Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Untung Besar! Inilah Usaha Ternak Yang Menjanjikan Di Masa Depan

Inilah Usaha Ternak Yang Menjanjikan Di Masa Depan - Saat ini banyak sekali ide usaha ternak yang menjanjikan di masa depan. Jenis usaha ini sangat menjanjikan bagi pebisnis pemula untuk meraup keuntungan yang besar. Meskipun banyak yang masih meremehkan jenis usaha ini karena banyak yang beranggapan bahwa identik dengan hal yang kotor. Usaha ini sangat menguntungkan.

Seperti yang kita ketahui adanya pendemi Covid 19 ini menjadikan banyak orang kehilangan pekerjaan dan diharuskan untuk tetap di rumah. Untuk itu sangat direkomendasikan bagi Anda untuk mencoba jenis usaha ternak ini karena dapat Anda dapat melakukannya sendiri di rumah dengan fleksibel dan tetap mematuhi protokol.

Peluang Usaha Yang Menjanjikan Di Masa Depan

Usaha Ternak Yang Menjanjikan Di Masa Depan
Untung besar dengan menjalankan usaha
 ternak yang menjanjikan di masa depan
Bagi Anda yang ingin mencoba suatu bisnis, usaha ternak ini menjadi salah satu pekerjaan yang di rekomendasikan. Jenis usaha ini sangat cocok bagi Anda untuk mengisi waktu luang agar tak terbuang sia sia. Dalam proses usaha ternak ini terdapat hal yang harus diperhatikan. Inilah usaha ternak yang menjanjikan di masa depan :

1. Bisnis Ternak Ayam Broiler

Ide ternak pertama yang dapat Anda coba adalah ternak ayam broiler atau biasa disebut dengan ayam pedaging. Bisnis ini mengalami peluang yang besar karena seperti yang kita tahu, jenis ayam ini sangat banyak sekali peminatnya. Dapat dengan mudah menemukan penjual ayam potong di pasar tradisional maupun supermarket. 

Baca juga: Cara membuat izin usaha mikro kecil online dengan mudah

Selain itu, Anda dapat dengan mudah juga menemukan berbagai olahan ayam yang tersedia mulai dari warung pinggir jalan atau bahkan restoran bintang lima hampir semua memiliki menu ayam yang lezat. Dengan begitu, bisnis ternak ayam broiler ini sangatlah menjanjikan dan dapat Anda coba untuk memulai bisnis Anda.

2. Ternak Ayam Petelur

Selain bisnis ayam pedaging, Anda juga dapat mencoba bisnis ayam petelur. Seperti daging ayam, telur ini juga sangat banyak sekali peminatnya Anda dapat dengan mudah menemukan penjual telur ini di toko sembako, pasar tradisional dan minimarket bahkan supermarket. Harga telur yang murah menjadikan bisnis ini sangat berpotensi.

Selain menjualnya langsung untuk konsumsi, Anda juga dapat menawarkan telur ini kepada pelaku bisnis makanan yang menggunakan telur sebagai bahan baku produknya seperti dijual ke pembuat kue. Jenis ayam petelur berbeda dengan jenis ayam pedaging. Sehingga Anda perlu cermat memilih ayam yang pas untuk bisnis ini.

Baca juga: Strategi membangun bisnis jangka panjang

3. Ternak Burung Puyuh

Rekomendasi usaha ternak yang menjanjikan di masa depan selanjutnya adalah dengan ternak burung puyuh. Sama seperti telur ayam, Anda juga dapat dengan mudah menemukan jenis telur puyuh ini di pasar maupun di supermarket. Ukurannya yang kecil sangat cocok dijadikan bahan pelengkap seperti untuk membuat sambal goreng.

Perlu diketahui permintaan dari daging dan telur puyuh yang seiring waktu terus mengalami peningkatan.

Minat yang meningkat ini dipicu oleh kandungan dari hewan yang berjenis unggas ini kaya akan gizi yang tinggi. Telus nya pun rasahya cukup enak.

Ternak burung puyuh merupakan peluang yang bisa Anda manfaatkan sebagai usaha yang berkesinambungan. Anda bisa menjadi pemasok burung dan telur puyuh di daerah tempat tinggal Anda.

4. Ternak Bebek

Banyak yang beranggapan usaha ternak bebek ini lebih mudah jika dibandingkan dengan ternak ayam. Untuk harga sendiri, telur bebek memiliki harga yang relatif lebih tinggi jika dibandingkan dengan harga telur ayam. Sehingga usaha ternak bebek ini berpotensi karena Anda dapat melakukannya dengan murah dan menguntungkan.

Seperti yang kita ketahui, olahan bebek yang paling populer dan banyak ditemui adalah telur asin. Selain itu Anda juga dapat menemukan berbagai tempat makan yang menyediakan menu bebek mulai dari warung pinggir jalan hingga restoran bintang lima. Sehingga bisnis ini dapat Anda coba untuk memulai bisnis ternak Anda.

Modal yang dibutuhkan dalam menjalankan usaha ternak bebek kisaran Rp. 1.5 juta  Anda sudah bisa memulai usaha ternak bebek yang ideal. 

Dari modal tersebut bisa dialokasikan untuk membeli bibit bebek yang unggul berumur 1-2 mingguan, sehingga tidak membutuhkan waktu yang lama bebek tersebut sudah bisa menghasilkan telur kemudian membuat kandang yang kering, nyaman, bersih dan rungan yang cukup udara.

5. Ternak Lebah Madu

Madu menjadi salah satu kebutuhan masyarakat banyak. Baik itu untuk sekedar konsumsi meninum kesehatan setiap harinya juga obat dari segala penyakit. Tidak heran jika madu menjadi salah satu usaha yang terkatagorikan usaha yang menjanjikan sekarang mau pun untuk masa depan. 


Ada banyak jenis lebah yang bisa dibudidayakan. Namun, umumnya jenis lebah yang digemari banyak usahawan peternak madu adalah jenis lebah unggul (apis meliifera), lebah jenis hutang, dan lebah jenis lokal. 

Yang menarik dari ternak lebah madu adalah dalam kurung waktu 1 hingga 2 minggu setelah musim bunga sudah bisa dipanen. 

6. Ternak Ikan Lele

Ikan lele sudah tidak asing ditelinga masyarat Indonesia. Jika kita perhatikan rumah makan yang ada dipinggir jalan selalu ada menu ikan lele yang biasa kita kenal dengan pecel lele. Dan itu peminatnya sangat banyak. Pun demikian juga sekelas restoran juga menyajikan aneka masakan ikan lele. 

Dari sana dapat kita fahami bahwa permintaan akan ikan lele sangat besar. Ini menjadi peluang usaha ternak yang tidak bisa dianggap sepele. 

Jika kendala menternak ikan lele adalah lahan besar maka ternak ikan lele pun saat ini sudah bisa dengan menggunakan sistem bioflok. Tidak perlu repot menggunakan kolam dari tanah namun bisa juga dengan menggunakan kolam yang terbuat dari terpal.

Namun yang perlu Anda fahami juga adalah kelebihan dan kekurangan usaha ternak ikan lele agar keputusan untuk menjalankan usaha ternak ikan lele ini semakin matang.

7. Ternak Burung walet

Yang menjadi daya tarik untuk menjalankan budidaya burung walet adalah keuntungan menjual sarang atau air liur burung walet bisa mencapai puluhan juta rupiah dalam satu kali panen. 

Namun yang perlu dipertimbangkan juga untuk menjalankan usaha budidaya burung walet ini adalah modal yang terbilang tidak sedikit. Pasalnya Anda harus membuat sebuah ruangan atau bangunan khusus untuk walet tersebut bersarang. Namun hal itu tetap seimbang kok dengan hasil yang didapat saat panen.

Sebenarnya masih banyak lagi peluang-peluang usaha ternak yang bisa Anda coba. Di antaranya rekomendasi usaha ternak modal 300 ribu yang mungkin bisa Anda jadikan referensi. Namun apa pun jenis usaha yang akan Anda pilih saran kami adalah usaha harus sesuai dengan minat dan bakat. Agar kedepannya akan lebih mudah dalam menjalankan usaha yang Anda tekuni. 

Kuncinya terus belajar dan berproses. Karena usaha tidak akan membohongi hasil.

Demikian artikel mengenai rekomendasi usaha ternak yang menjanjikan di masa depan. Rekomendasi diatas memiliki peluang yang tinggi karena banyaknya peminat dari hasil ternak tersebut. Artikel ini sangat diharapkan dapat membantu Anda yang masih ragu untuk memulai usaha ternak. Akhir kata, saya ucapkan terimakasih.