Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Meningkatkan Penjualan Online Agar Mampu Bersaing dan Bertahan

Barangku.id - Saat menjalankan sebuah usaha, cara meningkatkan penjualan tentu sering terbesit di benak Anda. Apalagi di tengah pesatnya perkembangan dunia online seperti sekarang ini. Modal saja tidak cukup untuk menaikkan penjualan, perlu ada ilmu dan praktik berulang.

Terjun ke dunia online bukanlah hal baru. Namun, sejak pandemi menyerang berbagai negara di dunia, pangsa pasar online semakin luas. Banyak orang membeli kebutuhan dan keinginannya dari rumah, berbekal smartphone.

Ini berdampak terhadap persaingan yang semakin ketat, karena banyak orang beralih ke media online untuk berjualan. Masing-masing memiliki keunggulannya sendiri. Agar dapat bersaing dan menaikkan penjualan, berikut beberapa cara yang bisa diterapkan:

1. Meningkatkan Target Pasar

cara meningkatkan penjualan online
Cara meningkatkan penjualan dengan benar

Perluas target pasar yang sudah ada, sehingga lebih banyak orang melihat produk yang ditawarkan. Agar targetnya semakin luas, Anda perlu lebih banyak melakukan promosi. Ada banyak platform yang mendukung iklan misalnya Facebook, Instagram, dan banyak lainnya.

Baca juga: Cara menawarkan produk agar konsumen tertarik

Jika mampu, memanfaatkan platform online yang banyak sehingga menjangkau lebih banyak orang. Bisa jadi penjualan yang rendah selama ini karena tidak banyak orang mengetahui produk Anda, padahal mereka membutuhkannya.

Beberapa platform menerapkan harga tertentu untuk memasang iklan, bisa berbeda-beda tergantung pengaturan yang diinginkan. Untuk itu, pastikan sudah membuat budgeting terkait penggunaan iklan di jejaring sosial.

2. Mengevaluasi Kualitas Produk

Lakukan evaluasi terhadap produk saat ini. Apakah orang memerlukan produk ini? Hal apa yang membuatnya memiliki nilai lebih? Bisakah produk ini mendatangkan manfaat dan kesenangan untuk pemakainya?

Produk dengan kualitas baik akan meningkatkan rasa percaya pelanggan, apalagi jika mereka terbantu dengan adanya produk Anda. Sebab jika kualitasnya bagus, pelanggan dapat menerima bila harga produknya cukup tinggi. Ini sebanding dengan manfaat yang didapatkan.

Baca juga: Cara menghitung HPP produk makanan

3. Membangun Marketing dengan Komunikasi Dua Arah

Cobalah menggunakan pendekatan yang menitikberatkan komunikasi dengan pelanggan. Cara meningkatkan penjualan cukup efektif, karena memberikan kesempatan bagi pelanggan untuk terlibat. Dengan begitu, tidak lagi merasa saling asing.

Jika sudah familiar dengan penjual yang interaktif, pelanggan akan lebih mudah untuk melihat sisi positif dari bisnis tersebut. Misalnya mengadakan giveaway, undian, tanya jawab, dan lainnya. Keterlibatan pelanggan, seringkali membawa dampak positif terhadap penjualan.

Sebagai contoh mengadakan giveaway, biasanya memberikan tantangan tertentu untuk dilakukan pelanggan. Yang paling sering adalah membagikan postingan ke beberapa teman atau kerabat. Ini tentu dapat menaikkan peluang produk tersebut untuk dilihat orang lain.

4. Melakukan Riset Secara Berkala

Sebagai pelaku usaha, Anda wajib untuk melakukan riset setiap beberapa waktu. Sebab, kebutuhan masyarakat senantiasa mengalami pergerakan. Anda dapat melakukan riset untuk melakukan penyesuaian terhadap produk yang dijual.

Seringkali produk menurun penjualannya bukan karena kualitas buruk, namun karena tren kebutuhan berubah. Ini berdampak terhadap perilaku belanja. Lakukan inovasi dari konsep produk yang sudah ada sehingga tetap menarik minat masyarakat untuk membelinya.

Bisa juga tetap mempertahankan produk yang sudah ada, namun melakukan perubahan tertentu. Mulai dari cara akses yang lebih sederhana, menghilangkan aspek yang tidak dibutuhkan, dan lainnya. Kemudahan juga membantu meningkatkan penjualan produk.

5. Menghadirkan Jasa Customer Service

Pastikan untuk memberikan layanan terbaik bagi pelanggan. Cara meningkatkan penjualan ini dapat dilakukan dengan menyediakan customer service. Tidak hanya ramah, namun juga profesional, ber pengetahuan terkait produk, dan berorientasi terhadap customer.

Dengan pelayanan langsung dari pihak yang khusus di bidang CS, akan membuat bisnis lebih efisien. Jika satu orang menangani banyak tugas sekaligus, pelayanannya akan menurun, apalagi bila sedang padat-padatnya.

Jangan sampai meremehkan pelayanan, sebab produk yang menarik sekalipun akan sulit laku dalam jangka panjang bila pelayanannya buruk. Pelayanan berkaitan langsung dengan hubungan antar manusia, sehingga turut menentukan minat pelanggan untuk membeli.

Sudah sering terjadi, masyarakat membeli benda yang tidak terlalu dibutuhkannya karena menyukai orang yang menawarkan. Bias rasa suka ini seringkali tidak disadari, namun sikap dan perilaku membawa dampak besar terhadap penjualan produk.

Baca juga: Rekomendasi kerja online langsung dibayar ke rekening

6. Memberikan Penawaran Menarik

Berikan penawaran yang menarik pelanggan sebagai cara meningkatkan penjualan. Banyak orang melakukan pembelian karena selain produknya yang bagus, juga disertai dengan diskon. Namun, pastikan jika diskon ini masih sesuai harga produksi sehingga tidak merugi.

Mengadakan program diskon yang tidak memberatkan Anda sebagai penjual, dan melakukannya di momen khusus. Sebagai contoh hari raya, tahun baru, dan banyak lainnya. Penawaran menarik ini dapat membuat pelanggan lebih cepat untuk membayar.

7. Menerapkan Strategi Bundling

Gunakan strategi bundling sebagai upaya untuk meningkatkan penjualan. Bundling merupakan strategi dimana penjual menyatukan beberapa produk sekaligus menjadi satu paket. Dengan begitu, harga yang diberikan kepada pelanggan juga lebih bersahabat.

Paket bundling ini terbukti cukup efektif menaikkan penjualan, sebab pelanggan merasakan manfaat lebih. Dengan biaya tertentu, bisa mendapatkan beberapa barang sekaligus dengan kualitas yang bagus.

Baca juga: Cara menentukan harga jual produk bagi reseller

8. Memperkuat Brand

Perhatikan brand yang dijual, apakah sudah cukup kuat? Cara meningkatkan penjualan ini sangat penting, sebab brand itu sendiri akan mendukung penjualan. Pelanggan akan lebih tertarik membeli produk yang brand-nya sudah cukup kuat.

Jika brand belum kuat, Anda harus bisa bersaing menggunakan harga pasaran. Dengan brand yang kuat, tidak perlu membanting harga untuk bersaing, karena akan sulit mendapatkan omset. Bangun kepercayaan pelanggan, tunjukkan value apa yang ditawarkan.

Itu tadi berbagai cara meningkatkan penjualan yang bisa dilakukan oleh para penjual online. Seperti yang diketahui, berjualan online memang meminimalisir biaya sewa tempat yang melejit. Namun, juga perlu diiringi berbagai upaya sehingga penjualannya mencukupi.

Baca juga: Cara menawarkan produk lewat Whatsapp

Tidak cukup dengan satu tindakan, namun perlu kombinasi dari beberapa hal. Berjualan bukanlah sesuatu yang mudah, memerlukan konsistensi serta kemauan untuk terbuka dengan metode baru. Namun, jangan sampai kehilangan jati diri dan terbawa arus semata.