Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Membuka Usaha Sparepart Motor Tanpa Modal dan Tips Menjalankannya

Barangku.id - Saat ini, usaha di bidang sparepart motor sangatlah menjanjikan. Hal ini dikarenakan banyak pengguna motor yang membutuhkan tempat jual sparepart motor lengkap. Namun terkadang, modal adalah penghalang utama. Sebenarnya, usaha sparepart motor tanpa modal bisa dijalankan dengan beberapa langkah.

Untuk memulai berjualan sparepart tanpa modal, maka diperlukan serangkaian proses yang tentunya penting. Selain itu, ada juga beberapa golongan tips lain yang harus dipahami secara mendalam. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan lengkap di bawah ini:

Cara Buka Usaha Sparepart Motor untuk Pemula tanpa Modal

Usaha Sparepart Motor Tanpa Modal
Usaha sparepart motor

Membuka usaha sparepart motor lengkap tentunya membutuhkan modal yang tidak sedikit. Hal ini memang umum terjadi jika ingin membuka tokonya secara offline dan secara langsung. Namun sebenarnya, usaha ini juga bisa dibuka tanpa harus mengeluarkan modal.

Baca juga: Kenali memilih sparepart motor otomotif yang baik

Jika ingin membuka usaha sparepart motor untuk pemula tanpa modal, maka diperlukan beberapa cara yang bisa dipilih. Dengan adanya cara-cara ini, maka proses pembukaannya akan jauh lebih mudah dan keuntungan tetap bisa didapat. Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa caranya:

1. Kerja Sama dengan Distributor

Cara pertama yang bisa diikuti adalah bekerja sama dengan pihak distributor sparepart motor. Saat ini, sudah ada banyak distributor berkualitas yang bisa dipilih dengan golongan yang lengkap. Bahkan ada juga distributor yang menyediakan paket usaha sparepart motor yang bisa dipilih.

Biasanya, pihak distributor akan memberikan penawaran perjanjian untuk memulainya. Pihak pembuka usaha hanya perlu memiliki tempat untuk berjualan. Sedangkan sparepart-nya akan diberi oleh pihak distributor. Saat waktunya tiba, maka proses pembayaran harus dilakukan pada pihak distributor.

Agar nantinya tidak terlalu terbebani, maka buat kesepakatan yang wajar dan masuk akal. Pastikan memiliki perkiraan yang jelas dan nantinya bisa membayar pihak distributor tepat waktu. Dengan demikian, prosesnya akan berhasil dan bisa menguntungkan.

2. Kerja Sama dengan Penjual Lain

Pilihan cara kedua yang bisa dijalankan untuk membuka usaha sparepart motor tanpa modal adalah bekerja sama dengan penjual lain. Sistem usaha ini seperti membuka toko cabang di wilayah lain. Ajukan kerjasama dengan toko sparepart motor yang berpengalaman, dan jual produk-produknya.

Jadi, yang harus disediakan adalah tempat jualannya. Sedangkan untuk sparepart bisa mengambil dari toko yang sudah ada. Nantinya, hasil penjualan tetap harus disetorkan kepada toko utama sebagai bentuk pengembalian modal.

Baca juga: Tips membuka usaha bengkel sendiri di rumah

Jika memilih cara yang satu ini, maka nantinya toko yang dimiliki harus disesuaikan dengan kesepakatan. Baik itu dari namanya, cara kerjanya, hingga kelengkapan produknya. Oleh karenanya, semua harus diperhatikan dengan baik dalam hal perjanjiannya.

3. Berjualan Secara Online

Rekomendasi cara terakhir yang menarik untuk dimanfaatkan adalah dengan membuka bisnis sparepart motor online yang fleksibel. Cara yang satu ini sebenarnya tergolong sangat praktis dan menjanjikan. Metode yang bisa dimanfaatkan adalah dengan menjadi dropshipper.

Melalui metode ini, maka pihak penjual tidak perlu melakukan stok barang. Langkah yang harus dilakukan hanyalah mencari supplier yang tepat dan membuka toko sendiri secara online. Jika ada pembeli atau pemesan sparepart, maka bisa dilanjutkan dengan proses pembelian kepada supplier.

Nantinya, supplier akan mengirim produk langsung kepada pihak pembeli. Keuntungan yang didapat dari membuka usaha sparepart motor tanpa modal ini juga tergolong sama besarnya dengan cara-cara lainnya. Selain itu, semua prosesnya akan dilakukan secara online sehingga terkonsep lebih ringkas.

Tips Menjadi Reseller Sparepart Motor

Jika sudah memilih cara membuka usaha sparepart motor tanpa modal yang tepat, maka prosesnya bisa mulai diterapkan selangkah demi selangkah. Namun pastikan juga untuk memperhatikan berbagai detail tips menjadi reseller sparepart motor yang tepat dan terarah.

Menjual sparepart motor lengkap juga harus dilakukan dengan baik. Oleh karenanya, tips-tips tepatnya juga harus diperhatikan secara menyeluruh. Untuk detailnya sendiri, simak daftar tips dan penjelasan lengkapnya di bawah ini:

1. Lakukan Survei Pasar

Tips paling dasar yang harus dilakukan adalah dengan melakukan survei pasar. Jika memutuskan akan memanfaatkan cara pertama dan kedua, maka lakukan survei pasar di wilayah tempat tujuan pembukaan usaha. Dengan demikian, maka beberapa aspek di pasar bisa diketahui.

Mulai dari seberapa banyak toko sparepart di wilayah tujuan, siapa saja pesaingnya, apakah produknya lengkap, dan beberapa aspek lain. Apabila semua bagian ini dipahami dengan baik, maka proses menjalankan usahanya akan lebih baik karena sudah bisa mengambil beberapa keputusan.

Sedangkan jika penjualan akan dilakukan dengan sistem online, maka lakukan survei pasar di media secara online. Saat ini sudah banyak penjual sparepart online di berbagai marketplace dan berbagai wilayah. Oleh karenanya, pastikan untuk mencari rinciannya.

Baca juga: Hal penting yang harus dilakukan sebelum memulai usaha bengkel motor

2. Cari Supplier atau Distributor Berkualitas

Kemudian pastikan juga untuk mencari supplier atau distributor sparepart motor yang berkualitas. Aspek kualitas yang dimaksud ini berasal dari kualitas produknya, layanannya, hingga konsep perjanjiannya. Apabila sudah ditemukan supplier dengan kualitas mumpuni, maka bisa langsung dipilih.

Langkah ini harus diperhatikan dengan baik sejak awal. Apabila tidak mencari supplier berkualitas dan asal memilih, hal ini bisa membawa pada aspek kerugian yang mungkin terjadi dari berbagai sisi. Oleh sebab itu, pastikan untuk mencari dan menemukannya dengan baik.

3. Beri Harga Pasaran

Saat bekerja sama dengan pihak lain, maka nantinya sebagian keuntungan pendapatan akan diberikan kepada pihak tersebut di samping besaran harga produknya. Meski demikian, pastikan untuk memberikan harga sesuai pasaran yang ada di wilayah masing-masing.

Apabila harga terlalu mahal, maka pembeli tidak akan datang. Jadi bukannya keuntungan yang didapat malah kerugian. Sedangkan jika harganya diberikan terlalu rendah untuk menarik pembeli, hal ini justru akan membuat rugi yang cukup besar karena tidak bisa menutup harga sparepart.

Oleh sebab itu, pastikan untuk memberikan harga yang sesuai dengan pasaran. Apakah bisa bekerja sama dengan pihak lain dan memberikan harga yang ada di pasaran? Untuk menjawabnya, maka pastikan mencari supplier yang sudah memberikan harga rendah sejak awal.

Baca juga: Pilihan usaha sampingan pulang kerja untuk menambah pemasukan

Biasanya, supplier akan memberikan harga yang rendah untuk pembelian dalam jumlah yang banyak. Jika harga yang diberikan lebih rendah, maka saat dijual lagi harganya bisa disesuaikan dengan yang ada di pasaran dan keuntungan besar bisa didapatkan.

4. Lakukan Pembukuan dengan Baik

Proses pembukuan juga harus dilakukan dengan baik. Apabila langkah ini diterapkan sesuai dengan proses yang benar, maka besaran dana yang didapat akan diketahui dengan jelas. Nilai keuntungan dan dana yang harus dikeluarkan untuk dibayarkan kepada supplier juga akan jelas besarannya.

Karena aspek ini penting untuk dilakukan, maka pastikan untuk belajar juga bagaimana langkah pembukuan yang tepat. Semakin rinci dan teliti prosesnya, maka aliran dana dari usaha yang dibuka juga akan semakin jelas.

Perputaran uang dari hasil usaha juga bisa dirinci dengan baik untuk melakukan pembelian stok barang. Langkah ini pastinya akan sangat berpengaruh untuk proses menjalankan usahanya agar nantinya bisa terus berkembang sampai besar.

Itulah penjelasan tentang cara membuka usaha sparepart motor tanpa modal beserta tips-tipsnya. Apabila semua aspek di atas dipahami dengan baik, maka proses memulai jual sparepart motor lengkap akan jauh lebih terarah. Jadi, pastikan untuk menerapkan semuanya secara menyeluruh.