Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Menawarkan Produk Lewat Whatsapp Agar Cepat Closing

Barangku.id - Ada banyak teknik penawaran produk yang dapat dilakukan oleh pebisnis pemula atau profesional. Melalui Whatsapp, Anda tetap bisa menawarkan produk Anda kepada pelanggan atau kontak yang ada di Whatsapp. Nah, dikesempatan kali ini kita akan mengulas cara menawarkan produk lewat whatsapp untuk kemajuan bisnis.

Mengapa Perlu Berpromosi di WhatsApp?

Kita tahu bahwa, saat ini whatsapp tidak hanya digunakan orang untuk berkirim pesan saja. Namun aplikasi whatsapp sudah ramai digunakan oleh para pebisnis. Hal ini dikarenakan kemudahan dan fitur-fitur yang ditawarkannya semakin canggih dan banyak membantu dalam hal berpromosi.

Hal pentingnya adalah whatsapp sudah menjadi pilihan terbaik masyarakat indonesia dalam urusan berkirim pesan. Ini merupakan peluang baik yang harus dimanfaatkan oleh pebisnis untuk menawarkan produk melalui whatsapp. Denganya peluang untuk bisa closing pembeli akan lebih besar.


Seiring berjalannya waktu aplikasi whatsapp terus melakukan inovasi  agar penggunanya semakin termanjakan oleh fitur-fitur yang ada pada whatsapp tersebut. Hal ini dibuktikan dengan hadirnya fitur baru yaitu Whatsapp bisnis. Berikut ini merupakan cara menawarkan produk lewat Whatsapp agar cepat closing.
Cara Menawarkan Produk Lewat Whatsapp
Pada artikel berikut ini membahas bagaimana cara untuk mempromosikan suatu produk

Cara Menawarkan Produk Lewat WA

Jika Anda bertanya bagaimana cara menawarkan barang kepada konsumen? Maka salah satu jawabannya adalah dengan menggunakan Whatsapp. Berikut ini cara promosi produk di whatsapp agar cepat closing:

1. Melalui Broadcast

Whatsapp memiliki fitur broadcast yang dapat memudahkan penggunanya untuk melakukan penyebaran informasi ke banyak kontak secara bersamaan. Fitur ini tersedia di aplikasi Whatsapp biasa maupun Whatsapp Bisnis.


Untuk menggunakan fitur ini, Anda harus membuat daftar kontak terlebih dahulu yang terkait dengan penawaran produk Anda. Jika sudah menyiapkan kontak, lalu Anda bisa langsung membuat pesan broadcast dengan teknik copywriting yang menarik.

2. Menggunakan Whatsapp Status

Cara menawarkan produk lewat Whatsapp selanjutnya yaitu menggunakan Whatsapp status. Fitur ini merupakan hasil pengembangan dari aplikasi Whatsapp, dengan menggunakan fitur status, Anda bisa menawarkan produk kepada kontak Anda secara tidak langsung.

Di sini Anda dapat mengunggah status berupa kalimat, gambar, ataupun video sebanyak mungkin. Biasanya status Whatsapp akan muncul di menu bar Status. Nantinya kontak Anda dapat melihat status yang Anda bagikan. Baca cara mudah jualan di whatsaapp

3. Melalui Grup

Sebagai pebisnis, setidaknya Anda masuk ke salah satu atau beberapa grup khusus jual beli. Nantinya dari grup Whatsapp ini Anda bisa saling bertukar informasi mengenai produk orang lain ataupun produk Anda sendiri. Jadi, Anda bisa sekalian mempromosikan produk Anda.

Ini merupakan cara menawarkan produk lewat Whatsapp yang cukup efektif asal anggota grup tersebut banyak. Jika banyak dan ada yang tertarik, maka orang tersebut bisa langsung menghubungi Anda melalui pesan pribadi.

Apabila ada calon pelanggan yang menghubungi Anda dan bertanya soal produk Anda, bisa jadi hal tersebut karena postingan Anda di grup yang menawarkan produk. Namun pastinya yang melakukan penawaran bukan hanya Anda saja, jadi Anda harus rajin dan konsisten untuk melakukan penyebaran informasi. 

Baca juga: 11 Aplikasi pendukung bisnis online terbaik yang wajib pebisnis tahu

4. Membuat Katalog Produk

Pada Whatsapp Bisnis, tersedia fitur katalog produk yang bisa Anda gunakan untuk menyimpan foto atau video produk yang dijual. Adanya katalog produk di profile Whatsapp Anda maka bisa memberikan kemudahan bagi customer yang tertarik dengan produk Anda.

Anda bisa menambahkan item hingga 500 item ke katalog produk di Whatsapp. Dengan jumlah katalog yang banyak tersebut, tentunya customer bisa langsung melihat produk apa saja yang Anda jual dan mungkin saja ada yang dibutuhkan.

5. Membuat Konten Berkualitas

Cara menawarkan produk lewat Whatsapp yang terakhir yaitu dengan membuat konten yang berkualitas. Jika Anda ingin jualan Anda laku, maka Anda harus rajin melakukan pemasaran. Salah satu teknik pemasaran yang efektif adalah dengan membuat konten yang menarik.

Baca juga: Inilah usaha dagang yang laku setiap hari dan menjanjikan

Buatlah konten yang berkaitan dengan produk Anda namun tetap informatif bagi customer. Jadi, customer tidak hanya mengetahui tentang produk Anda, melainkan customer juga mendapat edukasi yang dapat menambah inspirasi.

Buat juga konten yang menarik dan mengikuti tren, sebab pelanggan selalu mengikuti informasi tren terkini yang sedang ngehits dan menjamur. Jadi, dengan membuat konten yang kekinian juga bisa berpotensi menaikkan penjualan produk Anda.

Waktu Terbaik Broadcast Whatsapp

Pelajari lebih dalam terkait waktu terbaik untuk  melakukan promosi atau broadcast  melaui WA. Agar komsumen Anda bisa membaca isi konten dari pesan yang disampaikan dan tidak merasa terganggu dengan pesan tersebut. 

Berikut diantara waktu yang tepat untuk promosi dan broadcast;

1. Pertama, silahkan berpromosi di waktu sebelum tidur dan ketika bangun dari tidur. Aktifitas pengantar tidur biasa dilakukan oleh kebanyak orang dengan memegang HP. Hanya sekedar melihat-lihat akun sosmed atau pesan-pesan yang masuk.

Nah, di waktu inilah yang tepat untuk melakukan promosi dan broadcast di WA. Saat malam bisa hari bisa promisi di kisaran pukul 07.00 malam sampai pukul 09.00 malam.

Demikian pula di waktu pagi hari sebelum beranjak dari tempat tidur kebanyak dari kita terlebih dahulu mengecek HP, berselancar dengan sosmed dan melihat pesan-pesan yang masuk. Hal ini berlangsung kisaran pukul 05.00 sampai pukul 06.00 pagi hari.

2. Kedua, waktu yang baik untuk promosi dan broadcast juga pada jam istirahat kerja. Biasanya di waktu tersebut orang-orang berkesempatan berintraksi dengan HP.  Di waktu tersebut kebanyakkan orang mengecek pesan whatsapp yang masuk dan media sosial lainnya.

Disamping itu waktu istirahat makan siang juga perlu mendapat perhatian untuk melakukan promosi dan broadcast ini, waktu makan siang adalah waktu yang benar-benar santai sembari bermain HP. Namun perlu dingat bahwa waktu istrirahat dan jam makan siang waktunya cukup singkat. Jadi diperlukan gerak cepat untuk meng-update story atau promosi tadi.

3. Terkhir, dari waktu terbaik untuk promosi adalah di waktu santai sore hari. Di waktu ini, perlu diketahui terlebih dahulu siapa dari target promosi kita. Jika barang dagangan anda  banyak digunakan oleh kaum remaja maka baiknya promosi pada pukul 03. 00 sampai 05.00 sore.


Jika di rasa produk Anda banyak digunakan oleh kalangan ibu rumah tangga, maka disarankan untuk tidak melakukan promosi pada waktu-waktu masak. Kita tahu di jam masak biasanya ibu-ibu sibuk dengan masakannya. Anda bisa berpromosi di jam setelah ibu-ibu masak yaitu kisaran pukul 06. sore.

Contoh Broadcast Whatsapp Promosi

1. Contoh Broacast Promosi di WA Jualan Jilbab

Jika Anda jualan peralatan yang bersifat agamis maka disarankan untuk diawali kalimat Bismillah, diawali dan diakhiri dengan salam. Tutur sapa yang lebih terasa keagamaannya. Sebagai contoh:

Bismillah,

Assalamualaikum Wr.Wb

Hai sahabat beriman, kini telah hadir di Hijab Store aneka model jilbab kualitas terbaik dan terbaru loh.
Sangat cocok digunakan siapa pun, tua, muda, dan anak-anak sekalipun. Karena kami hadir dengan berbagai ukuran dan warna yang cantik.

Yuk dilihat-lihat...

Harganya pun hanya 50 ribuan loh.

Jangan khawatir, meski harganya murah namun bukan berarti murahan ya. Kualitas terjamin insya Allah.

Kabar baiknya, buat kamu yang ingin jadi reseller toko kami bisa banget loh.

Tunggu apa lagi, tampil cantik dan syar'i bersama Hijab Store. 

Cek katalog kami di sini ya: (Link Katalog produk)

WA: 012345678910

Terimakasih, Wassalamualaikum Wr.Wb

2. Contoh Broadcast Promosi di WA Konter HP

Bisa juga diawali dengan kalimat salam dan dibuka dengan kata maaf atas menggangu waktunya. Berikut sebagai contoh:

Assalamualaikum teman-teman. 
Maaf ya mengganngu waktu istirahatnya. 
Oya teman-teman, Brother Cell menyediakan banyak layanan loh diantaranya:
  • Jual Pulsa
  • paket Internet dan kuota
  • Token listrik
  • Top up dompet digital. Seperti Ovo, Dana, Gopay, dll
  • Servis HP
  • Jual Aneka jenis casing HP
  • Kartu perdana
  • Dll.
Jika butuh sesuatu seperti di atas, jangan sungkan untuk menghubungi kami ya. 
di WA:  01234567891011

Terimaksih dan salam sehat selalu.

3. Contoh Broadcast Promosi di WA Jual Makanan

Produk makanan juga sangat bisa untuk kita promosikan ke teman-teman melalui whatsapp. Berikut contoh promosi dan broadcast nya:

Assalamualaikum Wr. Wb
Hai pecinta Pempek, Kini hadir di kampung halaman Anda 'Rumah Pempek' dengan aneka varian pempek asli palembang dengan cita rasa khas Wong Kito. Tersedia lengkap:
  • Pempek Selam
  • Pempek lenjer
  • Pempek bakar
  • Pempek lengggang
  • pempek Koplit
  • dan lain-lain
Kabar gembar baiknya, karna kami masih dalam masa launching maka kami hadirkan paket BELI 1 GTRATIS 1.
Yuk buruan jangan sampai kehabisan paket launching nya ya. karna terbatas sampai tanggal 1 Mei 20XX.

Terimakaih dan sampai jumpa di Rumah Pempek.


Itu dia cara menawarkan produk lewat Whatsapp. Cara-cara di atas bisa langsung diterapkan oleh Anda melalui aplikasi Whatsapp untuk menawarkan produk jualan Anda kepada semua kontak yang ada di handphone Anda. Tentunya cara di atas dinilai cukup efektif untuk menaikkan penjualan.