Jadi tak harus membuat dari awal.

Tentunya jika nanti curriculum vitae yang diinginkan sudah jadi, maka bisa diunduh dalam format yang ditemukan. Sehingga nantinya akan mudah jika akan dikirim dalam melamar di sebuah perusahaan. Tentu penggunaannya pun bisa dilakukan secara gratis.

Baca juga: Warehaouse adalah?

5. Carrd

Jika di atas, mungkin hasil yang akan didapatkan dari pengunduhan file ini berbentuk dalam format pdf dan sebagainya. Namun jika menggunakan aplikasi Carrd, maka CV yang dibuat bisa dalam bentuk website. Bahkan untuk membuat dokumen lainnya.

Jadi Carrd ini bukan hanya untuk membuat CV dalam bentuk situs web saja, namun juga bisa digunakan untuk membuat portofolio. Di dalamnya juga tersedia berbagai fitur unggulan. Bahkan memungkinkan Anda untuk terhubung dengan orang secara online.

Dalam Aplikasi membuat curriculum vitae gratis ini juga tersedia banyak sekali pilihan template yang bisa digunakan. Jadi nanti bisa dimodifikasi sebanyak apapun sesuai dengan kemauan. Atau malah ingin membuat secara manual.

Demikian adalah ulasan sekilas mengenai Aplikasi membuat curriculum vitae gratis yang bisa dijadikan sebagai solusi. Dengan lima aplikasi yang telah disebutkan, setidaknya Anda akan mudah dalam menentukan. Jadi pilihlah yang sekiranya sesuai dan mudah dipakai.