Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Perlu Diperhatikan, Ini Ukuran Foto Untuk Melamar Kerja yang Sering Digunakan

Barangku.id - Untuk melamar sebuah pekerjaan, ada beberapa data diri yang perlu dipersiapkan contohnya adalah foto diri sendiri. Ukuran foto untuk melamar kerja harus diperhatikan, agar bisa masuk ke dalam pekerjaan yang dilamar.

Perlengkapan seperti ini biasanya diminta saat Anda melamar ke perusahaan yang bekerja secara konvensional. Ini sangat penting karena bisa menentukan lolos tidaknya seseorang dalam melamar pekerjaan.

Namun, terkadang ada perusahaan yang meminta foto dengan aturan tertentu. Tidak perlu takut, karena ada beberapa penjelasan mengenai hal ini dan juga tips untuk mempersiapkannya.

Ukuran Foto yang Digunakan Untuk Melamar Kerja

Ukuran Foto Untuk Melamar Kerja
Ukuran foto untuk melamar
kerja yang tepat

Masih ada banyak orang yang bingung mengenai ukuran foto untuk melamar kerja. Kebingungan ini juga disebabkan oleh banyak hal.

Baca juga: Contoh CV lamaran kerjaan tulisan tangan untuk berbagai bidang

Contohnya adalah pihak perusahaan tidak memberi ketentuan untuk ukuran foto yang dicantumkan. Bisa juga tidak adanya foto dengan ukuran yang cocok untuk digunakan.

Jika masih kebingungan masalah ukuran, biasanya yang digunakan adalah ukuran 2x3 atau bisa juga 4x6. Namun, biasanya para HRD lebih menyarankan untuk memasang ukuran foto 4x6 pada saat melamar.

Ukuran ini banyak diminta karena akan memudahkan proses seleksi yang dilakukan oleh sebuah perusahaan. Itu karena, penyeleksi bisa melihat postur tubuh Anda secara menyeluruh, dari atas hingga bawah.

Perlu diketahui, bahwa foto menjadi salah satu cara penilaian dari perusahaan untuk mengetahui karakter Anda. Untuk itu, tidak boleh memasang foto sembarangan saat melamar pekerjaan.

Tips Agar Foto Sesuai Dengan Ketentuan

Ukuran foto untuk melamar pekerjaan bukan satu satunya persyaratan mengenai foto. Ada banyak syarat lain yang harus dipenuhi dari foto yang disertakan.

Baca juga: Mengenal aturan cuti dalam perusahaan  

Meskipun terkesan gaya dari foto melamar pekerjaan sangat kaku, tapi sebaiknya dipenuhi agar tidak ada masalah. Untuk itu, persiapkan diri Anda dengan sebaiknya sebelum mengambil foto.

Ada beberapa tips yang bisa diikuti guna membuat foto lebih sesuai dan mencuri perhatian. Tips lebih lengkapnya adalah sebagai berikut:

1. Merias Wajah

Yang dimaksud merias wajah disini bukan menggunakan make up yang tebal. Yang dimaksud disini adalah merias wajah dengan tujuan agar wajah menjadi lebih segar.

Pastinya dengan wajah yang segar, HRD akan lebih terkesan dengan foto Anda. Cara ini bisa digunakan untuk menarik perhatian dan membuat foto lebih hidup.

Jika tidak terbiasa menggunakan bedak, cukup gunakan sedikit saja sekiranya bisa terlihat lebih segar. Untuk laki-laki, juga bisa menggunakan pomade untuk menata rambut agar lebih rapi.

2. Menegakkan Bahu

Mungkin, ada beberapa orang yang memiliki bahu bungkuk saat sedang berjalan normal. Bahu membungkuk bisa membuat seseorang terlihat tidak percaya diri.

Jika Anda termasuk salah satunya, lakukan latihan di cermin terlebih dahulu sebelum mengambil foto. Jika diperlukan, minta bimbingan dari fotografer agar hasil foto lebih bagus.

Selain menegakkan bahu, sedikit mengangkat dagu juga bisa dilakukan. Itu akan membuat foto menjadi lebih profesional.

3. Tersenyum

Perlu diingat foto formal bukan berarti tidak boleh tersenyum dan harus berpose kaku. Jika dilihat, berpose kaku justru akan membuat foto menjadi kurang bagus dan terlihat tidak menarik.

Untuk itu, senyum saat melakukan foto formal juga diperlukan dengan tujuan membuat penampilan lebih menarik dan terlihat menyenangkan.

Cukup senyum tipis dan tidak perlu senyum lebar seperti foto biasa. Tetap ingat bahwa foto ini akan menjadi penentu masuknya Anda ke perusahaan.

Hal yang Harus Diperhatikan Untuk Foto Melamar Pekerjaan

Diatas sudah disebutkan ukuran foto untuk melamar pekerjaan yang baik dan tipsnya. Sebaiknya, ketahui juga apa yang sebaiknya tidak dilakukan saat mengambil foto.

Hal ini perlu diketahui agar hasil foto tidak menjadi masalah di kemudian hari. Dengan ini juga, Anda bisa menghindari kesalahan tersebut dan jangan dilakukan.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan disini dan sebaiknya jangan dianggap remeh. Beberapa hal tersebut adalah sebagai berikut:

1. Tidak Boleh Memakai Foto Selfie

Memang banyak handphone di zaman sekarang yang sudah didukung dengan kamera canggih. Hasil dari foto yang dilakukan juga bersih seperti menggunakan kamera profesional.

Namun, tetap saja sebaiknya jangan menggunakan foto selfie saat melamar pekerjaan. Melamar pekerjaan adalah sebuah kegiatan formal yang tidak boleh dibuat main-main.

Menggunakan foto selfie akan membuat Anda terlihat tidak profesional saat melamar pekerjaan. HRD juga akan memberi penilaian buruk jika yang digunakan adalah foto seperti ini.

Baca juga: Inilah cara melamar kerja di Indomaret online dan offline

2. Perhatikan Ukuran Foto

Hal ini menjadi salah satu yang terpenting dari foto sebuah surat lamaran pekerjaan. Jika perusahaan menetapkan ukuran foto untuk digunakan, sebaiknya gunakan ukuran tersebut.

Pastikan foto tersebut sudah sesuai dan jangan memperkecil ukuran foto. Tetap gunakan ukuran foto kecil seperti ukuran yang ditentukan.

Jangan memperbesar foto karena itu akan membuat foto menjadi tidak profesional. Ukuran yang diperbesar juga akan menutupi informasi penting lainnya dalam CV.

3. Resolusi Foto

Kualitas foto juga harus diperhatikan, untuk menjadikan Anda diterima di perusahaan tersebut. Jangan menggunakan foto beresolusi rendah karena akan membuat foto pecah.

Apalagi jika diperlukan untuk mencetak foto sebaiknya gunakan foto dengan resolusi tinggi. Untuk itu, pastikan kualitas foto sudah cukup baik sebelum digunakan untuk mendaftar.

Baca juga: Contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar

Itulah beberapa hal mengenai ukuran foto untuk melamar kerja dan beberapa hal penting lainnya. Pastikan foto sudah sesuai dengan kriteria ukuran yang ditentukan atau gunakan ukuran standar.

Jika foto akan dicetak, sebaiknya gunakan ukuran 2r hingga 10 agar foto menjadi lebih profesional. Dengan begitu, foto akan menjadi lebih profesional dan persentase diterima akan semakin besar.