Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

8 Brand Baju Terkenal Indonesia yang Sering Dikira dari Luar Negeri

Barangku.id - Kalau urusan fashion Indonesia terbilang punya brand baju terkenal yang asli buatan Negeri. Anda pun pasti sering mendengar brand-brand yang akan disebutkan dalam daftar di bawah ini. Namun, sebagian orang mungkin mengira brand ini berasal dari luar negeri.

Beberapa brand memang memiliki konsep yang membuatnya terlihat dari luar negeri. Padahal, merupakan brand dalam negeri dan pengembangannya pun di Indonesia. Soal kualitas, tidak perlu khawatir karena sangat bersaing dengan produk impor.

Kira-kira brand baju dari Indonesia apa saja yang terkenal dan sering dikira berasal dari luar negeri? Berikut adalah pembahasan selengkapnya mengenai brand-brand tersebut.

Baca juga: Analisis usaha Jilbab dengan modal yang sesuai

1. Cotton Ink

brand baju terkenal
Brand baju terkenal di Indonesia

Anda pasti sudah tidak asing dengan brand baju terkenal Cotton Ink. Brand ini memiliki banyak outlet di mall-mall Indonesia. Dengan konsep pakaian ready to wear, Cotton Ink menawarkan baju yang modis dengan kualitas yang baik.

Cotton Ink lebih fokus ke fashion perempuan dengan poin utama dalam desainnya yang menarik dan nyaman digunakan. Sesuai dengan namanya, brand ini menyediakan baju dengan bahan cotton yang super nyaman untuk aktivitas sehari-hari.

Dengan konsep dan desain yang modern, Anda mungkin mengira brand ini berasal dari luar negeri. Padahal, brand ini merupakan salah satu brand asli Indonesia dan sudah terkenal dengan mendapatkan berbagai penghargaan seperti Most Favorite Brand di Brightspot.

2. 3Second

3Second terbilang sebagai brand fashion yang paling terkenal di Indonesia. Brand 3Second sudah mengusung desain streetwear bahkan sebelum mode streetwear populer. Sudah berdiri sejak tahun 2002, 3Seconds bisa dibilang pionir dalam mode streetwear Indonesia.

Baca juga: Cara jualan baju preloved secara online  

Tidak hanya menyediakan gaya dan style yang unik. 3Second juga dikenal dengan dengan kualitas bajunya yang bagus dan tahan lama. Walaupun punya brand dengan nama Bahasa Inggris. Ternyata, brand ini merupakan brand asli Indonesia.

Jangkauan 3Second sekarang semakin besar, bahkan brand ini sudah membuka beberapa outlet di luar negeri. 3Second memproduksi banyak sekali produk fashion. Bermula dari kaos kemudian merambah ke sweater, hoodie, sampai kemeja.

3. BerryBenka

Nama dari brand baju terkenal ini memberikan kesan yang mewah dan elegan. Namun, ternyata produk-produk dari BerryBenka ini memiliki harga yang cukup terjangkau. Memang konsep utamanya adalah kemewahan desain dalam harga yang murah.

Selain baju, BerryBenka juga memproduksi berbagai fashion item lainnya. Seperti tas, sepatu, aksesoris, dan berbagai item lainnya. Produk dan desainnya sendiri lebih fokus pada fashion wanita.

Memiliki konsep marketing yang luxury, BerryBenka seringkali dianggap sebagai brand dari luar negeri. Padahal, brand ini asli Indonesia, bahkan BerryBenka tengah mengembangkan brandnya khusus untuk wanita muslim Indonesia.

Brand ini bernama Hijabenka yang sudah dirilis. Brand ini punya tujuan untuk memberikan kesan mewah pada tampilan wanita berhijab di Indonesia. Tentu dengan harga terjangkau.

Baca juga: Panduan cara jualan baju Thrift

4. Lea Jeans

Jika Anda suka menggunakan jeans, maka brand Lea Jeans pasti sudah tidak asing bagi Anda. brand satu ini sangat populer di Indonesia karena kualitas dan desain jeansnya yang bagus.

Ternyata tidak di Indonesia saja, brand ini juga sudah sampai ke luar negeri. Lea Jeans memang bukan nama baru di industri fashion tanah air dan internasional.

Sudah berdiri dan beroperasi sejak tahun 1976. Brand ini dikelola dan dikembangkan oleh PT. Lea Sanent.

Lea Jeans seringkali dikira sebagai brand yang berasal dari Negara Amerika Serikat. Kareena brand ini memiliki logo yang menyerupai bendera Amerika Serikat. Ternyata produk ini merupakan brand asli Indonesia namun dengan kualitas yang mendunia.

5. The Executive

Outlet dari brand baju terkenal saat ini sangat mudah ditemukan di berbagai mall yang ada di Indonesia. Sesuai dengan konsep brandnya, The Executive fokus untuk menyediakan baju dengan tampilan formal dan eksekutif.

Anda mungkin sering mengunjungi outlet The Executive untuk mencari baju untuk keperluan kantor dan pekerjaan. Karena selain desainnya yang formal cocok untuk acara resmi. Brand ini juga bisa memberikan baju dengan kualitas yang sangat bagus.

Baca juga: Cara jualan aksesoris keliling

Walaupun harganya terbilang cukup tinggi untuk pasar Indonesia. Namun, memang sesuai dengan kualitas produk yang diberikan. Dengan konsep tokonya dan desainnya, brand ini memang sering dikira brand dari luar negeri.

Padahal, brand ini asli dari Kota Bandung dan dikembangkan oleh PT. Delami Garment Industries. Bahkan, produk ini sudah ada dan dikembangkan di Indonesia sejak tahun 1984.

Melalui proses yang panjang, The Executive berhasil meraih pasar Asia. Outletnya tidak hanya di Indonesia saja. Sekarang sudah ada di Negara Singapura dan Malaysia.

6. Eiger

Eiger merupakan brand yang menyediakan baju khusus untuk aktivitas outdoor seperti nak gunung dan kegiatan ekstrim lainnya. Tidak hanya baju, brand ini juga menyediakan perlengkapan lain seperti sepatu, jaket, tas, dan lainnya dengan desain khusus.

Eiger ternyata bukan nama baru di dunia fashion Indonesia bahkan dunia. Brand ini sudah berdiri sejak 1979 dan terus berkembang sampai saat ini. Eiger seringkali dikira brand dari luar negeri karena desain dan kualitasnya.

Padahal, Eiger merupakan brand asli Indonesia. Namun, memang pasar Eiger sudah merambah sampai ke dunia internasional. Produk-produk Eiger sangat diminati di negara-negara seperti Malaysia, Filipina, Lebanon, bahkan Jepang.

7. Buccheri

Buccheri merupakan brand baju terkenal yang selalu akrab dengan kesan mewah dan mahal. Dengan desain dan nama brand yang classy, banyak yang mengira brand ini merupakan brand high end dari luar negeri yang juga masuk ke Indonesia.

Padahal, brand dengan kesan mewah ini merupakan brand asli Indonesia yang dikembangkan oleh orang Makassar. Pendirinya merupakan 3 bersaudara dengan nama Budi, Ardiansyah, dan Hery. Nama Buccheri pun berasal dari 3 nama pendirinya ini.

Sudah berdiri sejak tahun 1980, Buccheri sekarang terkenal dengan fashion item dengan tema luxury. Brand ini pun sudah memiliki lebih dari 120 cabang di Indonesia. Buccheri dianggap sebagai salah satu brand ‘mahal’ di Indonesia.

Baca juga: Modal membuka bisnis barber shop dan cara menjalankannya

8. Erigo

Pada awal kemunculannya, banyak orang yang menduga bahwa Erigo merupakan brand baju terkenal dari luar negeri. Apalagi, marketing dan promosi Erigo yang sangat gencar ke pasar internasional. Padahal, Erigo merupakan brand asli Indonesia.

Sebelum menjadi Erigo, pada tahun 2010 brand ini memiliki nama Selected and Co. Pada saat itu, produksinya hanya fokus pada batik casual. Namun, pada tahun 2013, brand ini memperbarui konsepnya dan memperluas jangkauan produknya.

Tidak hanya batik, namun lebih ke street style yang modern dan kekinian. Kemudian, brand ini pun berganti nama menjadi Erigo. Erigo cukup menarik perhatian dunia setelah muncul pada event fashion dunia New York Fashion Week pada tahun 2022 lalu.

Anda mungkin tidak menyangka bahwa brand baju terkenal yang disebutkan di atas merupakan brand asli dari Indonesia. Hal ini membuktikan bahwa di industri fashion, Indonesia mampu memberikan konsep dan kualitas sama dengan produk luar negeri.