Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4+ Hal Penting yang harus Dilakukan Sebelum Memulai Usaha Bengkel Motor

Sama halnya dengan membuka usaha/bisnis yang lainnya, membuka usaha bengkel motor pun tidak luput dari semua perencanaan dan juga perhitungan. Kedua hal penting inilah yang perlu Anda persiapkan sebelum memulai usaha bengkel khusus motor ini. Lalu apa saja yang harus Anda persiapkan, dalam merencanakan dan juga memperhitungkan usaha/bisnis bengkel motor ini?

4 Hal Penting yang Perlu Anda Persiapkan untuk Memulai Usaha Bengkel Motor

Usaha Bengkel Motor
Usaha bengkel motor. Foto: Bangizaltoy
Seperti yang disebutkan sebelumnya, bahwa memulai usaha/bisnis, baik itu usaha/bisnis bengkel motor, tentunya membutuhkan sejumlah persiapan. Dimana persiapan-persiapan tersebut haruslah diperhitungkan dan direncanakan dengan matang.

Apa saja persiapan bagi seorang pebisnis bengkel motor, untuk memulai usahanya tersebut? Ini dia beberapa diantaranya:

1.Tempat Usaha

Hal pertama yang perlu Anda perhitungkan tentunya tempat usaha dari bengkel motor yang akan Anda buka nantinya. Untuk menentukan tempat usaha bengkel ini, Anda perlu memperhitungkan beberapa faktor. Diantaranya:
  • Pilihlah tempat usaha yang berada di lokasi strategis dan ramai penduduk
  • Ada baiknya untuk memilih tempat usaha persis di pinggir jalan ramai. Karena di sekitar lokasi tersebut, biasanya akan dilewati oleh para pengemudi motor
  • Pilihlah lokasi yang berada dekat dengan fasilitas umum. Seperti pasar, sekolah, kampus, area perkantoran, dan yang lainnya

2. Modal

Setelah menentukan tempat usaha yang tepat, maka selanjutnya Anda perlu menyiapkan modal. Khususnya modal untuk membeli sejumlah peralatan dan perlengkapan bengkel. Sementara sebagian dari modal lainnya, bisa Anda gunakan untuk menyewa tempat usaha, dan juga menggaji teknisi.

Sedikitnya Anda perlu menyiapkan modal sebesar 50 juta rupiah, yang terdiri dari:
  • Sewa tempat usaha sekitar Rp 20.000.000,- hingga Rp 25.000.000,-
  • Renovasi tempat usaha, dengan perkiraan biaya antara Rp 7.000.000,- hingga Rp 8.000.000,-
  • Peralatan khusus senilai Rp 2.600.000,-, yang meliputi:
  1. Gerinda tangan Rp 500.000,-
  2. Bor tangan Rp 400.000,-
  3. Gerinda duduk Rp 200.000,-
  4. Kompresor Rp 1.500.000,-
  • Peralatan umum sebesar Rp 3.500.000,- yang terdiri dari kunci pas, kunci ring, kunci T, kunci Y, kunci L, kunci inggris 45mm, kunci motor bebek, obeng ketok, obeng plus minus, palu besi dan juga palu karet, tang steel, pahat, gergaji, ragum, dan yang lainnya
  • Sparepart dan juga pelumas, kurang lebih Rp 6.500.000, -, untuk 1 paket sparepart dan juga pelumas dengan berbagai merk
  • Biaya operasional yang meliputi biaya listrik dan air sebesar Rp 300.000,- serta gaji teknisi minimal untuk 2 orang yaitu 2 x Rp 1.800.000,- menjadi Rp 3.600.000,-. Sehingga total biaya operasional yaitu sekitar Rp 3.900.000,-

3. Teknisi Motor yang Ahli di Bidangnya

Jika 2 hal penting diatas telah Anda persiapkan dengan baik. Maka kini Anda bisa memulai untuk mencari teknisi yang handal. Karena mana mungkin, usaha bengkel motor ini akan berjalan dan berkembang, jika tidak disertai dengan teknisi yang ahli di bidangnya, bukan?

Maka dari itu, Anda perlu selektif untuk memilih teknisi motor ini. Usahakan untuk tidak memilih teknisi secara terburu-buru dan sembarangan. Karena kemajuan dari bengkel motor Anda nantinya, akan ditentukan dengan teknisi yang Anda miliki. Selain sejumlah faktor lainnya tentunya.

4. Manajemen dan Promosi

Setelah mempersiapkan hal-hal penting diatas, kini Anda bisa memulai untuk membuka usaha bengkel untuk motor tersebut. Namun jangan lupa untuk selalu menyiapkan manajemen dan juga menerapkan strategi pemasaran yang baik.

Alangkah lebih baik lagi jika selain menyiapkan menajemen dan juga strategi pemasaran, Anda juga mulai memikirkan mengenai bagaimana caranya untuk melakukan promosi. Karena dengan melakukan promosi ini, secara tidak langsung, akan membuat usaha/bisnis yang dijalankan, akan mudah dikenal orang, dan lebih cepat berkembang. Dibandingkan dengan usaha/bisnis yang tidak menetapkan strategi promosi yang baik.

Itu dia 4 hal penting yang perlu Anda perhatikan untuk memulai usaha bengkel motor. Apakah Anda salah satu pebisnis yang memiliki rencana untuk membuka bengkel motor? Jika memang demikian, maka pastikan dulu bahwa Anda telah mempersiapkan 4 hal penting diatas, sebelum Anda benar-benar memulai bisnis/usaha tersebut.