Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghitung Omset dan Cara Meningkatkannya

Istilah omset pasti tidak jauh dari yang namanya dunia bisnis dan usaha. Omset sendiri diartikan sebagai suatu jumlah dari hasil penjualan dari usaha yang dijalankan pada rentang waktu tertentu. Nantinya pendapatan tersebut akan dikurangi biaya-biaya operasional sebagai cara menghitung omset.

Nantinya hasil perhitungan omset bisa digunakan untuk perhitungan laba bersih, namun bukan sebagai untung bersih. Banyak yang salah paham antara omset dengan laba bersih. Maka disini akan diperlihatkan bagaimana cara menghitungnya.

Cara Menghitung Omset

cara menghitung omset penjualan
Cara menghitung omset perbulan

Proses perhitungan dari omset sendiri mengacu pada harga dan banyak produk yang berhasil dijual. Omset ini masih jauh dari cerminan laba atau profit yang akan didapatkan Hal ini karena banyak juga hal yang yang harus dikurangi akibat beban-beban pemilik selama usaha berjalan.

Baca juga: Cara mendapatkan bantuan modal usaha dari Baznas

Perhitungannya antara lain adalah sebagai berikut: jumlah produk yang terjual dikalikan dengan harga jual. Misalkan terdapat suatu usaha penjualan kopi yang mampu menjual produknya sebanyak 50 cup dalam sehari dengan harga 20 ribu, maka jumlah keseluruhan omset penjualan dalam seharinya adalah 1 juta rupiah.

Jadi dalam sebulan omset penjualan kopi pada sebuah kedai kopi jika satu bulan full tanpa libur bisa diasumsikan sebanyak 30 juta rupiah. Itu hanyalah omset bukan keuntungan bersih karena tidak dikurangi biaya operasional dan lainnya.

Jika produknya lebih dari satu maka yang harus dijumlahkan adalah omset dari tiap produknya menjadi suatu omset keseluruhan. Perhitungan ini cukup efektif dan mudah, tidak serumit dengan perhitungan profit atau laba bersih.

Baca juga: Peluang bisnis sayuran potong dan tips menjalankannya

Meningkatkan Omset

Setelah mengenal bagaimana cara menghitung omset yang baik, tentunya akan ada target sendiri supaya omset bisa terus naik. Omset yang semakin naik memperbesar peluang keuntungan semakin meningkat. Maka dari itu berikut adalah cara mendapatkan omset yang lebih banyak:

1. Tingkatkan Kualitas Produk

Hal yang sangat berpengaruh pada penjualan dan omset tentu saja bagaimana kualitas produk yang dijual. Semua akan menjadi mudah jika punya produk yang menjadi unggulan dan disukai masyarakat. Selain meningkatkan, mempertahankan kualitas produk juga wajib menjadi hal yang utama.

Ini karena mempertahankan tidak semudah mendapatkan dan cukup sulit dilakukan di masa sekarang. Orang-orang cenderung lebih dinamis dalam memilih sesuatu apalagi sebuah produk. Jika dirasa produk tidak lagi memberikan benefit yang diinginkan orang bisa mudah berpindah pada yang lebih baik.

2. Lakukan Promosi

Branding serta promosi yang kuat dan efektif bisa menjadi senjata mematikan untuk mendatangkan omset yang lumayan. Tidak perlu biaya yang mahal untuk melakukan promosi di masa sekarang karena kekuatan netizen saja sudah cukup membantu.

Tidak seperti dahulu dimana TV memiliki daya tarik yang kuat dalam menarik konsumen. Bahkan harga beriklan di TV saja sangat mahal dan tidak mampu dijangkau oleh semua produsen. Adanya internet sangat memudahkan para pelaku usaha untuk mendapatkan insight bagi brand dan produknya.

Baca juga: Biginilah cara menawarkan catering ke pabrik

3. Berikan layanan terbaik

Makin kesini, pesaing di bidang usaha yang sama akan semakin banyak. Hal ini membuat para pengusaha memutar otak supaya penjualan dan omset mereka tetap stabil bahkan meningkat setiap bulannya. Caranya adalah dengan memberikan sesuatu yang lebih dari yang dimiliki pesaingnya.

Salah satu hal yang umum dilakukan adalah memberikan pelayanan yang terbaik pada para pelanggan. Brand yang baik mampu memberikan pelayanan yang terbaik dan mendengar keluh kesah pelanggannya. Kekuatan di segi pelayanan bisa menjadi sesuatu yang berkesan di hati konsumen.


Nah itu dia sedikit informasi bagaimana cara menghitung omset dan cara meningkatkannya. Omset bisa terus naik jika didukung oleh manajemen yang baik dan mau terus berubah menjadi lebih baik. Tidak hanya nyaman pada satu zona saja namun mau terus mendengarkan apa yang disuarakan konsumennya. Terimakasih sudah membaca di Barangku.id.