Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Usaha dengan Modal Kecil ini Layak di Coba, Ada yang Tanpa Modal!

Usaha dengan modal kecil bukanlah hal yang mustahil untuk dilakukan. Berkat adanya kecanggihan teknologi saat ini, banyak jenis usaha baru yang bermunculan, termasuk yang bisa dijalankan dengan modal kecil. Jenis usaha ini cocok untuk kamu yang masih belajar atau tidak memiliki banyak uang untuk memulai usaha.

Jangan salah juga, usaha modal kecil belum tentu menghasilkan keuntungan yang kecil. Dengan kesabaran dan manajemen yang baik, usaha modal kecil bisa jadi sumber penghasilan yang menguntungkan untuk kamu.

Usaha dengan Modal Kecil yang Menjanjikan

Usaha dengan Modal Kecil
Rekomendasi usaha modal
kecil Bisa untung besar
Saat ini usaha dengan modal kecil ada banyak sekali contohnya. Bahkan ada juga yang bisa dilakukan tanpa modal. Berikut beberapa di antaranya.

1. Membuka Toko Online

Seperti yang kamu tahu, di era saat ini belanja online sudah jadi trend baru di masyarakat. Banyak yang suka berbelanja online karena lebih mudah dan praktis. Peluang ini bisa kamu manfaatkan kalau kamu juga ikut membuka toko online.

Di toko online, kamu bisa menjual barang apa saja. Misalnya adalah barang bekas yang sudah tidak dipakai tapi masih bagus untuk digunakan, maka bisa dijual bahkan tanpa modal sedikit pun. Selain itu, kamu juga bisa menjalankan usaha dengan modal kecil sebagai reseller atau dropshipper.

Sebagai reseller mungkin kamu akan membutuhkan modal untuk menyetok produknya terlebih dahulu. Tetapi, itu tergantung dari produk apa yang kamu jual. Kalau produk tersebut tidak terlalu mahal harganya, modal 1 jutaan saja sudah cukup.

Baca juga: Ide usaha sampingan modal kecil untung besar

Sementara untuk jadi dropshipper, biaya modal yang dibutuhkan lebih kecil, bahkan bisa dilakukan tanpa modal. Kamu hanya perlu menjualkan produk dari orang lain dengan cara promosimu sendiri. Jika sekiranya butuh modal mungkin bisa digunakan untuk promosi melalui Ads Instagram atau Facebook.

2. Jual Makanan dan Minuman Kekinian

Bisnis atau usaha kuliner memang tidak ada matinya. Jenis usaha dengan modal kecil ini selalu bisa menguntungkan karena makanan dan minuman sudah jadi kebutuhan alami manusia.

Memang usaha ini sudah banyak pesaingnya, tapi kamu tetap bisa sukses kalau menjual makanan dan minuman yang unik dan kekinian. Apalagi saat ini kuliner unik dan kekinian jadi kegemaran anak-anak millennial, sehingga bisa jadi peluang usaha yang cocok untuk kamu.

Kamu bisa membuat jenis makanan dan minuman yang unik dari berbagai sumber yang ada di internet. Terkait modal, tergantung dari jenis makanan dan minumannya. Kalau ingin menjalankan usaha dengan modal kecil kamu bisa menjual makan ringan seperti camilan.

Masalah promosi tidaklah sulit, pasarkan saja makananmu ke teman dekat atau keluarga. Selain itu, kamu juga bisa menjangkau lebih banyak pembeli lewat pemasaran media sosial.

3. Menjual Aksesoris Hand Made

Kalau kamu suka membuat kreasi, kamu mungkin juga bisa membuat aksesoris dengan kreasi tanganmu sendiri. Aksesoris biasanya cukup banyak dicari lho, apalagi untuk kaum perempuan. Walau hanya dari modal kreasi, siapa tahu ini jadi peluang emas kamu untuk menghasilkan uang.

Ada banyak kreasi aksesoris yang bisa kamu buat. Mulai dari aksesoris gelang, kalung, dan anting, sampai aksesoris rumah tangga seperti keranjang anyam, bantal sofa, dan lain sebagainya.

Kalau kreasimu unik, usaha dengan modal kecil ini bisa mendatangkan keuntungan yang besar. Biasanya harga yang ditawarkan untuk kreasi tangan tergantung dengan tingkat kesulitannya. Jadi, kamu bisa menjual harga tinggi kalau kreasimu benar-benar bagus.

4. Menawarkan Jasa Desain Grafis

Peluang usaha ini cocok untuk kamu yang punya hobi desain grafis atau berasal dari jurusan kuliah desain grafis. Akan sangat disayangkan kalau keahlianmu ini tidak dimanfaatkan untuk mencari uang. Karena jasa ini benar-benar dibutuhkan di bidang apa saja.

Jasa desain grafis bisa dibutuhkan untuk membuat logo, desain baju, poster, maskot, booth, atau interior. Biayanya tergantung, bisa standar, bisa juga besar kalau kamu mendapatkan proyek besar dari perusahaan.

Desain grafis bisa juga disebut usaha dengan modal kecil karena yang dibutuhkan hanyalah keahliannya. Tapi kalau kamu ingin mendapatkan kepercayaan konsumen, kamu perlu memiliki portfolio dulu dari hasil karya yang pernah kamu buat sebelumnya.

Baca juga: Peluang usaha 2022 modal kecil dengan cuan gede, yakin untung!

5. Event Organizer

Untuk kamu yang punya jiwa kepemimpinan dan pengalaman organisasi di sekolah atau kampus, peluang usaha ini juga bisa kamu coba. Biasanya ada banyak sekali event yang membutuhkan seorang event organizer. Sebab mengorganisir sebuah event memang tidak mudah.

Menjadi seorang event organizer biasanya juga tidak membutuhkan modal atau nyaris tanpa modal. Hal yang kamu perlukan hanya kemampuan menyusun acara dan pandai berkoordinasi saja. Usaha dengan modal kecil ini akan semakin mudah dijalankan kalau kamu memiliki banyak relasi vendor perlengkapan event, seperti sound, panggung, dekorasi, dan lain-lain.

Kamu bisa mempromosikan usaha ini ke lingkungan sekitar rumahmu dulu yang akan menyelenggarakan sebuah event kecil-kecilan. Jika sudah cukup mahir, kamu bisa mencoba jenis event yang lebih besar.

6. Membuat Bucket Bunga

Membuat bucket bunga saat ini juga bisa menjadi peluang usaha untuk kamu. Banyak orang yang akan membutuhkan bucket bunga, misalnya untuk keperluan lamaran, hadiah wisuda, hingga sekedar hadiah untuk ulang tahun. Jadi usaha ini pastinya menguntungkan untuk dicoba.

Kalau kamu mau menjalankan usaha dengan modal kecil ini, kamu bisa membuat banyak jenis kreasi bunga mulai dari yang asli dan sintetis. Pastinya juga dengan model yang menarik supaya bisa menarik banyak pembeli.

Usaha ini bisa kamu mulai dengan mengenalkannya ke teman-teman sekitarmu yang membutuhkan. Setelah itu, promosikan juga melalui media sosial agar dikenal oleh banyak orang.