Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Mau Coba Usaha Sampingan Di Rumah? Ini Dia 9 Rekomendasi Usaha Sampingan Yang Wajib Coba!

Setelah pandemi covid-19, usaha sampingan di rumah semakin banyak dicari karena bisa menambah penghasilan. Usaha sampingan ini lebih cocok dilakukan oleh ibu rumah tangga tanpa perlu repot-repot berangkat kerja ke luar rumah.

Tak menutup kemungkinan bahwa usaha sampingan ibu rumah tangga bisa menghasilkan omset hingga puluhan juta. Atau minimal bisa menghasilkan pendapatan setara UMR di Kota Anda, sudah terbilang untung bukan?

Kuncinya adalah kesungguhan hati dan ketahanan mental ketika mendapatkan masalah dalam usaha tersebut. Jangan lupa juga untuk sigap menangkap peluang yang ada untuk bisa dijadikan pundi-pundi uang.

Baca juga: Langkah mengenal dan memilih peluang bisnis yang tepat bagi ibu rumah tangga

Berikut ini ada beberapa rekomendasi peluang usaha sampingan di rumah bagi Ibu Rumah Tangga yang bisa dicoba.

Usaha Sampingan Di Rumah Bagi Ibu Rumah Tangga

usaha sampingan di rumah dengan modal kecil
Rekomendasi usaha sampingan
yang bisa dikerjakan dirumah
Namanya juga usaha sampingan, tentu saja tidak menyita waktu dan lebih fleksibel karena Anda sendiri yang mengaturnya. Di era digital seperti sekarang, mencari usaha sampingan di rumah dengan modal minim cukup mudah dilakukan.

Ada beberapa jenis usaha sampingan bagi Ibu Rumah Tangga yang bisa Anda coba, diantaranya:

1. Jualan Online

Akhir-akhir ini dunia digital terus berkembang berkat dukungan akses internet yang semakin mudah. Hal ini banyak melahirkan usaha-usaha kreatif secara online bagi ibu rumah tangga, contoh sederhananya adalah jualan online.

Anda bisa mulai berjualan secara online di media sosial atau marketplace dengan produk yang banyak digemari oleh masyarakat. Jenis produknya bisa berupa fashion atau makanan, dimana keduanya mampu menarik perhatian kaum hawa yang gila belanja.

Tenang saja jika belum memiliki modal bisa menggunakan sistem dropshipper, Anda tak perlu repot-repot mengemas dan menyimpan stok di rumah. Setelah sistem jualan online dropshipper berjalan lancar, Anda bisa melanjutkannya dengan sistem reseller dimana perlu menyetok produk dan menentukan harga jualnya sendiri.

Tertarik untuk jualan online sebagai usaha sampingan di rumah tanpa modal?

2. Bisnis Handcraft

Handcraft atau disebut juga kerajinan tangan bisa Anda pilih sebagai usaha sampingan, terutama bagi Anda yang memiliki bakat di dunia kerajinan tangan. Modalnya adalah barang-barang bekas yang bisa diolah dan dijadikan kerajinan tangan berkualitas tinggi.

Beberapa pengrajin berhasil menyulap kertas koran bekas menjadi barang bernilai ekonomis seperti tempat air mineral gelas, tempat tissue, dan beberapa pernak-pernik lainnya. Siapa sangka bahwa peluang besar ini berbanding lurus dengan keuntungan yang besar juga.

3. Day Care

Apa yang dimaksud dengan day care? Bisa dibilang ini merupakan usaha sampingan di rumah berupa jasa penitipan anak. Cocok bagi Anda yang tinggal di perkotaan, dimana banyak perempuan karir yang kebingungan menitipkan anaknya. Maka Day Care bisa dibilang usaha sampingan di rumah yang menguntungkan.

Usaha penitipan anak menjadi solusi yang tepat untuk membantu masalah tetangga, promosikan melalui chat grup atau menawarkan langsung ke tetangga yang sedang meniti karirnya.

Anda hanya perlu menyiapkan ruangan kosong tempat anak-anak bermain dan mengeksplorasi hari-harinya agar lebih seru.

4. Usaha Katering

Ini merupakan salah satu jenis usaha sampingan di rumah yang bisa Anda manfaatkan, apalagi jika memiliki keahlian memasak yang baik. Jadikan keahlian tersebut sebagai bisnis yang bisa mendatangkan keuntungan.

Misalnya katering untuk acara besar seperti pengajian, acara syukuran, atau menyediakan katering untuk para pegawai kantoran dengan sistem delivery order. Yang perlu diperhatikan dari usaha sampingan di rumah berupa katering ini adalah pertahankan cita rasa masakan dan kebersihannya.

Baca juga: Peluang bisnis online terbaik saat ini

5. Bermain Saham

Contoh usaha sampingan di rumah berikutnya adalah main saham. Bermain saham bisa dilakukan dengan santai di rumah bahkan bisa disambil dengan rebahan sekalipun.

Tertarik untuk terjun ke dunia saham? Namun jangan gegabah juga untuk masuk ke dunia saham. Pastikan Anda memiliki wawasan yang cukup untuk bermain saham atau reksadana yang menguntungkan.

Jual beli saham memiliki resiko dan keuntungan masing-masing, mulailah dari modal awal yang wajar. Artinya, ketika resiko gagal atau rugi itu menghampiri maka Anda masih bisa legowo menerimanya.

6. Jasa Laundry

Tak ada salahnya mencoba bisnis laundry karena berpeluang memberikan keuntungan yang besar. Masyarakat perkotaan biasanya disibukkan dengan bisnis atau pekerjaan sehari-hari sehingga tidak sempat untuk mencuci pakaiannya.

Oleh karena itu, jasa laundry yang Anda tawarkan bisa menjadi solusi yang tepat bagi para pegawai yang memiliki setumpuk kesibukan. Utamakan pelayanan dan hasil cucian yang bersih, wangi dan rapi.

7. Jualan Frozen Food

Permintaan akan frozen food atau makanan beku semakin meningkat karena lebih praktis dan tetap enak dinikmati. Tak sedikit yang memulai usaha sampingan di rumah dengan berjualan makanan beku ini.

Misalnya frozen food nugget, sosis bakar, kentang goreng, atau bahkan daging dan ikan mentah yang bisa dibekukan.

8. Penulis Artikel

Jika Anda sedang mencari usaha sampingan di rumah tak ada salahnya mencoba membuat sebuah tulisan artikel untuk kebutuhan website atau blog. Anda bisa mempelajarinya dengan baik hingga menjadi seorang Penulis, nanti ada banyak situs yang mencari artikel atau mencari penulis freelance yang berkualitas.

Dengan demikian, produk andalan Anda adalah sebuah artikel yang enak dibaca tanpa mencontek atau plagiat ke tulisan orang lain. Artikel yang berkualitas memiliki nilai sangat tinggi, apalagi jika mahir berbahasa inggris.

Baca juga: Peluang usaha rumahan yang paling menjanjikan saat ini

9. Desain Grafis

Anda memiliki keahlian di bidang desain grafis? Jangan ragu untuk mengaplikasikannya sehingga menjadi usaha sampingan di rumah yang menguntungkan. Mulailah dari membuat logo, banner promosi hingga konten yang dapat menarik pelanggan pada sebuah produk.

Tidak semua orang memiliki kemampuan di bidang desain grafis, Seorang Desainer bisa mendapatkan penghasilan dalam jumlah besar dari setiap project yang dijalankan.

Jadi, dari berbagai ulasan di atas mengenai usaha sampingan di rumah, kira-kira manakah yang akan Anda coba? Jangan lupa menyisihkan keuntungan yang berhasil diperoleh dengan cara menabung atau investasi. Dengan begitu, nantinya Anda akan mendapatkan dana cadangan yang cukup hasil dari usaha sampingan tersebut.