Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Ide Bisnis Foto Box Yang Belum Diketahui Banyak Orang

Ide bisnis foto box - Di era yang serba digital ini, apakah bisnis foto box masih menguntungkan jika dijadikan ladang cuan? Sebelum memulai usaha Anda wajib tahu peluang pasarnya. Yuk, kita ulik bersama di artikel ini. 

Photobox meraih kepopuleran pada era 2000-an. Bangunan berbentuk box dengan luas terbatas itu, dijadikan tempat untuk foto bersama teman dan pasangan. 

Fotobox biasa dijumpai di pusat perbelanjaan dan umumnya digandrungi oleh kaula muda. Di dalamnya, pelanggan bebas berekspresi menunjukan gaya andalan tanpa perlu malu. 

Apa itu Foto box?

bisnis foto box
bisnis foto box

Istilah foto box masih belum familiar di telinga sebagian orang. Ini karena meskipun pernah booming, tetapi tak semua orang pernah mencoba foto di dalam box tersebut. 

Sederhananya, photobox adalah box berukuran terbatas yang diperuntukkan untuk berfoto bersama. Pelanggan bisa berpose, menyunting hasil foto dan mencetaknya secara instan.

Di dalam box terdapat kamera, layar untuk melihat refleksi pose, dan keyboard untuk menunjang kegiatan. Setiap satu box diperkirakan hanya bisa menampung 2-4 orang saja.

Baca juga Ide Jualan Kue Kekinian

Bisnis Foto Box Masih Menguntungkan? 

Pertanyaan ini pasti mengganggu calon usahawan yang ingin memulai bisnis di bidang foto instan. Pasalnya, hampir semua orang kini sudah memiliki smartphone canggih dengan kamera mumpuni. 

Ditambah lagi banyak aplikasi di smartphone untuk edit hasil foto dengan latar belakang dan stiker menarik. Pengguna ponsel pintar juga tak dibebankan biaya untuk foto dan edit.

Namun, jika dilihat peluang bisnis ini ternyata masih ada, lho. Walaupun tidak sepopuler era 2000-an, tetapi banyak orang ingin fotobox bersama sahabat untuk sekadar nostalgia. 

Kehadiran box foto di beberapa mall sering digunakan untuk ajang seru-seruan. Biasanya sesudah nonton bioskop, pelanggan menyempatkan mampir untuk mengabadikan momen. 

Baca juga Usaha yang Cocok untuk Pemula di Pedesaan

Salah satu alasan kenapa bisnis ini masih bisa eksis karena area fotonya tertutup. Jadi, pelanggan bebas berganti gaya sesuai keinginan tanpa takut dilihat orang lain. Bagi sebagian kalangan, privasi dibutuhkan saat berpose depan kamera. 

Tips Memulai Usaha Foto box

Perencanaan bisnis harus Anda buat untuk mencapai goal dari usaha. Sebaiknya, tetapkan target dan strategi pemasaran untuk mempromosikan bisnis. 

Kalau Anda yakin ingin memulai usaha foto instan maka pertimbangkan hal di bawah ini. Selain mencapai tujuan berbisnis, risiko kerugian jadi bisa diminimalisir. 

  1. Tentukan budget untuk beli peralatan

Anda wajib menyiapkan dana lumayan besar untuk beli mesin photobox dan atribut pendukung. Pastikan nominalnya cukup untuk membeli sesuai dengan peralatan. 

Jenis mesin foto bermacam-macam dan harganya bervariasi. Umumnya, jika harganya cukup mahal, kualitas kamera yang dimiliki biasanya jernih dan berkualitas baik. 

Baca juga Usaha yang Menjanjikan dengan Modal Kecil

  1. Pilih tempat strategis

Kepopuleran photobox mulai menurun, maka dari itu Anda wajib memilih tempat strategis untuk menjangkau pengunjung. Biasanya pusat perbelanjaan jadi pilihan terbaik untuk bisnis foto instan. 

Pusat perbelanjaan yang ramai pengunjung akan menambah peluang Anda mendapatkan pendapatan besar. 

Jangan lupa, setelah menentukan mall mana yang dipilih, pastikan Anda menaruh photobox di lantai yang tepat. Bisa dekat area permainan atau bioskop. 

  1. Atur biaya sewa tempat

Modal Anda harus dibagi menjadi 2 yaitu modal beli peralatan dan sewa tempat. Pemilihan mall di awal akan memengaruhi besaran tarif yang dikeluarkan untuk sewa per tahun. 

Tarif sewa dipengaruhi oleh reputasi mall, jumlah pengunjung, dan di mana Anda meletakan photobox. Pada block tertentu seperti dekat Timezone dan bioskop harganya jauh lebih tinggi. 

  1. Perhatikan perawatan box 

Satu tak boleh terlewat adalah maintenance. Sesudah beli box mahal pastikan menjaga dan rutin melakukan perawatan. Khususnya di bagian kamera dan layar. 

Apabila mengalami gangguan segera lakukan perbaikan agar pengunjung puas menggunakan jasa.  

Modal Usaha Photobox

Usaha photobox sebenarnya masih masuk dalam kategori jenis usaha dengan modal 1 juta yang bisa anda pertimbangkan dalam memilih usaha yang baik dan bersifat usaha jangka panjang.

Sebelum mempersiapkan modal usaha photobox perlu diketahui bahwa bisnis photobox memiliki jenis atau variasi photobox ynag bisa digunakan. Seperti photobox mini,  photobox standar, dan photobox Deluxe. Tentu dari semua jenis tersebut memiliki persiapan modal yang berbeda.

Berikut kami coba uraikan terkait rincian modal usaha photobox yang perlu anda persiapkan sebelum memulai.

  • Photobox Mini  

Untuk photobox mini ini berukuran lebih kecil dan praktis. Biasa digunakan untuk event tertentu, seperti acara ulang tahun, pernikahan, atau acara kecil lainnya. Modal usaha photobox mini yang perlu dipersiapkan sekitar Rp. 300.000 - Rp.500.000.

  • Photobox Standar

Berukuran sedang dan akan lebih cocok untuk studio berfoto yang sedikit lebih besar. Modal usaha photobox standar berkisar antara Rp. 800.000 - Rp. 1.200.000.

  • Photobox Deluxe

Ukuran lebih besar sehingga bisa menampung lebih banyak orang pada saat berfoto yang terkesan lebih dinamis dan menarik. Kisaran modal yang perlu dipersiapkan untuk usaha photobox ini ialah antara Rp. 1.500.000 - Rp. 2.000.000.

Setelah mengetahui besaran modal yang perlu dipersiapkan dari jenis usaha photobox di atas, kini anda sudah bisa mengukur jenis usaha photobox yang cocok untuk anda.

Agar terlihat lebih menarik dan intraktif bagi belanggan anda bisa ditambahkan beberapa fitur untuk usaha photobox ini yaitu diantaranya seperti prop dan aksesoris tambahan lainnya. Berikut fitur tambahan yang cukup populer untuk usaha photobox:
  • Print yang terkonek langsung dari photobox ke printer.
  • Photobox dengan Proyektor dan tampilan LED.
  • Photobox dengan personalisasi logo brand usaha anda.
  • Photo booth lebih intraktif disertai aksesoris prop yang bertema.
Kunci untuk menghasilkan foto yang bagus dan memuaskan adalah kualitas pencahayaan dan kamera yang bagus. Tentu kita fahami bahwa dalam usaha fotografi "kualitas" menjadi urusan nomer satu yang perlu diperhatikan.

Sebagai informasi tambahan anda juga perlu tahu harga fotografer sekarang ini guna mengukur berapa besaran harga jasa photobox yang akan anda jalani.

Dengannya usahakan mendapatkan produk photobox yang bermutu dan tahan lama, karena penggunakan yang sering dan intens dapat mengakibatkan penurunan kualitas dalam jangka waktu tertentu.

Nah, setelah mengetahui informasi seputar bisnis foto box di atas ternyata peluang ini masih cukup menguntungkan. Semoga usaha Anda berjalan lancar ya.