Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kenali Hal Ini Untuk Memilih Supplier Spare Part Otomotif yang Baik

Supplier menjadi hal yang penting untuk banyak orang dalam menjalankan bisnis. Salah satu peluang usaha yang besar dan digunakan oleh banyak orang sekarang adalah menjual sparepart otomotif. Anda hanya perlu memilih supplier spare part otomotif murah yang sesuai.

Anda memang membutuhkan pemasok barang sesuai dengan jenis usaha sendiri. Bisnis sparepart menjadi pilihan yang tepat dan dapat memberikan keuntungan. Hal ini dikarenakan setiap harinya jalan raya penuh dengan kendaraan yang dapat mengalami kerusakan. Yuk, simak lebih lanjut!

Tips Memilih Supplier Spare Part Otomotif

Kenali Hal Ini Untuk Memilih Supplier Spare Part Otomotif yang Baik
Tips mendapatkan supplier spare part
otomotif. (C) Unsplash.com
Melakukan pemilihan pada pemasok barang yang tepat adalah hal yang penting untuk dilakukan. Supplier juga menjadi salah satu bagian lain yang dapat memberikan banyak keuntungan. Anda juga dapat mengalami kerugian jika salah memilih supplier spare part otomotif. Berikut langkah mudah dalam pemilihan.

1. Lihat profesionalisme

Langkah pertama dalam pemilihan pemasok barang yang sesuai adalah mencari yang profesional. Profesionalisme menjadi hal yang penting untuk dimiliki supplier. Anda dapat melihat kriteria ini dengan data atau informasi mengenai produk yang ditawarkan oleh supplier.

Jika Anda memilih pemasok dengan menggunakan cara online karena ada banyak website yang menawarkan produk. Maka, Anda juga tetap dapat melihat dari profesionalisme yang ada. Lihat dari gambaran produk yang diberikan dan juga informasi kontak jelas.

2. Tentukan kebutuhan

Anda dapat melakukan langkah selanjutnya dengan menentukan kebutuhan. Perhatikan hal yang Anda perlukan dalam berbisnis. Jangan langsung memilih banyak pemasok dalam waktu yang bersamaan. Cara ini justru membuat Anda merasa bingung dalam pembukuan.

Tentukan kebutuhan bisnis Anda berdasarkan intensitas dan juga jenis barang. Anda dapat menghemat lebih banyak biaya karena sudah tahu barang yang diperlukan. Kemudian, langsung fokus mencari pemasok sesuai dengan kategori komponen yang Anda butuhkan juga.

Baca juga: 9 Tips membuka bengkel sendiri di rumah

3. Utamakan kualitas

Langkah selanjutnya dalam memilih supplier spare part otomotif motor Honda adalah mengutamakan kualitas. Anda harus mengutamakan kualitas dalam pemilihan supplier. Kualitas adalah hal yang penting sehingga pelanggan akan tetap setia dengan toko Anda.

Orang pastinya akan merasa kesal jika produk dari toko Anda rusak padahal baru dibeli sebentar. Anda harus memilih yang dapat memberikan bahan terbaik. Kualitas menjadi dasar pengukuran yang tidak boleh Anda lewatkan begitu saja. Jangan mudah tergoda akan harga yang murah juga.

Anda harus mencari produk yang berkualitas dan dapat membuat pelanggan merasa puas. Untuk bisnis yang dapat berjalan dalam jangka panjang. Maka, kualitas barang dapat menarik perhatian banyak orang. Usahakan menyediakan semua bahan baku dengan kualitas tinggi.

4. Hitung kemampuan supplier

Tentunya, langkah selanjutnya yang dapat Anda lakukan adalah menghitung kemampuan supplier. Penting halnya bagi Anda untuk menghitung kemampuan supplier dalam memasok barang Anda. Jika memang kelihatannya supplier mampu memasok semua barang yang Anda butuhkan, pesan saja.

Namun, jangan memilih supplier yang belum kuat karena dapat menyebabkan masalah dalam stock produk Anda nantinya. Pilih yang mempunyai kemampuan di atas kebutuhan Anda sehingga tidak akan mengalami masalah dalam memasok barang. Pastinya, tetap ready stock dalam pemesanan.

5. Kebijakan pengembalian produk

Supplier spare part Yamaha juga harus mempunyai kriteria lainnya yaitu melayani pengembalian produk. Kadang kala, ada beberapa produk palsu yang menyebabkan Anda mengalami kerugian. Banyak orang membuat barang KW dengan harga asli.

Tentunya, untuk menghindari kerugian, Anda harus mengembalikan produk kepada supplier. Cari yang mempunyai kebijakan untuk pengembalian produk. Pelajari berbagai macam aturan yang diberikan untuk retur produk yang tidak sesuai pesanan. Apalagi jika dalam keadaan cacat.

Dengan adanya kemampuan pengembalian produk, Anda dapat memperoleh efisiensi dari segi penghematan waktu. Bahkan, dapat menghemat banyak biaya karena tidak ada barang rusak. Jadi, buat kesepakatan resmi terkait dengan retur barang.

6. Perhatikan track record

Langkah selanjutnya yang dapat Anda lakukan adalah memperhatikan track record sebelum melakukan pemesanan. Ada banyak tempat yang mempunyai performa baik jika memberikan keuntungan kepada pelanggan. Lihat track record para pembeli dalam transaksi.

Cek berbagai macam ulasan yang diberikan kepada supplier sehingga dapat memperoleh pemasok yang tepat. Pilih yang mempunyai banyak ulasan baik karena dapat memudahkan Anda. Tidak banyak supplier yang dapat memperoleh komentar positif. Hanya ada beberapa saja yang tepat.

Jangan sampai terpengaruh dengan komentar yang terlalu baik atau melebih-lebihkan. Anda tidak boleh percaya pada satu komentar saja. Lihat semua komentar dan juga rating yang diberikan jika menggunakan cara online. Anda dapat bertanya ke orang lain jika mencari supplier langsung.

7. Konsistensi layanan

Supplier spare part otomotif motor matic yang sesuai harus mempunyai konsistensi dalam pelayanan yang diberikan. Konsistensi dari supplier adalah hal yang penting dalam bisnis Anda. Ketersediaan stok Anda akan jauh lebih terjamin dengan pelayanan supplier.

Orang akan malas melakukan pembelian jika stock Anda kosong terus. Karena itu, cari yang memberikan pelayanan terbaik dan pengiriman sesuai waktunya. Untuk menilai konsistensi supplier, coba lihat pengiriman produk. Harus ada setidaknya 90 dari 100 pesanan yang berkualitas.

8. Layanan cepat tanggap

Anda dapat melihat kualitas pemasok dari layanan cepat tanggap yang diberikan. Respon adalah hal penting untuk bisnis. Tanpa adanya komunikasi yang jelas antara Anda dan supplier, besar kemungkinan ada kesalahan. Respon cepat ini dapat mencegah berbagai macam masalah.

Dalam memilih pemasok, Anda harus mencari yang memberikan tanggapan untuk pesanan atau juga komplain dalam waktu cepat. Jangan terpengaruh dengan supplier yang hanya memberikan respon cepat di awal saja. Pilih yang memberikan tanggapan tidak melebihi waktu satu hari penuh.

9. Minta produk contoh

Sebelum melakukan pembelian, Anda harus meminta produk contoh. Namun, langkah ini memang hanya dilakukan jika Anda merasa ragu dengan pembelian. Banyak orang yang tidak menggunakan cara ini karena cukup merepotkan dan harus menunggu lama.

Produk sampel harus sesuai dengan barang yang diberikan kepada Anda nantinya. Langkah ini adalah bagian cross check kualitas yang akan membantu Anda. Tidak semuanya bersedia memberikan produk sampel, jika ada akan jauh lebih baik.

10. Pertimbangkan harga

Mempertimbangkan harga adalah salah satu hal penting untuk dilakukan. Banyak orang yang melakukan kesalahan dalam memilih pemasok karena mencari yang mempunyai harga murah. Justru, hal ini bisa merugikan Anda tanpa pemilihan yang baik. Cari saja yang standar.

Demikian beberapa pertimbangan yang perlu Anda lakukan dalam memilih supplier spare part otomotif . Ingat untuk melakukan pemilihan dengan baik sehingga tidak mengalami kerugian dalam berbisnis. Jangan asal memilih pemasok untuk kepentingan stok bisnis.