Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Ide Bisnis Pertanian yang Menjanjikan dan Cepat Untung Besar!

Barangku.id - Ide bisnis pertanian yang menjanjikan tidak selalu diawali dengan modal besar. Bahkan bisnis pertanian juga memungkinkan untuk dikerjakan di rumah dengan memanfaatkan lahan sempit. Dengan teknik yang tepat, bukan tidak mungkin bisnis pertanian mampu menghasilkan keuntungan maksimal.

Upaya memulai bisnis pertanian dapat diawali dengan melihat peluang apa saja yang bisa muncul dalam bidang pertanian. Dengan demikian, pemula dapat memperoleh gambaran terkait usaha yang akan dikerjakan. Untuk menambah wawasan terkait bisnis pertanian, berikut informasi yang dapat disimak:

Peluang Bisnis Pertanian

Indonesia mendapat julukan sebagai negara agraris, hal tersebut ditunjukkan dengan kekayaan alam yang melimpah. Dapat dikatakan bahwa sektor pertanian menjadi aspek yang berpengaruh pada pertumbuhan ekonomi. Akan tetapi, masih jarang orang yang menekuni pertanian secara profesional sebagai bisnis.

Baca juga: Modal usaha minimarket di desa

Peluang bisnis pertanian yang menjanjikan termasuk cukup tinggi di Indonesia, sebab hal ini berkaitan langsung dengan kebutuhan bahan pangan. Itulah alasannya, bisnis pertanian bisa dipertimbangkan dalam upaya mempersiapkan masa depan. Terutama untuk memperoleh keuntungan maksimal.

Usaha Apa Saja di Bidang Pertanian yang Menguntungkan?

usaha pertanian yang menjanjikan
Usaha tani yang menjanjikan

Sebetulnya banyak jenis usaha yang dapat dikembangkan di bidang pertanian dan tidak selalu membutuhkan lahan yang luas. Itulah alasannya bisnis pertanian juga bisa dikelola dari rumah. Berikut usaha dalam bidang pertanian yang dinilai menguntungkan:

1. Jualan Rempah dan Tanaman Obat

Masakan Indonesia memang identik dengan penggunaan rempah-rempah, itulah sebabnya produk pertanian ini selalu dicari konsumen. Meski sudah ada bumbu instan, tetapi meracik rempah-rempah sendiri akan membuat hasil masakan lebih nikmat dan punya cita rasa yang kuat.

Tingginya permintaan pasar membuat jualan rempah dan tanaman obat termasuk ide bisnis pertanian yang menjanjikan tahun ini. Rempah dan tanaman obat merupakan komoditas yang paling laku di pasar lokal bahkan luar negeri. Hal tersebut membuka peluang bisnis bagi para petani di Indonesia.

Baca juga: Peluang bisnis sayur potong

2. Jualan Tanaman Organik

Tidak dapat dipungkiri bahwa saat ini sayur dan buah bebas pestisida banyak dicari oleh masyarakat. Sebab, produk pertanian tersebut akan jauh lebih segar dan sehat tanpa obat-obatan. Terlebih tanaman organik juga mempunyai harga yang tidak terlalu mahal.

Meski demikian, jualan tanaman organik termasuk ide bisnis pertanian yang menjanjikan di 2023. Hal tersebut dikarenakan sebagian masyarakat menyadari bahwa gaya hidup sehat sangatlah penting. Upaya tersebut dilakukan dengan pemilihan bahan makanan dari tanaman organik berkualitas.

Budidaya tanaman organik bisa dilakukan pada lahan rumah atau rooftop. Adapun jenis tanaman pertanian yang paling menguntungkan seperti strawberry, jagung organik, sawi, dan berbagai jenis sayuran lain. Bisnis pertanian ini bisa dimulai dari skala kecil dengan sasaran pemasaran orang-orang sekitar.

3. Membuka Usaha Jus

Tidak perlu bingung mencari usaha apa saja di bidang pertanian yang memungkinkan dengan modal kecil. Sebab, pembaca bisa memulainya dengan berjualan jus buah dan sayur. Adanya lahan yang kosong bisa dimanfaatkan untuk budidaya buah atau sayuran.

Bila memiliki kebun buah dan sayur sendiri, tentunya usaha jus bisa dijalankan tanpa perlu membeli bahan ke pasar. Dengan demikian, keuntungan yang diterima melalui bisnis tersebut akan lebih maksimal. Ide bisnis ini memungkinkan petani mendapat pemasukan dari hasil panen sendiri.

Baca juga: Rekomendasi usaha ternak modal 300 ribu

4. Bisnis Tanaman Hias

peluang usaha tani yang menjanjikan
Bisnis tanaman yang menjanjikan

Mencari ide usaha apa saja di bidang pertanian yang sedang booming tidak terlalu sulit, petani bisa memulai budidaya tanaman hias di rumah. Banyak jenis tanaman yang kerap dicari masyarakat, diantaranya monstera, kaktus mini, anggrek, aglonema, dan masih banyak lagi.

Ketika berbisnis tanaman hias, petani harus memperbanyak inisiatif dalam mengamati tanaman yang sedang booming. Apabila ditekuni secara profesional, bisnis tanaman hias mampu menghasilkan omset puluhan juta tiap bulan. Itulah sebabnya, ide bisnis ini patut dikembangkan.

5. Hidroponik

Budidaya hidroponik merupakan jenis tanaman pertanian yang paling menguntungkan bagi petani. Sebab, ide bisnis ini bisa dijalankan tanpa lahan yang luas. Itulah sebabnya, hidroponik cocok diterapkan sebagai bisnis rumahan yang menjanjikan di masa sekarang.

Pada dasarnya hidroponik dijalankan dengan menanam sayuran tanpa media tanah, sebagai gantinya maka petani memanfaatkan air. Menerapkan hidroponik juga memiliki kelebihan, diantaranya dapat meminimalkan serangan hama yang menghambat pertumbuhan sayuran.

Baca juga: Ide usaha budidaya jamur tiram

Hidroponik termasuk referensi bisnis pertanian yang menjanjikan, sebab kualitas sayur yang diperoleh lebih bersih. Di samping itu, media tanam berupa air dapat mengefisiensi penggunaan pupuk. Beberapa jenis sayur yang memungkinkan ditanam secara hidroponik seperti pakcoy, selada, dan sejenisnya.

Persiapan yang perlu disiapkan meliputi pemilihan bibit, persiapan media tanam, dan perlengkapan untuk merawat tanaman. Perlu diketahui, bahwa hasil kebun hidroponik termasuk tinggi di pasaran. Itulah alasannya, hidroponik tergolong usaha pertanian yang menjanjikan di rumah.

6. Jualan Bibit Tanaman

usaha agribisnis yang menjanjikan
Usaha jual bibit tanaman

Bila lahan yang dimiliki tidak terlalu luas, maka petani bisa mengoptimalkannya sebagai tempat menanam bibit aneka sayuran atau buah. Adapun jenis tanaman pertanian yang paling menguntungkan untuk jualan bibit misalnya kangkung, jagung manis, bayam, dan masih banyak lainnya.

Dalam usaha menanam bibit, petani tidak membutuhkan waktu yang lama untuk merawatnya dibandingkan budidaya hingga panen. Itulah sebabnya, modal yang diperlukan tidak terlalu besar. Jualan bibit merupakan ide bisnis pertanian yang menjanjikan apabila ditekuni saat ini.

7. Pembuatan Pupuk

Ide bisnis pertanian yang menjanjikan lainnya yaitu pembuatan pupuk, dimana lahan yang diperlukan tidak terlalu besar. Terlebih pupuk menjadi produk yang sering dicari oleh para petani budidaya tanaman hias. Pembaca dapat mendalami pembuatan pupuk kandang dan kompos.

Bisnis pupuk organik juga akan lebih cepat laku di wilayah yang masyarakatnya banyak mengerjakan budidaya tanaman. Bila perlu lakukan survei untuk melihat jenis tanaman apa yang sedang booming. Dengan demikian dapat memastikan jenis pupuk organik yang paling dicari masyarakat.

8. Pengepul Padi

Ingin berbisnis di bidang pertanian tidak mengharuskan seseorang untuk terjun langsung ke lahan atau sawah. Sebab, pembaca juga bisa menerapkan bisnis pertanian yang menjanjikan dengan menjadi pengepul padi. Seperti diketahui, terkadang sebagian petani enggan menjualnya langsung ke pasar.

Baca juga: Usaha yang cocok untuk pemula di pedesaan

Hal tersebut bisa dikarenakan transportasi yang kurang memadai atau hasil panen tidak terlalu banyak. Apabila pembaca memiliki koneksi beberapa petani, maka bisa menjadi pengepul. Padi kering yang dikumpulkan dari para petani bisa dijual kembali ke pabrik.

9. Membuka Warung Makan

Ide bisnis ini lebih direkomendasikan untuk petani yang memiliki lahan luas dengan berbagai sayuran dan rempah. Dengan modal hasil panen tersebut, konsumen dapat memperoleh makanan yang masih segar untuk dikonsumsi. Karena bahan-bahan diperoleh secara alami, sudah pasti akan terjamin keamanannya.

Apabila tidak memiliki lahan untuk pertanian, maka warung makan juga bisa dijalankan dengan bekerja sama pada para petani sayur dan ikan. Umumnya harga bahan akan lebih murah dibandingkan membelinya di supermarket. Dengan demikian, peluang keuntungannya juga akan berlipat.

Berbicara tentang bisnis warung makan, terkadang masakan yang sederhana ala rumahan lebih sering dicari dibandingkan masakan restoran. Sebab, harganya juga tidak terlalu mahal bagi konsumen. Poin terpenting adalah menyediakan cita rasa yang enak dengan harga terjangkau.

Demikian pembahasan terkait ide bisnis pertanian yang menjanjikan di masa sekarang. Ide pertanian apa pun yang akan ditekuni pastinya harus dikerjakan sungguh-sungguh. Dengan demikian, petani bisa memperoleh keuntungan bisnis yang diterima secara maksimal.