Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Begini Cara Izin Usaha Industri OSS dengan Mudah

Pada dasarnya mengurus izin usaha industri OSS merupakan sistem teknologi yang dibuat untuk memudahkan pelaku bisnis dalam mendapatkan izin usaha. Melalui OSS ini nantinya pelaku bisnis bisa mendapatkan izin usaha dengan lebih mudah dan tentunya cepat.

Tentunya dengan adanya OSS ini maka, pelaku usaha juga bisa lebih membuat waktu lebih efisien dalam melakukan pendaftaran usaha yang dimiliki. Namun, bagaimana sebenarnya cara mengurus izin usaha pada OSS ini? Simak ulasannya berikut:

Mengenal Sekilas Tentang Izin Usaha Industri OSS RBA

izin usaha industri oss rba
Cara Izin Usaha Industri OSS

Seperti yang diketahui bahwasannya membuka usaha haruslah memiliki izin. Baik usaha mikro, kecil maupun menengah haruslah memiliki izin dalam mengoperasikan bisnis yang dimiliki. Hal ini tentunya berkaitan dengan perlindungan yang bisa didapatkan oleh pelaku bisnis dari tindakan penipuan.

Baca juga: Cara menambah bidang usaha di OSS mudah dan cepat

Tentunya dengan adanya izin usaha inipun nantinya usaha yang dimiliki bisa dijauhkan dari setiap model penipuan yang dilakukan oleh orang lain atas nama usaha yang dimiliki. Hal inilah kemudian yang membuat pendaftaran izin menjalankan usaha begitu penting dilakukan oleh pelaku bisnis.

Pada era ini pun pelaku bisnis bisa mendaftarkan usaha yang dimiliki dengan lebih mudah. Kini melalui izin usaha industri OSS maka, pelaku bisnis bisa mendaftarkan bisnis yang dimiliki secara online. Nantinya izin usaha ini pun akan mendapatkan perizinan berdasarkan tingkat resiko dari usaha dimana hal ini disebut sebagai OSS RBA.

Tentunya dengan begini maka, pelaku bisnis tidak perlu lagi mengurus berkas secara fisik di Organisasi Perangkat Daerah Pemda. Proses pendaftaran yang secara offline cukup rumit pada dasarnya memang menjadi kekurangan dari perizinan ini.

Baca Juga: Cara menjalankan bisnis Fingo dengan langkah yang tepat

Hal inilah kemudian yang membuat sebagian besar pelaku usaha enggan mendaftarkan bisnisnya pada pemerintahan daerah. Apalagi dengan banyaknya berkas fisik yang perlu disiapkan. Tentu hal ini, akan membuat pelaku bisnis memerlukan banyak waktu dalam melengkapi persyaratan fisik untuk didaftarkan.

Menilik dari sinilah kemudian OSS atau Online Single Submission dibuat dengan teknologi yang lebih ramah bagi masyarakat awam. Melalui adanya sistem ini nantinya masyarakat diharapkan bisa menyadari betapa pentingnya kepemilikan izin atas usaha yang dirintis.

OSS sendiri sebenarnya merupakan bentuk perizinan online yang memang dibuat untuk mempermudah pelaku usaha dalam mendapatkan izin usaha. Melalui sistem ini pula nantinya pelaku usaha bisa memiliki proteksi terhadap usaha yang dimiliki.

Baca Juga: Cara membuat bisnis model Canvas berdasarkan elemennya dan medianya

Persyaratan Izin Usaha Industri OSS

Tentu untuk bisa memiliki izin OSS, pelaku bisnis tetaplah harus memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan. Namun, pelaku bisnis tidaklah khawatir karena persyaratan yang telah ditetapkan di OSS pada dasarnya tidak akan terlalu rumit.

Bahkan pelaku bisnis tidaklah perlu menyiapkan banyak berkas fisik untuk dapat melakukan pendaftaran ini nantinya akan membutuhkan adanya pemenuhan persyaratan izin usaha industri OSS. Lalu, apa saja syaratnya? Berikut ulasan lengkapnya yang perlu diketahui:
  1. Memiliki NIK atau Nomor Induk Kependudukan yang terdaftar dalam Badan Penanggung Jawab Usaha.
  2. Memiliki dasar hukum pembentukan usaha (apabila usaha yang dimiliki berbentuk Perum maupun Perumda).
  3. Menyelesaikan proses pengesahan badan di AHU online bagi pemilik usaha PT, CV maupun firma.

Langkah Membuat Izin Usaha Industri di OSS

Apabila setiap persyaratan izin usaha industri OSS telah berhasil dilengkapi maka, tahap berikutnya tentu adalah melakukan pendaftaran pada sistem OSS. Pendaftaran ini sendiri tentunya akan melalui beberapa proses yang perlu dilakukan.

Nantinya apabila pendaftaran telah dikonfirmasi maka, barulah usaha yang dimiliki telah sah mendapatkan izin untuk beroperasi dan telah dilindungi di bawah naungan OSS. Lalu, bagaimana cara untuk mendaftar OSS perizinan ini? Mari simak ulasan berikut:
  • Tahap pertama tentunya silahkan buka terlebih dahulu website resmi dari OSS.
  • Silakan klik daftar sebagai tahap berikutnya.
  • Pilih skala usaha yang dimiliki, misalkan saja pilih skala usaha UMK bagi pemilik usaha usaha mikro, kecil maupun menengah.
  • Tahap berikutnya lengkapi formulir pendaftaran yang telah disediakan oleh sistem.
  • Masukkan kode verifikasi apabila formulir pendaftaran telah berhasil di submit.
  • Langkah berikutnya yang perlu dilakukan adalah kembali melengkapi formulir juga membuat password.
  • Nantinya formulir yang perlu dilengkapi ini adalah formulir terkait pemilik dari usaha.
  • Apabila pendaftaran formulir telah berhasil maka, tahap berikutnya silahkan cek email yang masuk untuk mengetahui username juga password.
  • Melalui username juga password inilah nantinya informasi terkait izin usaha dapat dilihat dan diketahui.

Apa Sebenarnya Fungsi OSS?

Pada dasarnya setiap sistem yang dibuat tentunya memiliki fungsinya masing-masing. Hal ini pun juga berlaku pada sistem OSS. Melalui sistem inilah nantinya pelaku bisnis bisa memiliki izin usaha yang jelas.

Tidak heran bila pada akhirnya sistem ini begitu penting bagi pelaku usaha. Apalagi di era modern yang memiliki banyak kemungkinan resiko yang bisa saja terjadi dalam bisnis. Lalu, sebenarnya apa fungsi dari mengurus izin usaha industri OSS? Simak ulasannya berikut ini:

1. Mempermudah Proses Perizinan Usaha

Fungsi pertama dari persyaratan izin usaha industri OSS ini tentunya adalah sebagai bentuk sistem yang mempermudah pelaku usaha dalam mendapatkan izin usaha. Hal ini menjadi bentuk sistem yang dibuat untuk mempermudah proses pendaftaran sebelumnya yang dilakukan secara offline.

Baca Juga: 7 Jenis barang potensial untuk reseller yang menguntungkan

Melalui sistem ini nantinya pelaku usaha bisa mendapatkan formulir pendaftaran secara online. Hal ini akan menjadi proses yang bisa lebih mudah dibandingkan pendaftaran secara langsung melalui Pemda.

2. Bisa Mendapatkan Proses Pemecahan Masalah dalam Satu Tempat

Melalui adanya OSS ini nantinya pelaku usaha juga bisa melakukan pelaporan serta pemecahan masalah dengan lebih efisien. Hal ini karena pada OSS telah disediakan sistem untuk dapat menjadi tempat untuk pelaku usaha dalam melakukan pelaporan usaha yang dimiliki.

Tentunya, hal ini menjadi satu proses yang lebih efisien bila dibandingkan melalui proses offline yang akan membutuhkan banyak waktu dan tenaga. Hal inilah kemudian yang membuat OSS menjadi sistem penting bagi pelaku usaha dengan adanya pemenuhan persyaratan izin usaha industri OSS.

3. Penyimpanan Data Lebih Praktis

Hal berikutnya yang menjadi fungsi penting dari OSS adalah adanya sistem yang membuat pelaku usaha bisa menyimpan identitas bila lebih praktis. Melalui sistem ini nantinya pelaku usaha bisa menyimpan identitas dalam satu wadah yang disebut NIB.

Baca Juga: 5 Ide bisnis kecantikan rumahan peluang tinggi

4. Mempersingkat Waktu dalam Perizinan

Melalui proses pemenuhan izin usaha industri OSS 2022 ini nantinya pelaku bisnis juga bisa dihubungi dengan lebih cepat tepat dan tentunya aman. Hal ini karena adanya sistem yang didesain dengan sederhana namun tepat sasaran.

Inilah kemudian yang membuat OSS bisa menghubungi stakeholder dengan lebih cepat. Sedangkan masa berlaku izin usaha industri OSS sendiri adalah 3 tahun.

Tentunya pelaku usaha pun juga bisa mengurus perizinan dengan cepat, aman juga lebih mudah dalam waktu relatif lebih singkat. Berkas yang dibutuhkan pun tentunya juga tidak terlalu banyak sehingga membuat pelaku usaha merasa kesulitan.

Inilah kemudian yang membuat izin usaha industri OSS menjadi bagian penting bagi pelaku usaha baik UKM maupun usaha berbentuk badan usaha seperti PT, CV maupun Firma. Adanya perizinan ini, tentunya bisa mempermudah pelaku usaha dalam mendapatkan keamanan dari brand usaha yang dimiliki. Terimakasih sudan membaca di Barangku.id.