Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Inilah Kelebihan Bisnis Laundry Rumahan Potensi Untung Besar

Bisnis laundry saat ini sudah sangat melejit dikarenakan beberapa orang yang sibuk merasakan kelelahan memilih untuk menggunakan jasa laundry cuci baju, celana, dan pakaian lainnya. Pada kota besar hingga daerah desa kini banyak yang membuka jasa bisnis laundry rumahan.

Anda pasti bertanya-tanya bagaimana bisnis laundry rumahan termasuk ke dalam bisnis yang paling potensial dan siapa saja target pasarnya. Pada artikel kita akan membahas tidak hanya kedua hal itu, namun kita akan mempelajari beberapa hal yang bisa Anda terapkan ketika mulai melakukan bisnis laundry. Mari kita simak bersama penjelasan dibawah ini.

Baca juga: Usaha rumahan modal 50 ribu yang patut di coba

Alasan dan Analisa Bisnis Laundry Rumahan Berpotensi

Perilaku membersihkan atau mencuci sesuatu tidak bisa kita pisahkan dari kehidupan kita. Hal ini dikarenakan sudah menjadi keharusan untuk membersihkan sesuatu sebelum kita pakai kembali demi kebersihan dan kesehatan kita. Semua yang harus dibersihkan meliputi apa yang biasanya kita pakai dan gunakan sehari-hari. Sesuatu yang perlu dibersihkan dapat berupa pakaian, sepatu bahkan barang tertentu seperti boneka. Sehingga potensi untuk membuka bisnis laundry rumahan sangat menjanjikan. Adapun berikut ini terdapat beberapa target pasar bisnis laundry rumahan yang akan Anda bangun.

  • Para karyawan

Salah satu target pasar dari bisnis laundry rumahan yang paling utama yaitu karyawan. Mereka cenderng bekerja dari pagi hingga petang dan tidak memiliki banyak waktu untuk mencuci. Mungkin bagi mereka yang membeli mesin cuci bisa melakukannya sendiri, namun banyak dari mereka yang memilih untuk tidak melakukan itu. Kepraktisan adalah hal utama yang mereka pilih setelah lelah seharian bekerja dari hingga petang bahkan hingga lembur malam.

  • Para mahasiswa

Target pasar berikutnya yang memiliki kemungkinan besar menggunakan bisnis laundry rumahan yaitu para mahasiswa. Hal ini dikarenakan kegiatan perkuliahan di kampus dan beberapa hal yang mengharuskan mereka pulang hingga malam seperti rapat organisasi, rapat panitia, dan lainnya. Jadi para mahasiswa memerlukan kepraktisan yang serupa pula dengan yang bekerja.

Baca juga: 5 Ide Usaha Kecantikan Rumahan Peluang Tinggi

Strategi Bisnis Laundry Rumahan

cara bisnis laundry rumahan sederhana
Strategi bisnis laundry rumahan
Membangun dari awal untuk bisnis laundry bukanlah hal yang terlalu rumit, namun membutuhkan ketelitian dan kecermatan untuk mempersiapkannya agar maksimal. Berikut ini merupakan beberapa hal yang bisa Anda siapkan ketika akan membuka bisnis laundry rumahan.

1. Lokasi adalah pertimbangan pertama yang penting

Jika Anda ingin menjalankan sebuah bisnis yang maju, maka memilih lokasi yang tepat adalah kuncinya. Dengan adanya lokasi yang tepat maka Anda bisa mendapatkan peluang yang besar pula dan berpotensi besar. Dengan target pasar seperti mahasiswa dan karyawan akan lebih baik jika Anda membuka bisnis laundry rumahan dekat dengan tempat kos mereka semua. Hal itu memudahkan mereka mengakses bisnis laundry Anda, dan tentunya memilih bisnis laundry Anda sebagai langganan mereka agar tidak terlalu jauh untuk memberikan pakaian atau barang lainnya yang perlu untuk dicuci dan dibersihkan.

2. Harga yang terjangkau

Harga terjangkau juga penting untuk dipertimbangkan ketika membangun usaha laundry. Anda bisa memperhitungkan parfum yang Anda gunakan untuk laundry, biaya listrik, biaya tenaga yang dikeluarkan oleh karyawan atau anak buah Anda untuk mengurus cucian beberapa pakaian ini. Agar lebih jelas, Anda bisa menggunakan hitungan terperinci sehingga lebih tepat dalam menentukan harga. Tidak terlalu tinggi namun juga terlalu rendah untuk membuka jasa bisnis laundry rumahan.

Ketika Anda menawarkan harga yang terjangkau dan sebanding dengan kualitas pencuciannya, maka disitulah Anda akan mendapatkan begitu banyak kepercayaan sekaligus dengan pelanggannya. Karena lingkungan yang tidak terlalu jauh, pemasaran mulut ke mulut dari bisnis laundry Anda akan dengan mudah tersebar. Tentunya itu akan sangat menguntungkan untuk Anda.

3. Pelayanan yang berkualitas

Untuk membuat pelanggan menetap dan kembali lagi menggunakan jasa Anda, maka Anda harus menawarkan pelayanan yang berkualitas. Salah satu contoh pelayanan yang berkualitas juga bisa berarti memberikan penawaran parfum mana yang akan mereka pilih untuk ada di pakaian mereka, dan lainnya. Tentunya masing-masing orang memiliki referensi tersendiri mengenai parfum yang diminati. Semakin banyak pilihan yang Anda tawarkan maka akan semakin banyak pula peluang mereka nyaman dengan bisnis laundry rumahan milikmu.

Baca juga: Ide Usaha Rumahan yang Banjir Untung

4. Kedisiplinan waktu

Hal paling harus diperhatikan adalah estimasi waktu pencucian pakaian. Terkadang ketika seseorang sudah memutuskan untuk mengambil paket laundry dengan estimati waktu tertentu, maka satu-satunya alasan adalah pakaian atau barang tersebut tidak lama lagi akan dipakai. Sehingga kunci yang harus diperhatikan bersama oleh jasa bisnis laundry rumahan adalah ketepatan estimati waktu yang mereka tawarkan dan kesesuainnya dengan perjanjian dengan pelanggan. Jika Anda termasuk orang yang disiplin waktu, maka itu adalah modal yang sangat diperlukan untuk membangun bisnis ini agar berkembang lebih pesat

5. Catatan pembukuan yang cermat

Hal terakhir yang tidak kalah penting dalam bisnis laundry rumahan yaitu pencatatan pembukuan. Ada begitu banyak transaksi yang tidak tercatat secara cermat juga tidak bisa kita pertanggungjawabkan sebab penghasilan bisa saja banyak kita terima namun ketika pembukuannya dibuat sedetail dan serapi mungkin, hanya keuntungan kecil yang kita dapatkan atau bahkan rugi dan tidak untung. Jika itu terjadi, maka catatan pembukuan pastilah tidak bagus dan tidak rinci. Oleh karena itu proses pencatatan pembukuan berperan sangat penting demi kejelasan suatu bisnis yang sedang berjalan.

Nah, itu dia target pasar dan juga beberapa hal yang perlu Anda perhatikan jika ingin membuka bisnis laundry rumahan. Meskipun tidak terlalu rumit, tetapi butuh banyak hal yang harus diurus secara cermat seperti penggunaan mesin cuci dan peralatan, pembayaran jasa karyawan, maupun estimasi waktu yang harus disiplin setiap waktu.