Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Jualan Aksesoris Keliling, Modal Kecil Untuk Besar

Barangku.id - Banyak sekali pilihan jenis usaha yang bisa menghasilkan untung, asalkan kreatif dan mau berusaha. Salah satunya adalah usaha jualan aksesoris keliling yang modalnya kecil tapi peluang untungnya cukup memuaskan. Mari cari tahu seperti apa cara memulainya!

1. Tentukan Jenis Aksesoris yang Dijual

jualan aksesoris keliling
Ide kreatif jualan aksesoris keliling

Langkah pertama, tentukan dulu jenis aksesoris yang akan dijual. Produk aksesoris sangat beragam jenisnya. Jadi cari dulu produk yang ingin dijual ke konsumen dan pastikan produk tersebut memang bagus serta dibutuhkan oleh banyak orang.

Mulai saja dari jenis aksesoris yang paling banyak dibutuhkan. Misalnya seperti ikat rambut, bros atau peniti untuk kerudung, kaos kaki, dan masih banyak lagi contoh lainnya. Jenis aksesoris seperti ini sudah pasti dibutuhkan dan akan ada pembelinya.

Baca juga: Cara dapatkan uang dari shopee afiliasi

Jangan lupa, ikuti tren juga yang sedang ada di masyarakat. Misalnya, di kalangan anak-anak sedang tren aksesoris tas pop it. Jual saja produk tersebut supaya semakin banyak yang berminat dan peluang produk terjual juga lebih besar.

2. Pilih Supplier yang Tepat

Sebelum jualan aksesoris keliling, cari supplier yang tepat terlebih dahulu. Supplier ini adalah tempat dimana penjual bisa mendapatkan barang dagangan. Pastikan untuk bekerja sama dengan supplier yang terpercaya, berkualitas, dan menawarkan harga yang tidak mahal.

Masalah harga ini sangat penting karena produk itu nantinya akan dijual lagi. Jika harga dari supplier terlalu mahal maka pedagang akan kesulitan untuk menentukan harga jual demi mendapat keuntungan.

Baca juga: Pilihan franchise non makanan yang menguntungkan

3. Pilih Wilayah berjualan

Sesuai dengan konsepnya yaitu usaha keliling, maka pilihlah wilayah berjualan yang tepat. Perlu survei dulu mana saja tempat usaha yang cocok untuk dijadikan target. Tentunya pilihan wilayah ini harus sesuai dengan target konsumen.

Misalnya, barang yang dijual adalah aksesoris untuk anak-anak. Lebih baik wilayah keliling menjangkau lingkungan perumahan dan area sekolah. Ini lebih efektif karena bisa bertemu dengan target konsumen secara spesifik.

Jangan lupa, lakukan rotasi agar barang dagangan selalu laku terjual. Jangan lewat di tempat yang sama setiap hari. Ubah rute keliling supaya bisa menjangkau target yang jauh lebih luas dan peluang dapat pembeli juga bisa lebih besar.

4. Tawarkan Harga Murah

Siapa tidak tertarik dengan harga murah? Orang-orang pasti lebih tertarik untuk membeli aksesoris dengan harga yang murah dibanding mahal. Jadi, cobalah untuk memberi penawaran terbaik dengan harga terjangkau.

Itulah kenapa penting untuk mencari supplier yang bisa menawarkan harga terjangkau supaya harga barang saat dijual kembali juga bisa tetap murah. Walaupun dijual murah, pedagang tetap bisa dapat untung jika harga dari supplier juga terjangkau.

Baca juga: Cara dapatkan bantuan modal dari baznas mudah dan cepat

Hindari mengejar untung yang terlalu besar sampai akhirnya barang dagangan jadi tidak laku. Pasang dulu harga yang murah supaya bisa merangkul pasar yang luas. Jangan lupa, cari tahu juga harga pasaran di pedagang lain supaya tidak kalah saing.

5. Jalin Koneksi dengan Pelanggan

Usahakan untuk menjalin koneksi yang baik dengan pelanggan. Jika sudah mulai berjualan keliling, bersikaplah ramah dengan pembeli. Ini akan jad kunci penting supaya bisa dapat pelanggan royal.

Produk aksesoris mungkin bukan kebutuhan utama tapi tetap saja dibutuhkan. Jika bisa menjalin koneksi yang baik dengan pelanggan maka orang-orang tersebut tidak akan beli di pedagang lainnya karena sudah merasa nyaman dan dekat.

Baca juga: Cara meningkatkan omset dan cara meningkatkanya

Jualan aksesoris keliling mungkin terdengar sepele. Namun jenis usaha ini bisa mendatangkan untung besar jika ditekuni secara serius. Apalagi jika sudah dapat banyak pelanggan tetap, usaha ini bisa mendatangkan untung melimpah.