Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Wajib Tahu! Ini 9 Tips Membuka Bengkel Sendiri di Rumah

Setiap harinya, ada banyak kendaraan bermotor yang dapat dijumpai di jalan raya. Bahkan, mengalami peningkatan setiap harinya. Anda juga dapat menjadikan peluang ini sebagai cara mudah untuk mendapatkan keuntungan. Coba saja gunakan tips membuka bengkel sendiri di rumah.


Walaupun mempunyai harga yang mahal, bukan berarti kendaraan bermotor tidak dapat rusak. Seringkali, mesin mengalami kerusakan atau ada bagian lainnya yang mengalami gangguan. Namun, tidak semua orang mempunyai keahlian dalam hal ini. Yuk, simak langkah jadikan ini untuk peluang!

9 Tips Membuka Bengkel Sendiri di Rumah

Tips Membuka Bengkel Sendiri di Rumah
Cara membuka bengkel sendiri. (c) Unsplash.com
Untuk memulai bisnis dalam kategori bengkel ini, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dengan baik. Anda tidak dapat langsung membuka bengkel dengan modal nekat saja. Anda dapat menggunakan daftar langkah yang ada ini dalam membuka bengkel untuk penghasilan.

Baca jugaa: Hal penting yang harus dilakukan sebelum memulai usaha bengkel motor

1. Menetapkan lokasi

Langkah pertama yang dapat Anda lakukan adalah menetapkan lokasi yang sesuai. Ada banyak pilihan untuk lokasi yang sesuai. Salah satunya adalah rumah karena tidak harus mengeluarkan modal sewa lagi. Anda dapat menggunakan garasi atau halaman rumah sebagai bengkel.

Namun, beberapa orang juga membuat sekat dalam rumah sehingga dapat dijadikan bengkel. Dalam pemilihan posisi seperti ini, alangkah baiknya jika rumah Anda ada di jalan umum yang mudah orang temukan.

Pastikan untuk tidak masuk ke dalam gang karena membuat orang malas servis di tempat Anda. Rumah Anda harus strategis jauh lebih dulu sehingga orang merasa lebih nyaman dengan bengkel Anda. Jadi, bengkel Anda akan dikenal oleh lebih banyak orang lagi.

2. Tentukan modal awal

Tips berbisnis bengkel modal minim ainnya yang dapat dilakukan adalah menentukan modal awal jauh lebih dulu. Modal yang dibutuhkan cukup besar jika ingin membuka bengkel motor dan juga mobil. Ada biaya operasional hingga pembelian alat.

Untuk menyisakan ruangan bengkel, pasti ada beberapa renovasi dasar yang harus dilakukan. Tambahkan saja ke biaya renovasi. Setiap bulannya, Anda harus menghitung modal yang diperlukan untuk operasional.

Selain itu, hitung juga pembelian alat bengkel yang sering dibeli. Pastikan menjaga peralatan dengan baik sehingga tidak akan ada yang hilang. Jauh lebih baik dengan membeli alat berkualitas karena dapat digunakan lebih lama. Anda tidak harus beli perangkat secara terus menerus jika seperti ini.

3. Merincikan biaya

Tidak hanya sekedar menghitung biasa saja. Anda tidak dapat menggunakan hitungan garis besar jika sungguh ingin berbisnis. Pastikan untuk membuat rincian biaya atau modal yang diperlukan dalam berbisnis. Gunakan aplikasi atau catatan untuk menulis semua pengeluaran yang dilakukan.

Karena masih awal dalam membuka bengkel, Anda dapat menggunakan satu karyawan saja. Jadi, tidak akan memberatkan biaya karena belum tahu jumlah pelanggan. Masukkan ke dalam biaya operasional dan lebihkan karena Anda bisa saja membutuhkan montir mendadak.

Anda juga dapat bertanya kepada orang terkait dengan harga peralatan yang dibutuhkan. Jangan melakukan pembelian jika dirasa harganya mahal. Berikan anggaran untuk setiap produk dan bandingkan dengan aplikasi online juga. Tuliskan semua pengeluaran atau pemasukan Anda.

4. Memilih montir sesuai

Ada langkah lain yang dapat Anda lakukan dalam strategi membuka bengkel sendiri. Hal yang satu ini berkaitan erat dengan biaya operasional dan kelangsungan bisnis Anda. Ada baiknya jika Anda memilih pegawai yang profesional sehingga tidak menyebabkan kerusakan.

Dalam pemilihan montir yang mempunyai keahlian baik ini. Maka, Anda dapat langsung melakukan seleksi. Tidak semuanya dapat memberikan kemampuan terbaik dalam pekerjaan yang ada. Anda dapat menggunakan beberapa tes dasar seperti analisis kerusakan motor atau ganti oli.

Tidak hanya mencari montir yang sudah mempunyai pengalaman baik dalam pekerjaan. Anda juga harus mencari yang karakternya berkualitas. Pilih montir yang jujur dan juga ramah dalam memberikan pelayanan walaupun hanya tes. Hal ini berpengaruh besar pada keramaian bengkel.

5. Sediakan spare part

Bengkel yang lengkap membuat banyak orang setia. Apalagi jika Anda memberikan penawaran harga yang sesuai. Semakin banyak sparepart umum yang tersedia. Maka, pelanggan akan merasa semakin senang. Anda dapat menyediakan beberapa yang paling banyak dicari.

Dengan menyediakan beberapa sparepart dasar, Anda akan mendapatkan kemudahan sendiri. Dari berbagai macam bahan sparepart yang banyak orang cari, kampas rem menjadi salah satunya. Anda juga dapat menyediakan busi kemudian rantai keteng dan kampas kopling.

Jangan lupakan hal dasar dalam penyediaan spare part untuk bengkel. Anda harus mencari yang harganya murah tetapi kualitas tidak terlalu buruk. Untuk mendapatkan keuntungan tambahan dan tidak perlu merepotkan pelanggan, Anda juga perlu sediakan berbagai merk pelumas.

Baca juga: Tips memilih supplier spare part yang bagus

6. Berikan pelayanan terbaik

Tips membuka bisnis otomotif di rumah agar berjalan dengan baik adalah memberikan pelayanan yang baik. Anda harus menggunakan langkah yang sesuai dengan menerapkan pelayanan terbaik kepada semua pelanggan. Pastikan semua karyawan Anda terbiasa melakukan hal ini.

Dengan menggunakan cara ini, pelanggan akan merasa puas dan terus berlangganan dalam bengkel Anda jika ada kerusakan. Anda dapat memberikan fasilitas kepada pelanggan seperti televisi atau juga wifi gratis. Pelanggan tidak akan merasa bosan ketika menunggu kendaraan diperbaiki.

7. Kelola pembukuan

Jika ingin sukses, Anda harus mengelola pembukuan dengan baik. Anda harus mencatat semua pengeluaran dan juga pemasukkan dengan baik. Pengelolaan menjadi hal yang penting untuk sebuah bisnis. Anda dapat menggaji karyawan secara teratur dan rajin restock dengan catatan jelas.

8. Atur promosi

Mengatur promosi menjadi langkah lainnya yang dapat Anda lakukan untuk membuka bengkel tanpa rugi. Banyak orang akan mengenal bengkel Anda jika sudah melakukan berbagai macam promosi. Ada berbagai cara mudah dalam promosi untuk menarik perhatian orang lain.

Salah satu cara yang paling cepat dalam promosi sekarang ini adalah menggunakan sosial media. Anda dapat menggunakan sosial media sebagai pilihan dimana hanya perlu mengambil potret dari bengkel Anda dan berikan penawaran yang menarik.

Jauh lebih baik jika menggunakan jasa dari orang yang bekerja dalam bidang promosi seperti ini. Namun, melakukan sendiri juga mudah karena ada banyak aplikasi. Anda hanya perlu rajin membuat konten dan memberikan penawaran. Dapat juga dengan cara offline dengan spanduk.

9. Souvenir

Jika ingin bisnis bengkel Anda bertahan untuk waktu yang lama, penting halnya untuk mempertahankan banyak pengunjung. Anda dapat menggunakan hadiah sebagai cara cepat menarik perhatian. Bagian ini masuk ke dalam pelayanan berkualitas untuk pelanggan.

Beberapa langkah yang ada ini dapat dimanfaatkan dengan mudah dalam tips membuka bengkel sendiri di rumah. Tenang saja, Anda akan mendapatkan banyak keuntungan dengan banyaknya orang yang bertahan dalam bengkel.