Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Daftar Harga Jasa Fotografer, Cara Menentukan Harga dan Perhatikan Faktor Penentunya!

Barangku.id - Jika Anda memiliki skill fotografi dan ingin menjadi fotografer, maka harus paham bagaimana menentukan harga jasanya. Penentuan harga jasa fotografer harus dilakukan sejak awal, dengan penuh pertimbangan yang matang.

Sebenarnya, ada cara tersendiri yang bisa dijadikan acuan untuk menentukan harganya. Pada artikel ini, akan diinformasikan cara menentukan harga beserta faktor penentu harga yang lainnya. Anda bisa menyimak informasi berikut ini:

Cara Menentukan Harga Jasa Fotografi

harga sewa fotografer
Harga jasa tukang foto

Pada pembahasan pertama ini, akan dipaparkan terlebih dahulu mengenai cara menentukan harga untuk fotografer. Untuk melakukan perhitungannya, maka acuan yang harus Anda pahami adalah biaya langsung, tidak langsung, dan biaya depresiasinya.

Baca jugaa: Tips sukses menjalankan usaha edit foto dan video

Semua aspek ini masuk ke dalam tahapan perhitungan yang wajib dilakukan. Apabila semua sudah dihitung, maka nantinya proses penentuan harga jasanya akan jauh lebih mudah. Inilah proses perhitungannya:

1. Hitung Biaya Langsung

Untuk cara pertama yang wajib dilakukan adalah menghitung biaya langsungnya. Menjadi fotografer pasti membutuhkan alat atau hal-hal yang berkaitan dengan kegiatannya. Jadi biaya langsung ini akan berkaitan langsung dengan projek.

Bagi fotografer, biaya langsung ini sangat luas. Ada berbagai hal yang masuk dalam biaya langsung dan harus diperhitungkan biayanya. Berikut daftar hal yang masuk dalam biaya langsung yang bisa disesuaikan:
  • Album.
  • Asisten.
  • Editor.
  • Fotografer.
  • Frame.
  • Packaging.
  • Rental alat (jika diperlukan).
  • Storage.
  • Transportasi & akomodasi.
Daftar tersebut bisa disesuaikan lagi dengan kebutuhan masing-masing fotografer. Apabila sudah dibuat rinciannya, maka jumlahkan semuanya dan ini akan menjadi biaya langsung dalam satu kali projek berjalan.

2. Perhitungkan Biaya Tidak Langsungnya

Apabila semua biaya langsungnya sudah dihitung, maka cara menentukan harga jasa fotografer selanjutnya adalah dengan menentukan biaya tidak langsungnya. Untuk biaya ini, biasanya tidak langsung berkaitan dengan proyek yang berjalan.

Baca juga: Ide bisnis foto box yang belum diketahui banyak orang

Jadi perhitungan biaya tidak langsung ini akan diakumulasikan untuk satu bulan dan ditanggung satu kali. Meskipun tidak ada projek, biaya ini juga harus dipenuhi. Berikut daftar biaya tidak langsung yang harus dihitung:
  • Biaya internet.
  • Biaya listrik.
  • Perhitungan biaya telepon.
  • Biaya marketing.
  • Biaya sewa kantor.
Semua biaya tersebut menjadi kebutuhan dasar untuk fotografer. Meski sedang tidak ada projek, perhitungannya tetap wajib dilakukan secara akurat. Oleh karenanya, setiap biaya wajib dicatat dan diperhitungkan sejak awal.

3. Tentukan Biaya Depresiasi

Kemudian Anda tentukan juga biaya depresiasi untuk alat yang dimiliki. Perhitungan ini harus dilakukan untuk alat yang masa penggunaannya sampai tahunan. Dengan demikian, bisa diketahui berapa harga penyusutan untuk setiap waktunya.

Misal kamera yang dipakai akan tahan untuk waktu 4 tahun. Maka bisa dihitung dengan mengurangi harga kamera dengan kemungkinan harga di 4 tahun setelahnya. Kemudian hasilnya dibagi dengan taksiran projek selama 4 tahun.

Dengan demikian, maka akan diketahui jumlah biaya depresinya untuk kamera. Sedangkan untuk alat lainnya, bisa dihitung dengan metode yang sama. Jika sudah, tambah semua biaya depresiasi alat untuk setiap projeknya.

Perhitungan ini akan membuat rincian biaya depresiasi semua alat untuk satu projek menjadi lebih jelas. Nantinya, jumlah tersebut akan menjadi penentu tambahan dalam menentukan harga jasa yang sudah menggunakan alatnya.

4. Hitung Biaya Jasa

Terakhir, tambahkan biaya langsung, tidak langsung, dan depresiasi secara akurat. Misal dalam perhitungannya didapat total Rp3.375.000, maka fotografer harus membuat persentase keuntungan yang ingin didapat.

Apabila ingin mendapat keuntungan sebesar 44%, maka car nilainya dari total biaya tersebut. Setelah itu hasilnya tambahkan dengan biaya-biaya. Akhirnya, akan didapat total harga jual Rp6.000.000 atau bisa disesuaikan kembali.

Untuk persentase keuntungan tersebut bisa disesuaikan sendiri dengan kebutuhan. Jadi keuntungan yang diambil tidak harus dengan perbandingan 5% : 44%. Setiap fotografer bisa memberikan porsi sendiri sesuai harga pasaran.

Faktor Penentu Harga Jual untuk Fotografer

Sebenarnya, faktor yang menentukan besarnya harga jasa fotografer yaitu tidak hanya ditentukan dari biaya-biayanya saja. Ada beberapa faktor tambahan yang bisa Anda dijadikan penentu dan wajib diperhatikan dengan baik oleh fotografer.

Setidaknya ada tiga faktor tambahan yang akan dijelaskan dalam bagian ini. Setiap poinnya menjadi sangat penting dan tidak bisa disepelekan begitu saja karena bisa memberikan dampak besar. Berikut beberapa faktor penentunya:
  • Harga yang dipasang oleh pesaing dalam wilayah yang sama. Apabila saingannya tidak banyak, maka pemasangan harga yang lebih tinggi tidak akan menjadi masalah.

  • Pasar yang dipilih fotografer sebagai targetnya. Apabila kelas ekonomi yang ingin dijangkau tinggi, maka harganya juga bisa disesuaikan.

  • Popularitas dan pengalaman dari pengalaman. Selama pengalaman fotografernya banyak, maka harganya juga bisa tinggi.

Daftar Harga Jasa Fotografer

Saat ini banyak sekali jasa foto dengan menawarkan harga jasa fotografer murah meriah. Nah berapa sih harga jasa fotografer sebenarnya? Berikut rinciannya.

1. Harga Jasa Foto Pre Wedding

Agar foto pre wedding anda lebih bagus tentu dibutuhkan fotografer yang handal. Harga jasa fotografi saat ini kurang lebih berkisar antara Rp. 1.500.000 sampai Rp. 3.000.000. 

Dengan harga Rp. 1.500.000 - Rp. 3.000.000 terbilang harga standar yang ada dipasaran saat ini. Jika anda ingin jasa fotografer yang lebih Pro, biasanya akan memakan biaya yang cukup mahal. Harga berkisar antara Rp. 5.000.000 hingga mencapai Rp. 10.000.000 dengan spesifikasi mewah dan pelayanan terbaik yang ditawarkan.

2. Harga Jasa Fotografer Pernikahan

Menginginkan foto yang bagus tidaklah salah. Namun sebelum menentukan foto seperti apa yang diinginkan ada baiknya coba sesuaikan juga dengan budget yang sediakan agar biaya jasa fotografer bisa disesuaikan. 

Saat ini banyak harga jasa fotografer murah meriah namun kualitas juga cukup bagus. Harga jasa fotografer pernikahan dimulai diangka Rp. 2.000.000 hingga Rp. 4.000.000 perharinya.

Namun jika anda memiliki budget lebih ada juga jasa fotografer dengan rank harga Rp. 5.000.000 hingga mencapai Rp. 15.000.000. Dengan harga segitu tentu kualitas dan spesifikasi tidak perlu diragukan lagi.

3. Harga Jasa Dokumentasi

Dalam berbagai acara atau event tentu baiknya didokumentasikan. Agar nilai dan kenangan dari acara tersebut tetap terjaga dan abadi. Terlepas dari besar atau kecilnya acara tersebut, dokumentasi tetap dibutuhkan.

Jika anda membutuhkan jasa fotografer dalam mendokumentasikan acara atau event tersebut maka harga dari jasa dokumentasi berada dikisaran Rp.1.500.000 hingga Rp. 3.000.000 untuk per maksimal 6 jam. Dengan spesifikasi 1 orang fotografer beserta kamera DSLR, foto, video, dan lain-lain.

4. Harga Foto Keluarga

Untuk harga foto keluarga tarif pada umumnya antara Rp. 300.000 hingga Rp. 1.000.000 dengan spesifikasi yang bermacam-macam dari studio foto. Pasalnya mereka saat ini bersaing dengan kualitas yang dihadirkan.


Di atas angka Rp. 300.000 juga ada. Yaitu berada diharga Rp. 3.000.000 - Rp. 4.000.000. Buat harga segitu diperuntukkan anda yang memiliki budget lebih dengan menginginkan kuliatas super Lux.

5. Harga Jasa Foto Wisuda

Perlu difahami bahwa foto wisuda dan foto kegiatan wisuda itu berbeda. Foto kegiatan wisuda fokusnya pada momen kegiatan pada saat wisuda.

Nah jika anda ingin menyewa fotografer untuk acara wisuda maka harga jasa fotografer murah meriah berkisar antara Rp. 3.000.000 - Rp. 4.000.000. Dengan harga segitu biasanya anda akan diberikan berupa album foto, video singkat, dan mini studio.

6. Jasa Foto Produk Katalog

Untuk tarif harga foto produk katalog berbeda-beda. Biasanya jasa foto produk murah dengan kualitas baik berada diharga antara Rp. 25.000 - Rp. 40.000 per frame.


Namun untuk mereka yang memiliki studio foto yang lengkap dan dengan pelayanan yang optimal biasanya berada diangkat Rp. 100.000 an per framenya. Namun lagi-lagi, saat ini banyak dari fotografer bersaing ketat dalam urusan harga. Tetap saja dalam urusan foto biarlah hasil yang berbicara. 

Perlu diketahui harga-harga diatas akan berbeda dari waktu ke waktu dan harga juga berpengaruh terhadap wilayah dari penyedia jasa tersebut.

Itulah cara menentukan harga jasa fotografer yang bisa Anda pahami dan daftar harga jasa fotografer. Informasi tentang faktor yang mempengaruhi harga jual juga sudah diberikan. Dengan adanya informasi yang lengkap ini, maka proses pemahamannya akan lebih mudah.