Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini 3 Cara Menambahkan Lokasi Bisnis di Google Map yang Mudah

Barangku.id - Google Map menjadi salah satu fitur penting yang dapat menaikkan taraf penghasilan bagi para pebisnis, khususnya mereka yang baru memulai. Baca artikel ini untuk tahu bagaimana cara menambahkan lokasi bisnis di Google Map yang praktis agar bisnis Anda makin ramai.

Menambahkan bisnis di Google Map dapat memudahkan konsumen untuk menemukan titik lokasi yang akurat tempat usaha atau bisnis yang Anda jalankan.

Di bawah ini akan dijelaskan cara menempatkan lokasi bisnis di Google Map dengan memastikan keakuratan titik lokasi dengan berbagai fitur Google:

Menambahkan Bisnis Melalui Website Google Bisnisku

cara membuat titik lokasi usaha di google maps
Cara menambahkan lokasi bisnis di google maps

Sejatinya, ada beberapa fitur dari Google dengan beragam cara agar pemilik bisnis dapat menetapkan lokasinya di Google Map. Menggunakan fitur yang paling terkenal saat ini yaitu fitur website Google Bisnisku dimana website ini membantu menemukan lokasi dan informasi bisnis.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, Google Bisnisku merupakan salah satu website turunan dari Google yang amat membantu para pemilik bisnis.

Bagaimana tidak? Fitur ini memungkinkan konsumen agar mendapatkan informasi detail dan singkat sesaat usai mengetikkan kata kunci berupa nama bisnis.

1. Mendaftar pada Akun Google Bisnisku

Ini adalah hal yang wajib dilakukan terlebih dahulu sebelum lanjut ke langkah lainnya dari cara menambahkan lokasi bisnis di Google Map selanjutnya, yaitu mendaftarkan akun. Anda hanya perlu mengakses web Google Bisnisku.

Baca juga: Cara mendapatkan bantuan modal usaha dari Baznas

Pilih opsi ‘Kelola Sekarang’ untuk mendaftarkan akun serta mendapat fasilitas. Setelah mendapatkan akun ini, Anda bukan hanya akan mengetahui cara menambahkan lokasi bisnis di Google Map dengan mudah.

Akan tetapi, Anda juga dapat berinteraksi lebih dekat dengan konsumen karena bisnis Anda akan semakin banyak dikenali berkat fitur informasi yang disediakan.

2. Daftarkan Nama Bisnis

Setelah mendaftarkan akun, Anda sudah dapat mengakses fasilitas serta fitur lengkap untuk mengelola serta mengembangkan bisnis Anda sendiri. Daftarkan bisnis Anda dengan memasukkan nama, lokasi, dan berbagai keterangan lengkap lainnya seperti jenis pembelian, jadwal operasi, hingga detail produk yang disediakan.

3. Menentukan Kategori

Ini salah satu kelebihan Google Bisnisku, nanti Anda akan diberitahu secara detail mengenai cara menambahkan lokasi bisnis di Google Map yang mudah. Namun, itu setelah Anda mengetahui bagaimana sistem pengelolaan bisnis di Google Bisnisku ini dan Anda dapat langsung mendaftar.

Menentukan kategori adalah salah satu yang paling penting dalam mempromosikan bisnis, terutama jenis promosi yang dilakukan secara daring. Google Bisnisku memberikan fitur ini untuk memudahkan konsumen agar dapat menemukan bisnis apa yang cocok dengan barang atau jasa yang mereka butuhkan.

4. Menambahkan Lokasi

Sebelum Anda dapat menambahkan lokasi bisnis ke Google Map, pastikan dan nyatakan bahwa Anda memegang alamat atau lokasi bisnis untuk didaftarkan.

Kemudian, jawab pertanyaan dan tentukan apakah pelanggan atau konsumen dapat mengunjungi lokasi tersebut sebagai kantor bisnis atau sebuah toko. Pilih opsi ‘Ya’ untuk melanjutkan ke cara menambahkan lokasi bisnis di Google Map yang akan dijelaskan secara rinci.

Baca juga: Rekomendasi distributor barang import dari Cina

Berikut ini, Anda akan mendapatkan informasi detail untuk langsung mendaftarkan nama serta lokasi bisnis Anda di Google Map hanya dengan menggunakan ponsel.
  • Masukkan alamat bisnis dengan memilih negara, kota, provinsi, serta kode pos alamat Anda.

  • Tandai lokasi dengan bantuan pin oleh Google, perbesar atau perkecil saja tampilan layar Maps di perangkat ponsel Anda.

  • Jawab pertanyaan atau nyatakan jenis pembelian Anda, apakah melayani pesan antar atau tidak, serta jelaskan di lokasi mana saja Anda dapat melayani itu.

5. Kontak yang Dapat Dihubungi

Setelah menambahkan lokasi bisnis, Anda perlu mencantumkan juga beberapa nomor aktif yang dapat dihubungi jika konsumen membutuhkan sesuatu. Selain itu, cantumkan juga media sosial yang aktif beroperasi serta situs web yang mengisahkan cerita menarik atau informasi penting mengenai bisnis Anda.

6. Verifikasi Bisnis

Setelah menambahkan lokasi, kontak yang dapat dihubungi termasuk media sosial yang aktif, maka selanjutnya adalah melakukan proses verifikasi. Proses ini akan ditinjau oleh pihak Google untuk sementara waktu sebelum kemudian pemilik bisnis berhak mendapatkan verifikasi untuk dapat klaim lokasi tersebut.

Menambahkan Bisnis melalui Google Maps

Tentu saja, Google Map juga menyediakan banyak fitur yang berkaitan dengan peta atau lokasi suatu tempat, bisnis, dan organisasi penting dalam negara. Berikut ini akan dijelaskan berbagai cara menambahkan lokasi bisnis di Google Map secara langsung melalui aplikasi di smartphone.

Menambahkan bisnis secara langsung di Google Map dinilai tidak sulit karena Anda dapat langsung menggunakan fitur-fitur yang sudah disediakan.

Baca juga: Cara memulai bisnis startup

Dengan menambahkan bisnis dengan fitur yang ada. Anda sudah dapat memperkenalkan bisnis kepada para pengguna internet sebagai calon konsumen dan pelanggan.
  • Buka aplikasi Google Map dan pilih menu yang berisi fitur-fitur tersedia.

  • Temukan opsi “Add your business” kemudian klik pilihan tersebut.

  • Pilih kategori bisnis untuk menghindari kesalahpahaman konsumen dalam mencari bisnis di internet.

  • Input informasi terkait bisnis Anda seperti nama, lokasi atau alamat bisnis, jam operasional bisnis, serta nomor telepon yang dapat dihubungi oleh para konsumen agar memudahkan proses interaksi dan komunikasi.

  • Tambahkan media sosial, situs web, serta beberapa produk yang mungkin dijalankan oleh bisnis Anda untuk menarik konsumen.

  • Lakukan verifikasi bisnis untuk menghindari kekeliruan informasi terhadap bisnis yang sedang Anda jalani.

Cara Klaim Lokasi Bisnis di Google Maps

Suatu kendala yang kerap dialami saat menambahkan lokasi bisnis di Google Map adalah lokasi tersebut sudah pernah menjadi lokasi bisnis orang lain. Selain cara menambahkan lokasi bisnis di Google Map yang perlu dilakukan adalah mengonfirmasi bahwa lokasi tersebut milik Anda.

Aktivitas konfirmasi lokasi ini dimaksudkan untuk mengklaim bahwa Anda atau bisnis Anda adalah pemilik lokasi tersebut saat ini. Klaim lokasi dilakukan agar orang lain tidak dapat menduplikasi bisnis yang Anda punyai, kecuali atas izin Anda sendiri sebagai sang pemilik bisnis.

Baca juga: Cara membuat pembukuan usaha kecil

Hal yang mungkin dapat Anda lakukan pertama kali adalah mengklaim bahwa lokasi tersebut milik bisnis Anda, meski sebelumnya pernah dijadikan lokasi bisnis. Berikut adalah cara klaim lokasi bisnis di Google Maps untuk menghindari terjadinya duplikasi bisnis yang sebelumnya telah terdaftar.
  • Cari nama bisnis Anda di kolom pencarian Google.

  • Cari opsi untuk mengklaim bisnis tersebut, Anda dapat mengelola bisnis tersebut nantinya.

  • Verifikasi laporan dengan menampilkan nomor telepon, e-mail ataupun surat fisik.

  • Masukkan alamat dengan jelas dan rinci.

  • Nantikan proses review oleh pihak Google untuk mendapatkan surat atau tanda verifikasi.

  • Setelah proses klaim bisnis selesai, lokasi tersebut telah resmi menjadi milik Anda dan tidak dapat kembali diduplikasi.
Itulah serangkaian cara menambahkan lokasi bisnis di Google Map yang dapat Anda lakukan sendiri menggunakan smartphone dan aplikasi terkait. Kini, Anda dapat menjangkau lebih banyak orang untuk diperkenalkan dengan bisnis Anda lewat peta digital sehingga Anda sendiri dapat meraih keuntungannya.