Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Ketahui Pengertian Internet dari Para Ahli dan juga Fungsi beserta Dampak Negatifnya

Barangku.id - Saat ini teknologi semakin berkembang, apalagi sejak adanya internet membuat semua hal menjadi mudah untuk dilakukan. Namun kemungkinan semua orang tidak tahu akan pengertian internet itu sendiri, meski telah menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari.

Oleh karenanya pada kesempatan kali ini, pembahasan yang akan dijabarkan yaitu tentang arti internet menurut para ahli dan juga fungsinya beserta dampak negatif yang ditimbulkan. Jadi simak dan ikuti pembahasan tersebut pada bacaan yang ada di bawah ini.

Pengertian Internet

Pengertian Internet
Pengertian Internet

Seperti yang diketahui, jika sekarang semua hal sudah berkaitan dengan Internet. Namun bukan berarti semua orang telah memahami pengertian internet itu sendiri. Oleh karenanya, pembahasan ini akan menjelaskan apa itu internet.

Baca juga: Definisi Inventory

Perlu pembaca ketahui jika internet itu adalah suatu sistem jaringan komputer secara global yang menghubungkan ke segala arah atau sisi. Kata internet sendiri memiliki arti “antara” yang berasal dari bahasa latin yaitu “inter”.

Jadi dapat disimpulkan bahwa internet tersebut artinya jaringan komputer yang saling berhubungan di seluruh dunia. Bahkan ada juga pendapat yang mengartikan internet itu suatu jaringan komunikasi global yang terhubung dengan milyaran komputer dengan menggunakan sistem IP atau TCP.

Pengertian internet Berdasarkan Pendapat Para Ahli

Selain pengertian diatas, para ahli juga ikut menyuarakan pendapatnya mengenai arti dari Internet. Dimana pengertin tersebut dapat dilihat dan pahami seperti dibawah ini:
  • Pendapat Berners Lee. Pengertian pertama disampaikan oleh Berners Lee. Dimana internet itu merupakan Suatu jaringan yang terdiri dari beberapa rangkaian sistem yang saling berhubungan

  • Pendapat Lani Sidharta. Kedua, pendapat dari Lani Sidharta yang mengartikan internet sebagai suatu komunikasi sebuah jaringan komputer yang mempunyai bentuk pelayanan yang sempurna.

  • Pendapat Ned Snell. Ada juga penuturan dari Ned Snell tentang internet. Dimana Snell mengungkapkan bahwa internet merupakan koridor bermacam sumber daya yang bisa dibuka melalui berbagai jenis perangkat.

  • Pendapat Suswono. Selain itu Suswono juga ikut memberikan pendapat terkait arti dari internet. Dimana maksudnya yaitu jaringan global yang berkumpul yang tidak satu orangpun bisa mengendalikan.

  • Pendapat Sibero. Tidak ingin kalah, Sibero juga menyampaikan pendapatnya. Hal itu mengenai pengertian dari internet yaitu suatu sistem jaringan komputer yang saling terhubung dengan skala global yang berjumlah milyaran.

  • Pendapat Harjono. Ungkapan pendapat lain juga datang dari Harjono. Dimana mengungkapkan jika internet merupakan suatu kumpulan jaringan komputer yang jumlahnya bisa mencapai jutaan bahkan milyaran di seluruh dunia.

Fungsi dari Internet

Selain pengertian Internet, penjelasan berikutnya akan menjabarkan tentang fungsinya untuk masyarakat. Apalagi seperti yang diketahui jika saat ini, hampir semua aktivitas menggunakan internet. Adapun fungsi yang perlu pembaca ketahui yaitu sebagai berikut:

1. Media Informasi

Fungsi pertama yang bisa dirasakan oleh semua orang tentang dari internet ini yaitu sebagai media untuk mendapatkan informasi. Seperti yang diketahui, jika untuk mencari berbagai informasi dan juga dalam mengaksesnya membutuhkan jaringan internet.

2. Media Bertukar Sumber Daya

Kedua dengan adanya internet, memudahkan masyarakat dalam melakukan pertukaran sumber daya. Contohnya saja saling berkirim data penting atau juga bisa saling membagikan video, foto, jurnal, karya atau lain sebagainya.

3. Mengakses Berita

Selain itu internet juga berfungsi untuk memudahkan dalam mengakses berita yang ada dan terupdate. Contohnya jika seseorang ingin melihat berita online, maka hal itu akan mudah dilakukan jika perangkat yang digunakan ada jaringan internetnya.

4. Berbelanja Lebih Mudah

Internet juga dapat memudahkan seseorang dalam kegiatan belanja. Hal itu dikarenakan dengan adanya internet, seseorang bisa melakukan belanja online tanpa harus pergi keluar rumah. Selain itu, bisa melakukan pembayaran juga dengan online.

5. Sarana Hiburan

Bahkan dengan adanya internet juga bisa dimanfaatkan sebagai hiburan. Maksudnya disini yaitu dengan internet seseorang bisa mengakses berbagai aplikasi, yang dapat dijadikan hiburan. Contohnya saja seperti Youtube, Facebook, TikTok, Instagram dan lain sebagainya.

Baca juga: Mengenal apa itu purchasing

Dampak Negatif dari Internet

Meskipun dengan adanya internet membuat semua hal menjadi mudah untuk dilakukan, namun ternyata ada dampak negatifnya. Oleh karenanya jika pengguna internet itu masih anak usia belia, maka perlu pengawasan orang tua. Adapun dampak yang ditimbulkan yaitu:

1. Marak Ungkapan Kebencian

Adanya internet untuk mengakses berbagai aplikasi sosial media, membuat seseorang mengungkapkan kebenciannya secara frontal. Bahkan kata-kata yang sering digunakan pun tidak layak untuk diucapkan.

bahkan tidak jarang pula seseorang mengkritik postingan orang lain dengan begitu sadisnya. Hal itu pastinya tidak baik untuk anak jika melihatnya. Oleh karenanya, lebih baik orang tua memantau selalu kegiatan anak dalam berselancar menggunakan internet.

2. Banyak Cyber Crime

Adanya internet ini juga membuat cyber crime bermunculan. Hal itu dikarenakan, internet memudahkan seseorang dalam melihat data penting orang lain atau lain sebagainya. Pastinya dengan kemudahan tersebut, membuat seseorang keinginan yang bisa menguntungkan diri sendiri.

Hal itulah yang memicu banyaknya cyber crime. Bahkan ada pula yang melakukan pemalsuan akun pada media sosial, hingga membuat pemilik akun asli menjadi rugi dan harus menanggung akibatnya. Pastinya, hal tersebut sangat meresahkan jika dibiarkan.

3. Banyak Konten Ilegal

Satu lagi dampak negatif yang ditimbulkan oleh internet yaitu banyaknya konten ilegal yang bertebaran dimana-mana. Hal itu, dikarenakan mudahnya seseorang dalam membagikan atau mengakses konten-konten yang tidak memiliki izin resmi.

Baca juga: Ingin join usaha tanpa modal? Berikut solusinya

Pastinya masalah tersebut akan berdampak jelek bagi perkembangan anak jika sampai diakses oleh pengguna belia. Oleh karenanya, penting bagi orang tua untuk selalu mengontrol penggunaan internet terhadap anak yang masih dalam pengawasan.

Itulah tadi seputar informasi mengenai pengertian internet dari berbagai pendapat para ahlinya. Selain itu di atas juga telah dijabarkan tentang fungsi dan juga dampak negatif dari internet itu sendiri. Jadi bagi seseorang yang memiliki anak, sebaiknya selalu kontor penggunaan internetnya.