Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

7 Cara Tepat Reseller Memasarkan Barang yang Harus Anda Ketahui!

Sebagai seorang reseller tentulah harus bisa memasarkan barang dengan tepat agar bisa mendapatkan keuntungan dengan lebih cepat. Oleh karena itu, Anda bisa menyimak ulasan di bawah ini terkait cara tepat reseller memasarkan barang.

7 Cara Tepat Reseller Memasarkan Barang

Cara Tepat Reseller Memasarkan Barang
Cara Tepat Reseller Memasarkan Barang
Masih pemula dalam memulai bisnis reseller memanglah tidak mudah dalam memasarkan barang jualan, agar Anda tidak putus asa lakukan langkah di bawah ini dalam memasarkan barang dengan lebih tepat.

1. Mencari Tahu Terkait Produk yang Dijual

Jika Anda menjual sebuah produk, maka yang harus Anda mulai adalah memahami produk tersebut. Dengan memahami dan mengenali barang jualan Anda bisa dengan mudah memasarkan produk tersebut.

Ada beberapa hal yang perlu Anda pahami dari barang tersebut mulai dari spesifikasi atau detail informasi barang, kelayakan kebutuhan, kualitas hingga harga jualnya.

Dengan ini Anda akan mudah mengenalkan kepada para konsumen dengan jelas untuk menghindari kekecewaan konsumen tersebut.


Poin pertama ini perlu sekali untuk Anda lakukan, jangan sampai Anda hanya menjual namun tidak mengetahui kejelasan info barang tersebut.

2. Menentukan Target Konsumen atau Pasar

Langkah selanjutnya adalah menentukan target konsumen atau pasar. Di mana ketika Anda mengetahui detail informasi barang dan kelayakan harga Anda bisa lebih mudah menentukannya, apakah barang tersebut cocok dengan karakter konsumen yang A, B, atau C.

Jangan sampai Anda menjual barang A menargetkan konsumen C, tentu saja cara pemasaran Anda tidak akan berhasil.

Contohnya, jika Anda menjual produk perlengkapan kuliah maka target konsumen Anda adalah mahasiswa.

Sangat penting untuk menargetkan konsumen dalam memasarkan barang.

3. Pelajari Pesaing yang Menjual Produk Sama

Hal penting lainnya yang tidak boleh Anda lewatkan ialah mempelajari dan memperhitungkan pesaing lainnya yang menjual produk sama dengan Anda.

Anda bisa melirik para pesaing yang menjual produk sama dengan Anda, setelah mengenali siapa pesaingnya, cobalah pahami kekurangan dan kelebihan mereka dalam menentukan target pemasarannya.

Anda bisa mengambil beberapa kelebihan cara mereka dalam mengelola dan memasarkan produknya untuk Anda aplikasikan ke dalam strategi pemasaran Anda.

Baca juga: 7 Jenis Barang Potensial untuk Reseller yang Menguntungkan!

Ini merupakan cara yang unik dan terbilang cukup efektif dalam memasarkan barang yang tepat.

4. Marketing Media Sosial

Karena Anda berdagang secara online membuat Anda terdorong untuk melakukan pengiklanan di media online lainnya seperti pada beberapa platform media sosial yang populer semisalnya Facebook dan Instagram.

Buatlah akun media sosial untuk memulai melakukan pemasaran. Dalam pemasaran di media sosial ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, mulai dari sisi konten dan pendekatan Anda terhadap konsumen.

Cobalah buat konten menarik yang menjelaskan tentang barang yang Anda jual secara jelas tanpa bertele-tele untuk menarik perhatian para konsumen.

Selain itu, untuk melakukan pendekatan terhadap konsumen, buat konten yang seakan-akan Anda sedang bicara dengan konsumen tersebut atau Anda bisa membalas komentar konsumen dengan akrab.

Jangan lupa untuk rutin mengelola akun sosial media, jangan sampai orang mengira akun pemasaran Anda tidak aktif lagi.

5. Buat E-commerce Website

Tak cukup dengan media sosial, Anda bisa membuat website E-commerce atau website toko untuk terlihat lebih profesional.

Jangan sampai Anda membuat toko online di media sosial tanpa adanya website toko online, ya.

Dalam membuat website, pastikan juga Anda membuat website dengan desain tampilan sederhana yang tidak kalah menarik.

Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk memudahkan para konsumen dalam mengakses dan mencari tahu tentang website Anda terutama barang yang Anda jual di website tersebut.

Buatlah website dengan dilengkapi fitur-fitur yang sesuai dengan kebutuhan penjualan produk Anda. Jangan lupa di setiap produk Anda cantumkan informasi detailnya untuk memudahkan konsumen mencari informasi terkait produk yang Anda jual.

6. Subscribe Email

Cara marketing selanjutnya Anda bisa menggunakan media subscribe email untuk menjalin kedekatan dengan pelanggan atau konsumen yang membeli barang jualan Anda.

Anda bisa mengirim informasi terkait pemberitahuan produk-produk yang update untuk menarik kembali perhatian konsumen.

Informasi pemberitahuan ini bisa Anda kirim melalui email penggunanya. Maka dengan ini, Anda perlu meminta informasi terkait email konsumen yang datang ke toko untuk membeli produk Anda.

Baca juga: Cara Menjadi Reseller Mainan Anak Online

7. Evaluasi dan Tentukan Target Selanjutnya

Terakhir hal yang tidak boleh Anda lewatkan agar pemasaran barang dari waktu ke waktu tetap optimal dan terus menjadi lebih baik, Anda bisa melakukan evaluasi bulanan maupun tahunan.

Untuk memudahkan evaluasi pemasaran, Anda bisa membuat pembukuan manual atau dengan melihatnya melalui trafik dari website atau media sosial toko online Anda.

Di mana jika pemasaran terbilang baik, setidaknya Anda bisa mempertahankan pencapaian tersebut atau jika hasil evaluasi menurun Anda bisa membuat peningkatan lebih baik lagi.

Melakukan evaluasi sangatlah penting, sebab dengan mengevaluasi Anda menjadi tahu mana yang kurang, mana yang harus diperbaiki serta mana yang harus dipertahankan.

Dengan begitu Anda bisa menentukan kembali strategi yang tepat dalam memasarkan barang jualan. Lakukan evaluasi secara berkala setidaknya sekali dalam sebulan.

Nah itulah hal-hal yang dapat Anda lakukan dalam memasarkan barang dengan tepat. Ini bisa jadi bahan pertimbangan yang baik untuk cara tepat reseller memasarkan barang jualannya. Semoga bermanfaat!

Bisnis Barang yang Menguntungkan Reseller

Berikut ini merupakan beberapa jenis barang yang akan menguntungkan untuk reseller.

1. Fashion

Fashion merupakan hal yang tidak boleh Anda terlewatkan. Menjual barang dengan kategori fashion dijamin tidak akan membosankan, sebab dari waktu ke waktu fashion terus berkembang. Anda bisa menjual barang yang berasal dari brand terkenal dan kualitas yang tidak mengecewakan.

2. Gadget

Di era yang serba digital gadget merupakan hal yang menjadi pusat perhatian. Anda bisa menjual beberapa jenis gadget seperti ponsel, laptop, ataupun tablet.

Selain itu, untuk melengkapinya Anda bisa menjual aksesori gadget seperti USB, Powerbank, Softcase—Hardware, hingga Tempered Glass.

Baca juga: Cara menjadi reseller bisnis undangan digital  

3. Makanan

Barang yang memiliki nilai potensial lainnya ialah makanan. Banyaknya masyarakat yang menyenangi jenis makanan siap saji membuat peluang bagi Anda yang menjual produk makanan terutama cemilan seperti keripik pedas dan jenis cemilan lainnya.

4. Produk Kecantikan

Tidak bisa kita pungkiri bahwa terdapat banyak dari kaum hawa yang mencari produk kecantikan untuk merawat diri. Apalagi saat ini sudah banyak produk kecantikan yang bisa dipilih.

Ini bisa jadi peluang yang baik untuk reseller yang menjual produk kecantikan.

5. Peralatan Rumah

Terakhir barang yang memiliki nilai potensial untuk dijadikan peluang ialah menjual peralatan rumah. Anda bisa menjual peralatan barang elektronik, alat masak dan sejenis lainnya yang dibutuhkan dalam rumah tangga.

Dengan beberapa referensi barang di atas Anda bisa mulai mempertimbangkan barang yang dijadikan koleksi jualan.

Ingat, dalam memilih barang jualan pastikan Anda memahami barang tersebut sehingga Anda bisa melakukan cara tepat reseller memasarkan barang.