Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Pay Per Click Adalah Apa? Mari Simak Penjelasannya!

Barangku.id - Terdapat sebuah sistem pemasaran di internet yang bernama pay per click. Sebuah sistem pemasaran yang modern dan juga lebih efektif tentunya. Jadi, pay per click adalah apa? Di sini akan dijelaskan semuanya dengan rinci.

Saat ini sudah banyak sekali yang menggunakan sistem pemasaran sistem pay per click. Bahkan, jika sedang melakukan penjelajahan di internet, biasanya sistem pay per click ini langsung akan muncul di beranda situs pencarian.

Di bawah ini akan dijelaskan dengan detail mengenai sistem pemasaran di internet yang bernama pay per click. Mari, simak bersama penjabaran lengkapnya berikut ini!

Baca juga: Apa itu agency?

Pengertian Pay Per Click

Pay Per Click Adalah
Iklan ppc adalah

Terdapat sebuah sistem pemasaran digital yang saat ini dipakai oleh banyak orang. Namanya dari digital marketing tersebut adalah pay per click. Sistem tersebut, sudah banyak digunakan oleh para pebisnis untuk memasarkan produknya.

Uniknya, Anda hanya perlu membayar setiap satu klikan pada iklan tersebut. Jadi, yang memasang iklan hanya perlu membayar jumlah orang yang masuk dalam iklan tersebut. Sehingga, lebih efektif dan juga biayanya juga lebih terjangkau.

Biasanya para pengunjung akan diarahkan ke sebuah web mengenai produk yang dipasarkan tersebut. Dengan masuk ke dalam web tersebut, diharapkan pengunjung mau membeli produknya. Jika tidak membeli pun pemasang iklan harus tetap membayar jasa pemasaran tersebut.

Jadi, pay per click adalah sistem pemasaran sesuai dengan jumlah pengunjungnya. Oleh karenanya, bisa menyesuaikan budget yang ada juga.

Baca juga: Rekomendasi 10 website penghasil uang yang populer

Selain itu, lebih efisien dan juga sering dilihat oleh banyak orang juga. Jadi, memang banyak keuntungan yang diperoleh dari sistem pemasaran yang satu ini.

Jenis-Jenis Pay Per Click

Setelah mengetahui pay per click adalah apa, Anda juga perlu mengetahui jenis-jenis dari pay per click. Siapa tahu Anda ingin menggunakan model pemasaran yang satu ini untuk memasang sebuah iklan. Inilah beberapa jenisnya:

● Display Ads. Untuk jenis yang pertama yaitu ada Display Ads, yang mana sebuah iklan yang berupa teks dan juga gambar. Biasanya jenis iklan pay per click yang satu ini akan muncul di beberapa website yang sudah melakukan kerja sama dengan Google.

● Social Media Ads. Jenis yang selanjutnya yaitu ada Social Media Ads. Sebuah jenis iklan pay per click yang biasanya muncul di sosial media. Untuk jenis iklan yang satu ini biasanya sesuai dengan target pasarnya dan yang pasti berbayar juga.

● Search Ads. Pada jenis yang berikutnya yaitu ada Search Ads. Umumnya, iklan akan muncul di sisi atau samping hasil pencarian di situs tersebut. Jadi, sesuai dengan apa yang Anda cari di situs pencarian.

● Google Ads. Jika sedang bingung menggunakan jenis yang mana, Anda bisa juga menggunakan Google Ads. Jenis ini paling umum digunakan oleh banyak orang. Biasanya iklan ini akan muncul di sekitar halaman Google dengan logo “Ad.”

● Remarketing. Anda bisa juga menggunakan jenis iklan pay per click yang bernama Remarketing. Namun, biasanya jenis ini hanya akan muncul sesuai dengan pencarian yang dicari oleh target sebelumnya. Jadi, keuntungannya yang akan berkunjung hanya orang yang tertarik saja.

Baca juga: Mengenal lebih jauh tentang Rekber

Manfaat Sistem Pay Per Click

Apabila Anda sudah mengetahui pay per click adalah apa dan juga jenis-jenisnya. Maka, penting juga bagi Anda untuk mengetahui manfaat menggunakan model pemasaran yang satu ini. Langsung saja intip penjabarannya di bawah ini:

● Pengeluaran biaya lebih terjangkau. Berbeda dengan pemasangan iklan yang lainnya, yang mana sistem pay per click ini biayanya lebih terjangkau. Anda tak perlu mengeluarkan uang berlebih untuk memasang iklan. Bahkan, Anda bisa menggunakan uang ratusan ribu saja.

● Lebih menghasilkan. Jika menggunakan model pemasaran yang satu ini, Anda juga bisa melihat hasilnya dengan lebih cepat dan juga jelas. Jadi, tak membutuhkan waktu yang lama untuk mengetahui hasil iklan yang dipasarkan melalui sistem ini.

● Tidak menggunakan algoritma. Keuntungan yang akan Anda dapatkan berikutnya adalah sistem ini tidak menggunakan algoritma. Berbeda dengan sistem pemasaran lainnya yang masih menggunakan sistem algoritma. Jadi, iklan akan tetap muncul dan tidak terpengaruh oleh algoritma.

● Dapat menentukan target. Untuk keuntungan yang berikutnya adalah Anda bisa menentukan targetnya sendiri. Bahkan, target tidak akan dibatasi dan bisa jadi pengunjung akan bertambah banyak di setiap harinya. Namun, bisa juga dibatasi sesuai dengan produk yang sedang dipasarkan.

Baca juga: Pengertian internet dari para ahli

Cara Membuat Iklan Pay Per Click

Jika Anda tertarik untuk menggunakan sistem pemasaran pay per click, maka di bawah ini akan disajikan cara untuk membuat iklan dengan sistem tersebut. Di bawah ini terdapat contoh membuat pay per click melalui Google. Inilah tutorialnya:

● Bukalah halaman Google yang ada di perangkat ponsel maupun laptop Anda.

● Kemudian Anda bisa membuat akun Google, tetapi jika sudah ada tinggal masuk ke Akun Google tersebut.

● Setelah itu Anda bisa memilih jenis “Goal” yang sesuai dengan bisnisnya.

● Lalu tentukan juga jangkauan lokasi target yang Anda inginkan.

● Selanjutnya atur juga kategori bisnis dan juga target pasarnya, agar Google bisa mengaturnya dengan mudah.

● Berikutnya jangan lupa untuk menyalin iklan tersebut.

● Lalu Anda juga bisa menentukan dana yang tersedia dan pilih metode pembayarannya juga.

Jadi, itulah sekilas tentang pay per click adalah apa. Anda bisa menggunakan sistem pemasaran tersebut untuk memasang iklan di internet. Selain lebih efektif, biayanya juga bisa ditentukan sesuai dengan dana yang ada.