Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Begini Ternyata Modal Bisnis Sarang Walet Serta Cara Memulainya!

Barangku.id - Bisnis sarang walet belakangan ini menjadi salah satu bisnis yang tengah menarik banyak perhatian. Pasalnya bisnis yang satu ini kurang terekspos dan diperhatikan. Banyak dari sebagian besar orang tidak tahu akan adanya bisnis tersebut.

Namun untuk sekarang ini sudah banyak sekali informasi yang tersebar tentang bisnis tersebut, banyak yang mengatakan bahwa keuntungannya sangat besar. Hal ini tentu memancing banyak orang penasaran akan bisnis tersebut. Untuk ulasan lebih lengkapnya, simak berikut ini penjelasannya yaitu:

Modal Bisnis Sarang Walet

usaha sarang walet
Usaha burung walet

Banyak sebagian besar pemula bertanya tanya terkait modal yang harus dikeluarkan untuk dapat membangun bisnis walet. Untuk modal yang dikeluarkan tiap orang berbeda beda, tidak ada angka mutlak. Hal ini dikarenakan perlengkapan usaha walet, bangunan, serta upah karyawan yang beragam.

Baca juga: Inilah usaha ternak yang menjanjikan di masa depan

Bisnis sarang walet membutuhkan modal bangunan sebagai salah satu lokasi keberadaan walet. Untuk lokasinya sendiri, dibutuhkan wilayah yang lembab serta jauh dari kebisingan. Dalam pembangunan lokasi ini tentu akan memakan biaya hingga ratusan juta rupiah.

Mengingat luas bangunan yang dibutuhkan adalah 10 x 10 meter minimal dengan 4 lantai. Hal ini sangat dibutuhkan dan menjadi modal awal yang paling banyak pengeluarannya, bagaimana tidak? Walet membutuhkan tempat yang luas untuk tinggal.

Keuntungan Bisnis Sarang Walet

Untung yang dapat diperoleh para pebisnis sarang walet tentu cukup besar, mengingat modal yang dikeluarkan sepadan. Harga jual dari sarang walet yang sudah jadi tidak tanggung tanggung. 1 kilogramnya dihargai 20 juta.

Bisnis tersebut jika ditekuni dengan baik dapat menghasilkan uang yang lebih banyak lagi. Pasalnya banyak pebisnis yang telah menekuni usaha tersebut sukses menghasilkan untung hingga 200 jutaan lebih. Terlebih lagi jika pemeliharaan yang dilakukan sangat baik.

Baca juga: Usaha ayam potong kemitraan

Hasil dari bisnis sarang walet sangat dicari karena khasiat atau manfaatnya yang banyak. Mengingat beberapa kandungan yang terdapat di dalamnya komplek, yaitu ada kalsium, protein dan lainnya. Selain itu, banyak keuntungan dari bisnis tersebut di antaranya yaitu:
  • Bisnis sarang walet tidak dibatasi oleh usia.
  • Siapa pun bisa menjalankan bisnis yang satu ini.
  • Dapat membuka lapangan pekerjaan.
  • Keseluruhan untung yang dimiliki menjadi hak mutlak.
  • Jam kerja yang fleksibel.
  • Memiliki banyak waktu bersama keluarga.
  • Pendapatan besar hingga ratusan juta.
  • Minat konsumen yang tinggi pada sarang walet.
  • Mempunyai peluang omset yang terus meningkat.
Itulah sederet keuntungan bisnis sarang walet yang bisa didapatkan, banyak bukan untungnya. Selain untung yang menjanjikan, bisnis ini dapat dicoba dan dilakukan oleh siapa saja. Bukan hanya itu saja, bisnis juga fleksibel dan tidak terikat waktu.

Cara Memulai Bisnis Sarang Walet

Memiliki harga jual yang tinggi, berbagai kalangan pun kini banyak tertarik untuk memulai bisnis walet. Tidak hanya itu saja, sebagian besar orang pun kini banyak bertanya tanya bagaimanakah langkah awalnya. Simak berikut ini penjelasannya yaitu:

1. Menentukan Lokasi Usaha

Cara pertama yang harus dilakukan untuk memulai bisnis tersebut yaitu dengan menentukan lokasi usaha. Hal ini sebenarnya bukan hanya berlaku untuk bisnis walet tetapi bisnis lainnya juga. Mengingat sebuah bisnis harus ada tempat atau lokasi yang dapat digunakan.

Baca juga: Ragam usaha sapi qur'ban terkini

Terkhusus untuk sarang walet, lokasi yang dibutuhkan adalah wilayah dataran rendah yang tingginya maksimal 1000 mdpl. Bukan hanya itu saja, lokasi yang dipilih pun harus jauh dari keramaian. Terlebih lagi jauh dari gangguan hewan lainnya sehingga aman bagi walet.

Bagi yang baru memulai bisnis sarang walet pasti bertanya tanya bukan, mengapa lokasi harus di tempat yang sunyi? Pasalnya burung walet lebih menyukai tempat yang tenang. Pada umumnya, lokasi yang sering digunakan yaitu dekat sawah atau rawa rawa.

2. Menyediakan Fasilitas

Setelah memiliki lokasi selanjutnya, pemula dapat menyediakan fasilitas seperti sarana dan juga peralatan. Beberapa alat yang dibutuhkan di antaranya ada pemeriksa suhu dan penerangan. Jangan lupakan untuk membangung bangunan layaknya sebuah gua.

Jadi, gedung yang dibuat pun mempunyai suhu lembab sekitar 80 persenan. Supaya bisa mendapatkan suhu terbaik, para pemula dapat melapisi bangunan menggunakan plafon. Jangan lupa juga untuk menambahkan sekam yang tebalnya mencapai 20 cm.

Jika sudah, fasilitas berikutnya yang harus dilengkapi yaitu pembuatan kolam saluran air dalam gedung. Namun pada lubang keluar, pastikan untuk memberikan penangkalan sinar matahari. Tujuan penangkalan sendiri dibuat agar bangunan tetap gelap dan lembab.

Baca juga: Usaha beternak kambing

3. Melakukan Pembibitan

Cara yang paling penting dalam menjalankan bisnis yang satu ini yaitu dengan melakukan pembibitan. Para pemula bisa memilih burung sriti yang dipakai oleh indukan. Hal ini dilakukan untuk memancing agar burung mau hinggap di lokasi baru.

Proses pemancingan tersebut dapat dilakukan dengan memainkan rekaman dari suara walet. Untuk pemilihan waktu yang tepat yaitu sekitar jam 4 hingga 6 sore. Dalam hal ini, proses penetasan yang paling penting karena akan menambah jumlah populasi.

4. Melakukan Pemeliharaan

Selanjutnya pemula dapat melakukan pemeliharaan setelah burung walet tersebut melakukan penetasan dari cangkang. Mengingat kemampuan anak burung yang belum bisa makan sendiri. Harus ada bantuan yang diberikan pada anak walet dengan menyuapinya dengan kroto.

Hal tersebut dapat dilakukan 3 kali sehari sampai anak burung walet dirasa sudah bisa makan sendiri. Ketika burung walet sudah memasuki usia 43 hari biasanya telah memiliki kemampuan terbang. Pada tahap ini pemberian pakanlah yang seharusnya mulai diperhatikan.

Dalam pemeliharaan kebersihan kandang atau lokasi tempat sarang walet juga harus dipantau. Pasalnya kebersihan kandang juga menjadi hal yang sangat penting. Pemeliharaan dapat dilakukan dengan membersihkan kandang 2 sampai 3 kali seminggu.

5. Memastikan Suhu dan Kelembaban

Cara untuk memulai bisnis sarang walet selanjutnya yaitu dengan memeriksa suhu dan kelembaban. Hal ini dapat dilakukan dengan membangun lokasi yang dibuat segelap mungkin hingga suhunya lembab. Pastikan bahwa suhu yang ada di dalamnya mencapai 26 derajat.

Baca juga: Usaha beternak modal 300 yang menguntungkan

Suhu udara yang lembab dan dingin merupakan suhu yang disukai oleh burung walet sehingga perkembangbiakannya cepat. Oleh sebab itu, kenapa lokasi perkembangbiakan harus dilakukan ditempat gelap. Namun meskipun begitu, penerangan setidaknya harus ada untuk menuntun walet ke setiap lantai.

6. Menggunakan Metode Audio

Jika sudah menetapkan lokasi yang pas dan sesuai untuk memulai bisnis walet maka, pastikan juga untuk menggunakan metode audio. Metode audio dilakukan untuk mengundang burung walet supaya bersarang. Sangat sederhana dan mudah sekali untuk dilakukan bukan?

Cukup dengan menyetel audio burung walet yang tersimpan pada tape atau smartphone. Selanjutnya setiap walet akan langsung bersarang pada lokasi. Supaya lebih efektif dan bekerja, pemutaran audio bisa dilakukan pada sore hari di antara jam 4 sampai 5 sore.

Itulah penjelasan terkait bisnis sarang walet yang dapat diketahui dan dipelajari oleh para pemula. Berdasarkan penjelasan diatas, keuntungan yang dapat diterima dari bisnis tersebut cukup besar. Namun untuk dapat memulai bisnis, memang diperlukan modal besar di tahap awalnya.