Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Begini Cara Mendapatkan Bantuan Modal Usaha dari Baznas

Barangku.id - Selama pandemi, banyak pelaku usaha mencoba cara mendapatkan bantuan modal usaha dari Baznas. Pasalnya, banyak UMKM terdampak sehingga perlu memutar otak untuk terus bertahan di tengah rentannya perekonomian. Mengatasi persoalan ini, hadir Baznas yang salah satu programnya adalah Kita Jaga Usaha.

Apa Itu Bantuan Baznas?

Baznas merupakan singkatan dari Badan Amil Zakat Nasional. Sesuai namanya, Baznas merupakan pinjaman yang tidak disertai bunga. Sejak terjadinya pandemi, Baznas mencanangkan program yang memberikan bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan. Termasuk diantaranya modal usaha agar perekonomian tetap berjalan.

Baca juga: Ternyata segini modal usaha frozen food dan tips menjalankannya

Menurut informasi di laman resmi Baznas, lembaga ini akan berkunjung langsung ke pelaku usaha yang berpotensi. Baznas juga akan memberikan pendampingan yang dibutuhkan. Data mencatat bahwa bantuan dari Baznas sudah diberikan hingga ke 3.960 pelaku usaha baik mikro, kecil, hingga menengah.

Cara Mendapatkan Bantuan Modal Usaha dari Baznas

Begini Cara Mendapatkan Bantuan Modal Usaha dari Baznas
Cara mendapatkan bantuan modal
usaha dari baznas dengan
mudah dan cepat

Untuk bisa mendapatkan bantuan dari Baznas untuk modal usaha, ada beberapa tahap yang perlu dilalui. Pelaku usaha perlu mengetahui dan menerapkan hal-hal berikut agar dapat mengajukan permohonan bantuan tersebut:

Baca juga: Yuk cari tahu modal jualan bakso dan cara memulainya sekarang

1. Membuat Surat

Buatlah surat pengajuan untuk mendapatkan bantuan. Ini merupakan langkah wajib baik untuk permohonan bantuan maupun jenis lainnya. Rancang kalimat yang menarik dan jelas sehingga pemberi modal mengerti mengapa perlu mendanai pengajuan ini.

Usahakan bentuk dari usaha yang diajukan bermanfaat untuk banyak orang. Misalnya bisa menjadi lapangan pekerjaan dan menjawab kebutuhan masyarakat. Dengan demikian, pemberian modal dari Baznas bukan hanya menguntungkan bagi satu pihak, melainkan juga kepada masyarakat.

Baca juga: Inilah usaha dagang yang laku setiap hari

2. Membuat Perincian Modal

Buatlah rincian modal dengan perhitungan matang. Hindari membuat perhitungan seadanya, karena ini juga menjadi bahan pertimbangan Baznas. Lembaga tentu tidak bisa sembarangan memberikan modal, penting untuk mengetahui dahulu modal akan digunakan untuk apa saja.

Bukan hanya rincian modal, disarankan juga menyertakan asumsi keuntungan. Ini bisa dibentuk menjadi asumsi perhitungan keuntungan usaha. Bagian ini berfungsi untuk menentukan apakah usaha ini layak diberikan modal atau tidak.

Baca juga: Tips menjalankan bisnis hidroponik dengan mudah

3. Menyiapkan Persyaratan

Siapkan seluruh persyaratan sebelum mengirimkan permohonan. Cara mendapatkan bantuan modal usaha dari Baznas tentu perlu mengikuti prosedur dengan memenuhi persyaratan tertentu. Adapun persyaratannya adalah seperti berikut:
  • Fotokopi KTP dan KK dari pemohon.
  • Surat permohonan
  • File khusus berupa rincian modal.
  • SKTM dari desa atau Kelurahan.
  • Foto bukti usaha yang sedang dijalankan atau akan dijalankan.
  • Nomor ponsel yang aktif.
  • Foto rekening bank pemerintah contohnya BRI, Mandiri, BNI.
  • Pas foto dengan ukuran 4x6.
  • Seluruh file harus diubah menjadi bentuk PDF sebelum dikirimkan.

4. Mengirimkan Email

Kirim email menuju pihak Baznas setelah seluruh persyaratan sudah lengkap dan dibuat sesuai format. Agar rapi, disarankan untuk menyatukannya menjadi folder zip lalu dikirimkan menuju layanan publik@baznas.go.id tidak lupa dengan mengisi subjek serta isi email.

Baca juga: Tips menjalankan usaha teh poci sendiri agar laris manis

Berikan kata pengantar sebelum file dilampirkan untuk proses pengajuan. Gunakan kata-kata yang bersifat baku serta penulisan surat formal. Format ini bisa ditemukan di internet apabila membutuhkan referensi. Jika sudah yakin, kirim email tersebut hingga muncul tulisan “pesan terkirim”.

5. Menunggu Hasil

Tunggu hasil pertimbangan dari Baznas yang akan dikirimkan kepada pemohon melalui email. Waktu yang diperlukan untuk proses persetujuan ini biasanya tujuh hari kerja. Baznas akan melakukan pengkajian mendalam sebelum memutuskan akan disetujui atau ditolak.

Baca juga: Kiat sukses usaha agar tetap bertahan dan berkembang

Itu tadi ulasan mengenai cara mendapatkan bantuan modal usaha dari Baznas. Bertujuan membantu pelaku usaha menata perekonomiannya kembali, program ini merupakan langkah positif yang menjadi titik terang. Dengan langkah ini, semoga roda perekonomian dapat terus bergerak dan menghadapi berbagai tantangan.