Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Langkah Mengenal dan Memilih Peluang Bisnis Yang Tepat Bagi Ibu Rumah Tangga

Langkah untuk mengenali dan memilih peluang bisnis yang tepat adalah penentu berhasilnya suatu bisnis ditambah situasi pandemi yang tak kunjung usai membuat sebagian orang mengalami krisis moneter pribadi. Terutama para ibu rumah tangga yang bertugas menjadi menteri keuangan di dalam keluarganya. Sebisa mungkin harus bisa mengelola keuangan agar tidak sampai minus setiap bulannya. Lalu bagaimana cara kita mengaturnya dan adakah bisnis yang bisa kita kerjakan dari rumah bagi ibu rumah tangga? 

Bisnis man dan bisnis woman adalah impian semua orang terutama bagi para ibu rumah tangga yang tidak bisa berkarir keluar rumah. Lalu bisnis seperti apa yang cocok untuk para ibu rumah tangga. Nah sebelum kita berbisnis alangkah lebih baiknya kita mencari tahu dan mengenal dahulu peluang bisnis apa yang cocok dan menjanjikan untuk para ibu rumah tangga.

Langkah untuk Mengenali dan Memilih Peluang Bisnis yang Tepat

langkah untuk mengenali dan memilih peluang bisnis yang tepat
Pastikan langkah mengenal dan memilih
peluang bisnis Anda sudah tepat
Mengapa ibu rumah tangga perlu berbisnis? Banyak faktor yang mendorong seorang ibu harus berbisnis meski tidak bisa berkarir di luar rumah. Karena menjaga buah hati juga tidak terlepas adalah tanggung jawab seorang ibu. Berikut langkah mengenal dan memilih peluang bisnis yang tepat yang menjadi pedoman Anda dalam memulai sebuah bisnis:

1. Tentukan Tujuan Besar Yang Ingin di Capai

Sebagai calon pembisnis tentunya ada memiliki keinginan dan tujuan yang akan Anda capai. Akan seperti apa bisnis Anda kedepanya. Maka langkah awal yang dapat Anda lakukan adalah tentukan tujuan untuk apa Anda berbisnis.

Dengan menentukan tujuan yang ingin di capai maka di harapkan akan menimbulkan dorongan dan motivasi yang kuat dalam diri Anda untuk lebih maju dalam berbisnis.

2. Kumpulkan Ide Peluang Bisnis

Sebelum memulai sesuatu hal tentu Anda harus lebih selektif dalam menentukan dan memilih. Maka kumpulkan ide-ide bisnis dan buatlah list peluang bisnis yang dapat Anda jalankan ke depannya. Nah dengan semakin banyak ide yang Anda kumpulkan maka semakin banyak peluang Anda menjalankan bisnis Anda.

3. Pilihlah Peluang Bisnis yang Sesuai Dengan Kemampuan

Tidak dipungkiri mengikuti trend adalah kebiasaan manusia yang kadang kala malah menjerumuskannya. Sama halnya ketika Anda akan memilih peluang bisnis. Biasanya muncul ide untuk berbisnis karena Anda sering melihat keberhasilan rekan Anda yang berbisnis.

Namun jangan salah, ketika Anda ingin berbisnis seperti rekan Anda pastikan Anda memilih peluang bisnis yang sesuai dengan kemampuan Anda. Jangan karena ingin mengikuti trend Anda jadi salah memilih peluang bisnis. Karena jika tidak sesuai dengan kemampuan yang Anda miliki maka bisnis Anda akan lebih berpotensi gagal.

4. Buat Bisnis Yang Belum Ada di Sekitar

Untuk mengurangi persaingan di lingkungan sekitar dalam berbisnis maka carilah bisnis yang belum ada di sekitar Anda. Jangan malah ikut-ikutan berbisnis yang sama dengan sekitar Anda karena terlihat bagus. Jika hal itu terjadi maka potensi berkembang dan maju bisnis Anda akan semakin banyak.

5. Kenali Kebutuhan dan Minat Sekitar

Langkah selanjutnya adalah Anda harus mengenali kebutuhan apa saja yang ada di lingkungan sekitar. Ketika Anda sudah mengenali kebutuhan pasar maka Anda dengan mudah menjalankan bisnis. Karna Potensi maju dan berkembangnya bisnis Anda tergantung dari banyaknya kebutuhan pasar di sekitar.

6. Mengembangkan Produk Yang Sudah Ada Dipasaran

Ide dari kesempatan ini bukan yang pertama tetapi menjadi yang terbaik. Dulu ada cake pisang villa, saat ini sudah ada produk turunannya seperti Nayadam oleh-oleh; Nayadam adalah produk yang melengkapi dari cake pisang villa yang terlebih dulu ada sebelumnya.

7. Menggabungkan Bisnis-Bisnis Yang Ada

Peluang ini merupakan usaha yang terintegrasi seperti usaha kos yang dipadukan dengan usaha 3D printing usaha yang akan bergerak dalam rana advertising atau periklanan baik cetak seperti kaos 3D dan produk online seperti penjualan design kaos 3D.

8. Mengenali Kecenderungan (Trend) Yang Terjadi

Produk-produk seperti kamera DSLR, handphone, computer atau laptop, serta produk-produk fashion adalah contoh produk-produk yang berkembang mengikuti zaman seiring perkembangan teknologi maupun karena gaya hidup yang selalu berubah.

9. Mencari Saran Dari Pengusaha, Konsultan, Atau Mentor

Langkah mengenal dan memilih peluang bisnis yang tepat berikutnya bertujuan memperoleh saran serta masukan dari pengalaman pengusaha, konsultan atau mentor bisnis, sehingga kita tidak memilih ide usaha yang hanya sekadar keinginan semata karena mengikuti langkah teman Anda dan meminimalisasi kesalahan dalam menjalankan bisnis nantinya.

Membandingkan bisnis yang akan Anda buka dengan bisnis sejenis akan bermanfaat untuk mengetahui lebih banyak informasi jenis bisnis tersebut. Anda akan mendapatkan informasi dan gambaran tentang jumlah peluang usaha atau bisnis tersebut serta modal yang dibutuhkan saat menjalankan bisnis tersebut.

Dari saran pengusaha yang dahulu terjun di dunia usaha kita dapat mengetahui bagaimana mereka mengawali karir usahanya, cara mencari idenya, mengatasi masalah modal, motivasi mereka, cara mengelola SDM, marketing, dll.

Mereka akan memberikan Anda pengalaman yang berharga dan bermanfaat yang dapat diambil tanpa harus membuang banyak waktu, pikiran, dan uang untuk melakukan uji coba sendiri sendiri.

10. Menilai Kondisi Bisnis Saat Ini Dan Masa Depan Melalui Riset

Penilaian langkah mengenal dan memilih peluang bisnis yang tepat adalah melalui riset apakah bisnis tersebut dapat bertahan baik sekarang atau masa akan datang, salah satu pendekatan dan analisa yang dilakukan melakukan langsung riset lapangan.

Begitu banyak faktor yang bisa kita analisis yang bisa digunakan sebagai pedoman atau langkah awal dalam melakukan bisnis secara langsung, seperti kemampuan menghasilkan profit, pola perkembangan dan pertumbuhan bisnis, dan alasan pengusaha memilih jenis usaha tersebut.

Jangan melihat prospek bisnis hanya dari "satu sudut pandang" tanpa melihat langsung kondisi dan keadaan bisnis sebenarnya. Jangan mudah tergiur dengan bisnis orang lain yang kelihatannya profit dan berkembang sehingga Anda lupa dengan kemampuan Anda.

Jika Anda sudah mantap ingin berbisnis maka cobalah terapkan langkah mengenal dan memilih peluang bisnis yang tepat untuk bisnis Anda. Jangan pernah takut gagal sebelum Anda mencoba. Karena kegagalan adalah awal dari keberhasilan dan jangan lupa usaha tidak menghianati hasil. Bekerjalah dengan cara Anda masalah hasil biarkan Tuhan yang menentukan.