Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Agency Adalah? Pengertian, Jenis dan Struktur Organisasnya

Barangku.id - Banyak yang telah mengetahui bahwa agency adalah tempat bekerja yang menawarkan budaya kerja dengan mengunggulkan kekreatifan. Tak hanya itu, agensi juga memberikan jam kerja yang fleksibel dan menarik banyak peminat dari kalangan muda.

Namun, nyatanya sebagian besar orang belum mengetahui seluk beluk tentang dunia agensi. Jika ingin masuk ke dunia agensi maka harus memahaminya terlebih dahulu. Mulai dari pengertian, jenis, hingga pada cara kerjanya akan dijelaskan pada ulasan berikut:

Apa itu Agency?

Agency Adalah
Arti Agency

Pertanyaan mengenai pengertian dari agensi kerap dilontarkan oleh banyak orang. Agency adalah sebuah organisasi ataupun bisnis yang menyediakan suatu layanan jasa khusus dan bisa menjadi perantara antara kedua belah pihak. Perusahaan agensi biasanya spesifik.

Baca juga: Rekomendasi website penghasil uang

Perantara antara kedua pihak tersebut biasanya merupakan orang-orang yang memerlukan jasa dari agensi guna menyelesaikan suatu program kerja. Mulai dari bidang marketing, advertising, dan branding merupakan salah satu contoh macam-macam agensi di Indonesia.

Kelebihan Bekerja di Agency

Agensi juga bisa melayani sesuai brief dari para klien. Maka dari itu, tak heran apabila pekerja di perusahaan agensi memiliki kreativitas yang tinggi dan terbiasa menghadapi pelbagai macam klien. Beberapa kelebihan bekerja di agensi adalah sebagai berikut:
  • Mempunyai skala usaha yang fleksibel. Agensi bisa bekerjasama dengan perusahaan maupun klien dari tingkat kecil hingga ke besar.

  • Menjadi suatu bisnis yang membantu usaha lain. Sesuai dengan salah satu tugas dari keberadaan agensi adalah untuk menyiapkan pelbagai macam bidang usaha untuk korporasi maupun multinasional. Hal tersebut bertujuan untuk menghadapi era digital.

  • Menambah nilai digital pada suatu perusahaan. Keunggulan berikutnya dalam bekerja di agensi adalah bisa menambah nilai digital di suatu perusahaan milik klien. Tentunya perusahaan harus meningkatkan performa digitalnya dan tidak boleh ketinggalan zaman agar tetap berkembang.

  • Merupakan usaha yang mudah dirintis. Usaha di bidang agensi akan dapat mudah dirintis jika mempunyai pekerja yang kompeten dengan skill yang mumpuni. Keahlian seperti desain grafis dan juga marketing merupakan hal dasar yang harus dimiliki oleh pekerja dalam bidang agensi. Jika mempunyai orang-orang dengan skill tersebut, maka agensi akan berjalan dengan sukses dan lancar.
Baca juga: Apa itu Rekber?

Kelebihan yang ada pada usaha agensi di atas tentu akan sangat menguntungkan para klien dan juga pekerja. Kreativitas juga merupakan hal pokok yang harus dimiliki oleh pekerja di bidang agensi. Berikut adalah jenis-jenis dari agensi:

Jenis-Jenis Agency

Jenis-jenis dari agency adalah agensi digital, agensi marketing, periklanan, agensi hiburan, agensi branding, dan agensi kreatif. Pelbagai jenis dari agensi tersebut perlu diketahui pula tugasnya melalui ulasan berikut:

1. Agensi Digital

Jenis agensi yang pertama ini pastinya sudah kerap didengar oleh banyak orang. Digital Agency merupakan salah satu jenis agensi yang menyediakan jasa mengenai seputar dunia digital. Seperti halnya pembuatan web desain, SEO, SEM, dan sebagainya.

2. Agensi Marketing

Beralih ke agensi marketing yang memberikan jasa konsultasi untuk membantu pengembangan suatu strategi marketing untuk klien. Tugas dari agensi ini adalah untuk memahami pengembangan produk, pencarian target pasar, dan sebagainya.

3. Periklanan atau Advertising Agency

Layanan periklanan agensi ini digunakan oleh semua kalangan. Seperti contoh iklan di TV maupun di media cetak merupakan salah satu hasil dari agensi periklanan. Adanya agensi ini akan mengenalkan suatu produk milik klien ke masyarakat luas.

Baca juga: Pengertian Internet dari para ahli

4. Agensi Hiburan atau Entertainment Agency

Jenis agensi berikutnya ini pastinya telah diketahui oleh banyak orang. Agensi ini menyediakan banyak orang dengan bakat unik yang pastinya bisa menghibur masyarakat. Sama halnya seperti artis yang dinaungi oleh suatu agensi.

5. Agensi Branding

Selanjutnya adalah agensi branding yang bertugas guna membentuk brand dari produk yang dimiliki klien. Tugasnya seperti contoh pengurusan logo, moto brand, proses produksi hingga pasca produksi menjadi job desk dari agensi tersebut.

6. Agensi Kreatif

Beralih ke jenis agensi yang terakhir merupakan agensi kreatif atau creative agency yang bertugas untuk membuat konten-konten kreatif. Tak hanya itu saja, pembentukan image brand yang unik merupakan tugas dari keberadaan agensi ini.

Keenam jenis dari agensi di atas bisa langsung dipahami oleh pembaca. Tentunya pelbagai bidang di atas mempunyai layanan jasa yang berbeda dan tentunya bisa menjangkau semua kalangan.

Struktur Organisasi Agency

Setelah mengetahui pelbagai hal seputar agensi yaitu pengertian dan juga jenis-jenisnya, kini pembaca bisa memahami akan struktur organisasinya. Sama dengan bidang pekerjaan lain, agensi pun mempunyai struktur organisasi saat menjalankannya.

Baca juga: Purchasing adalah

Mulai dari direktur, media department, departemen kreatif, media depart, hingga admin. Job desk yang dimiliki oleh pelbagai struktur tersebut tentunya berbeda dan mempunyai satu tujuan yang sama yaitu untuk mengurus klien.

Jadi agency adalah sebuah perusahaan jasa layanan yang bermanfaat bagi banyak orang yang info lengkapnya telah dibahas. Ulasan di atas juga membahas mulai dari pengertian, jenis-jenis, beserta struktur organisasinya.