Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

7 Ide Usaha Rumahan Kreatif dan Inovatif

Dalam bisnis, kreativitas menjadi salah satu hal yang dibutuhkan. Apalagi di masa seperti sekarang ini, banyak orang terjun ke dalam dunia bisnis dengan harapan bisa mendapatkan banyak penghasilan. Jika Anda salah satunya, Anda bisa memulai bisnis dari rumah dulu. Ada banyak ide usaha rumahan kreatif yang bisa Anda pilih supaya nanti bisnis yang Anda jalankan tidak sama dengan bisnis-bisnis yang sudah berjalan saat ini.

Salah satu cara agar sebuah usaha atau bisnis dapat bertahan adalah memiliki ide bisnis. Jadi Anda perlu ide bisnis supaya nanti bisa membedakan bisnis yang dijalankan dengan kompetitor atau pesaing Anda. Jika ingin mengetahui apa saja ide-ide yang bisa dijadikan sebagai inspirasi, silahkan simak dulu penjelasannya di bawah ini.

Baca Juga: Bisnis online rumahan untuk pemula yang mudah dan menguntungkan

7 Ide Usaha Kreatif Rumahan yang Menjanjikan

usaha rumahan kreatif dan inovatif
Usaha rumahan kreatif dan inovatif
Terjun ke dalam dunia usaha atau bisnis memang tidak semudah seperti yang dibayangkan. Memiliki kreativitas tinggi menjadi salah satu cara untuk bisa mempertahankan bisnis yang dijalankan. Jika Anda yakin bahwasanya Anda bisa menjalankan bisnis Anda dan mempertahankannya dalam jangka waktu panjang, Anda bisa memulai usaha sekarang juga. Berikut ini contoh usaha rumahan kreatif yang bisa menjadi referensi untuk Anda supaya nanti Anda menemukan usaha rumahan yang benar-benar pas untuk dijalankan:

1. Usaha Katering Sehat

Usaha kecil rumahan kreatif pertama yang bisa dicoba adalah usaha katering sehat. Apabila saat ini Anda ingin berbisnis, sepertinya usaha yang pertama ini bisa Anda pilih. Anda bisa memulai bisnis ini dari rumah dulu. Katering adalah bisnis yang ada di Indonesia sejak lama. Tapi disini Anda harus membuat beda bisnis Anda dengan bisnis kompetitor yang lain. Jika kebanyakan orang membangun usaha katering saja, itu artinya Anda bisa membangun usaha katering sehat. Jadi usaha ini bisa Anda peruntukkan kepada orang-orang yang ingin menjalankan pola hidup yang lebih sehat. Bisnis ini sangat laku di masa seperti sekarang ini karena orang-orang sudah semakin menyadari betapa pentingnya kesehatan tubuh saat ini.

2. Usaha Kue

Kemudian, Anda juga bisa coba ide usaha makanan rumahan kreatif yang kedua misalnya saja usaha kue. Jika Anda bertanya, apakah roti ataupun kue termasuk ide bisnis yang kreatif? Tentu saja iya. Asalkan Anda bisa menciptakan kreasi yang baru pasti Anda bisa menjadikan ide usaha ini salah satu usaha rumahan yang kreatif.

Baca juga: Kerja sampingan di rumah yang mendatangkan cuan

3. Menjual Barang Antik

Tidak sedikit dari kalangan orang yang rindu dengan produk-produk lawas dan ingin bernostalgia. Karena itu, usaha menjual barang antik bisa menjadi ide kreatif usaha rumahan online yang boleh dicoba juga. Menjual barang antik sangat cocok untuk anak-anak muda yang tertarik dengan barang-barang antik. Jika Anda menemukan komunitas barang antik, tidak ada salahnya untuk bergabung. Saat ini, bisnis jual beli barang yang sudah jadul atau antik seperti ini banyak diminati. Tapi sebelum benar-benar mencoba usaha satu ini, sebaiknya Anda mengenal dunia pasar barang antik terlebih dahulu. Anda juga harus memiliki kenalan orang-orang yang suka dengan barang antik. Dengan begitu, bisnis ini bisa menjadi bisnis yang menjanjikan untuk Anda.

4. Kerajinan rotan

Memang bisnis kerajinan rotan bukan hal baru saat ini. Tapi jika Anda mengikuti tren produknya, Anda pasti akan tertarik dengan bisnis yang satu ini. Anda hanya perlu membuat kerajinan yang berbeda dengan yang lain. karena sudah banyak pebisnis yang sukses hanya dengan menjajakan kerajinan rotan tapi dengan karakter yang berbeda. Jika Anda ingin merintis usaha ini, yang dibutuhkan adalah kreativitas dan inovasi Anda dalam menciptakan barang-barang dari rotan. Bisnis ini termasuk bisnis yang menjanjikan dan siapapun boleh mencobanya.

5. Toko Bunga

Jika Anda termasuk orang yang suka berkebun, mengapa hobi tersebut tidak dipergunakan untuk menjalankan bisnis yang menghasilkan? Anda bisa membuka toko bunga atau florist karena ini termasuk ide usaha rumahan kreatif yang sangat menjanjikan. Tidak sekedar menjual bunga saja, Anda juga bisa rangkai dan desain buket sesuai keinginan dari konsumen Anda. Jasa ini memang sudah banyak yang menjalankannya. Apalagi di musim wisuda pasti bisnis seperti inilah yang akan dicari oleh banyak pelanggan. Tapi jika hanya memanfaatkan hal-hal seperti itu saja mungkin tidak akan cukup. Jadi Anda bisa bangun bisnis toko bungan ini dan menerima pengiriman untuk daerah-daerah lain supaya banyak pembeli berdatangan.

Baca juga: Bisnis rumahan dengan modal kecil untung besar

6. Desain Uang Mahar

Desain uang mahar juga termasuk bisnis yang tidak boleh dilupakan saat ini. banyak orang membangun usaha ini karena maraknya pasangan yang tertarik untuk membuat mahar pernikahan yang unik. Karena itu bisnis ini sangat layak untuk dicoba. Apalagi jika Anda termasuk orang yang penuh dengan kreatifitas, mengapa Anda tidak memanfaatkan kreativitas tersebut menjadi sesuatu yang menghasilkan. Desain uang mahar memerlukan keterampilan sama seperti saat menjalankan usaha toko bunga ataupun menjual kerajinan rotan. Jadi jika Anda tertarik dengan usaha satu ini, Anda harus membuat desain yang indah dan unik sehingga banyak pasangan akan melirik usaha Anda nanti.

7. Souvenir Pernikahan

Dan yang terakhir adalah souvenir pernikahan. Ini termasuk salah satu ide usaha rumahan kreatif yang bisa dicoba oleh semua orang. Tapi Anda harus membuat souvenir pernikahan yang bisa custom sehingga pelanggan Anda bisa me-request souvenir sesuai keinginannya.

Jadi ada banyak sekali ide usaha rumahan kreatif dan inovatif yang saat ini bisa Anda coba. Semua ide usaha adalah usaha rumahan yang tidak hanya memerlukan kreativitas saja tapi juga usaha yang menghasilkan saat ini.