Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Tips Jualan Ceker Mercon, Pedasnya Bikin Ngiler

Barangku.id - Menyantap camilan menjadi kesukaan banyak orang, selain lezat juga cocok untuk berbagai suasana. Hal ini yang dimanfaatkan pelaku usaha untuk jualan ceker mercon. Sebagai makanan ringan yang disukai banyak orang, varian rasa ceker semakin beragam. Misalnya mercon dengan tingkat kepedasan tinggi.

Bukan rahasia jika rasa pedas merupakan sesuatu yang menggugah selera, terlebih dipadukan dengan tekstur unik ceker. Tertarik mencoba berjualan ceker? Sebelumnya perlu mengetahui strategi yang tepat agar bisa bertahan ditengah persaingan. Berikut beberapa tips yang perlu diketahui:

1. Riset Bahan Baku

ceker mercon untuk jualan
Cara jualan ceker mercon

Lakukan riset seputar bahan baku yang hendak digunakan, yakni ceker. Mulai dari berapa banyak yang dibutuhkan, supplier terpercaya, hingga pemilihan harga yang bersahabat. Dengan begitu, penjual berkesempatan untuk mendapatkan harga yang agak miring. Hal ini juga berkaitan dengan persiapan modal awal.

Baca juga: Modal awal membuka warung bakso

Menekan pengeluaran seperti ini penting, namun yang tidak kalah penting adalah memperhatikan kualitas cekernya. Kepuasan konsumen merupakan hal yang krusial dalam berbisnis makanan. Apabila kualitas makanannya terjaga, konsumen akan lebih percaya dan tertarik untuk repeat order.

2. Riset Rasa yang Tren

Perhatikan rasa yang akan dimasukkan ke dalam menu ceker. Lakukan riset terkait menu yang menarik. Hindari membuat rasa yang sudah terlalu umum digunakan di pasaran. Jualan ceker mercon misalnya, dengan membuat menu yang unik seperti ini akan membuat calon konsumen penasaran.

Baca juga: Kiat sukses usaha kuliner agar makin laris

3. Pahami Resep yang Sesuai

Cari informasi resep ceker yang pedas di berbagai platform, misalnya YouTube atau website resep. Temukan resep yang dirasa paling cocok, cobalah memasaknya dengan tambahan bumbu sesuai selera sehingga menghadirkan rasa unik. Berikut contoh resep untuk jualan ceker mercon:

Ceker ayam (400 gr).

Susu segar (200 ml).

Minyak wijen (secukupnya).

Bawang putih yang dihaluskan (2 sdm).

Gula pasir (secukupnya).

Bawang bombay cincang halus (separuh).

Daun bawang (sedikit).

Minyak wijen (1 sdm).

Bumbu gochujang.

Baca juga: Cara jualan lauk matang agar laku keras

Cara memasak Ceker Mercon:

Bersihkan ceker, bagian kuku dihilangkan. Rendam di dalam susu agar bau amisnya hilang, cukup 10 menit.

Rebus ceker sampai empuk, angkat kemudian tiriskan. Air rebusan jangan dibuang.

Pakai minyak secukupnya, goreng ceker dan angkat jika warnanya sudah coklat keemasan.

Tumislah bumbu yang sudah disiapkan sampai wangi, tambahkan gochujang, aduk hingga rata.

Masukkan ceker setelah bumbunya panas, masak hingga hampir kering, aduk dan pastikan ceker sudah berlumur saus seutuhnya.

Sajikan dengan tambahan daun bawang sehingga nampak cantik.

4. Kemas Produk dengan Menarik

Lakukan pengemasan yang memiliki daya tarik tersendiri agar calon pembeli dapat mengenali perbedaannya. Ceker memberikan kesan yang sedikit menakutkan bagi sebagian orang, untuk itu perlu mengemasnya sehingga mengundang selera makan. Perbanyak referensi model kemasan menarik untuk bisnis kuliner, kembangkan kreatifitas diri.

Baca juga: Aneka olahan ayam untuk jualan

5. Manfaatkan Media Online untuk Promosi

Gunakan berbagai platform untuk jualan ceker mercon. Media sosial serta marketplace merupakan sarana yang sangat menjanjikan untuk promosi. Pada era yang serba digital, masyarakat bisa berbelanja berbekal gadget, termasuk camilan. Tentunya dengan promosi yang efektif.

Misalnya membuat konten mengenai manfaat ceker, mengajak berinteraksi dengan tanya jawab, dan lain-lain. Disarankan juga membuat trailer sehingga konsumen makin tertarik dengan ceker yang dipromosikan. Tidak lupa memberikan promo di awal sehingga dapat menjangkau banyak pembeli dan mendapatkan banyak testimoni.

Baca juga: Cara memulai bisnis roti 1000an

Demikian beberapa langkah bagi pemula untuk belajar jualan ceker mercon. Menilik kegemaran masyarakat Indonesia akan rasa pedas, ceker mercon memiliki peluang cukup besar. Terlebih dengan namanya yang membuat penasaran para pecinta rasa pedas.